Saat ini SUV bermesin diesel semakin disukai masyarakat, karena punya torsi besar dan bisa diakali dengan mengisi solar berkualitas rendah. Dengan begini, biaya perjalanan jadi cukup ekonomis karena Solar bersubsidi harganya cukup murah.
Pada mobil dengan mesin diesel, torsi besarnya diraih pada putaran mesin rendah. Ini artinya karakter mesin bertenaga jika untuk menarik atau menggendong beban berat.
Torsi besar ini bermanfaat ketika situasi berada di luar aktivitas perkotaan, seperti perjalanan penuh penumpang ketika mudik Lebaran. Mesin diesel juga mumpuni saat melewati medan menanjak pegunungan dan situasi di jalan berlumpur atau berbatu.
Berikut ini mobil yang sanggup minum Solar bersubsidi yang bisa kalian pilih.
Innova generasi pertama lahir pada 2004, dengan penampilan jauh lebih mewah dari versi Kijang kapsul. Kijang Innova merupakan salah satu dari tiga produk global Toyota dari satu platform yaitu Innovative International Multi-purpose Vehicle (IMV). Dua produk lainnya dari tiga produk tersebut adalah Toyota Hilux dan Toyota Fortuner.
Kijang Innova generasi pertama bermesin diesel hadir pada varian E, G, dan V. Mobil ini didukung mesin D4D atau Direct Four Stroke Turbo Commonrail Injection 2.500 cc memakai mesin 2KD-FTV turbo non intercooler.
Tenaganya sih lumayan oke tapi tarikannya yang kurang galak. Kelebihannya, generasi awal ini nggak cengeng kalau kita isikan solar biasa.
Bila kamu hanya memiliki budget terbatas, maka Mitsubishi Kuda versi diesel ini cocok kamu jadikan pilihan. Kuda hadir dalam tiga varian, yaitu Super Exceed, GLX dan GLS. Selang tiga tahun kemudian, Kuda mendapatkan update tampilan serta penambahan varian yang lebih mewah yaitu Deluxe, Diamond dan Grandia.
Untuk pilihan mesin diesel, Mitsubishi Kuda ini paling bertenaga. Mesinnya memakai basis yang sama seperti Mitsubishi L300 tapi dengan tenaga yang sudah di-upgrade. Sebagai perbandingan, Mitsubishi Kuda punya tenaga sebesar 86 ps @4.200 rpm sedangkan L300 75ps.
Mitsubishi Pajero Sport generasi pertama meluncur sejak 2009. Tak seperti Fortuner, Pajero Sport sejak awal hadir dengan mesin diesel. Jenis mesinnya serupa dengan Mitsubishi Kuda atau L300 tapi sudah memakai turbo.
Bila melihat sejarahnya, Pajero Sport yang masuk ke Indonesia ini adalah generasi kedua secara global. SUV besutan pabrikan berlogo tiga berlian ini juga terkenal dengan mesinnya yang badak. Selain itu, walaupun Pajero Sport ini SUV ladder frame tapi tapi cukup nyaman bila dipakai di dalam kota atau luar kota.
Bila dibandingkan Fortuner, Pajero Sport tipe Dakar ini fiturnya lebih oke. Tipe tersebut sudah dibekali sunroof, paddle shift dan jok juga sudah kulit yang warnanya hitam.
Bicara soal kinerja, mesin diesel milik Pajero Sport memiliki dua output yang berbeda, untuk generasi awal mesinnya masih belum mengusung teknologi variable geometry turbo (VGT). Outputnya hanya sebesar 136 hp dan torsi 314 Nm.
Kemudian pada versi facelift di tahun 2011 tenaganya naik jadi 174 hp dan torsi 400 Nm setelah mengusung teknologi variable geometry turbo (VGT). Sebagai informasi, Pajero Sport yang mengusung teknologi VGT mulai mengaspal di jalanan Indonesia pada tahun 2011 untuk varian Dakar.
Pilihan transmisinya juga lebih beragam, karena Pajero Sport generasi kedua mempunyai tiga pilihan. Ada manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan untuk varian GLS dan Exceed, serta otomatis 5-percepatan untuk varian 4×4 GLX dan Dakar.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2021 Toyota KIJANG INNOVA V 2.0
10.962 km
2,5 tahun
Jakarta
2022 Toyota KIJANG INNOVA G 2.0
25.226 km
1,5 tahun
Jawa Barat
2017 Toyota KIJANG INNOVA REBORN VENTURER GASOLINE 2.0
89.898 km
6 tahun
Jawa Barat
2019 Toyota KIJANG INNOVA REBORN V 2.0
89.687 km
4 tahun
Jawa Barat
2018 Toyota KIJANG INNOVA REBORN V 2.4
39.691 km
5,5 tahun
Jawa Barat