5 Mobil Toyota Bekas di Bawah Rp 70 Juta yang Tangguh dengan Perawatan Mudah dan Murah
Enda · 10 Jan, 2024 10:04
0
0
Siapa sangka mobil Toyota bekas di bawah Rp 70 juta kalian sudah bisa mendapatkan tahun produksi 2000-an ke atas yang tangguh dan mudah dari segi perawatan.
Mobil garapan pabrikan tiga oval di Tanah Air memang sudah sangat melekat di hati masyarakat Indonesia sejak lama.
Terlebih saat dihadirkannya Kijang, nama Toyota langsung dikenal ke seluruh penjuru negeri berkat ketangguhan yang ditawarkan.
Bicara mengenai mobil Toyota bekas di bawah Rp 70 juta, kami punya beberapa model rekomendasi yang bisa menjadi acuan kalian apabila saat ini sedang mencarinya.
1. Mobil Toyota Bekas di Bawah Rp 70 Juta, Toyota Avanza Jadi Idola
Toyota Avanza pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 11 Desember 2003 melalui ajang GAIKINDO Auto Expo 2003.
Sejak peluncuran perdananya, mobil ini ramai diminati dan sempat menyabet gelar sebagai MPV best seller.
Besarnya minat masyarakat Indonesia terhadap Avanza lantaran harganya yang terjangkau, kapasitas daya tampung 7 orang setara Kijang kapsul namun memiliki mesin lebih kecil yang responsif, hemat bahan bakar dan tentunya mudah dari segi perawatan.
Bicara mengenai pasaran harga bekasnya, Avanza lansiran 2004 kini berada di angka Rp65 jutaan.
Di harga Rp65 jutaan, Avanza dibekali mesin 1.329 cc dengan kode K3-DE Electronic Fuel Injection (EFI) non VVT-i yang dapat memuntahkan tenaga hingga 94 PS di 6.000 rpm dan torsi 120 Nm pada 4.400 rpm, dengan transmisi manual 5-percepatan.
Untuk konsumsi bahan bakarnya mobil ini di angka 11-12 km/liter penggunaan dalam kota dan 14-15 km/liter untuk luar kota.
Mengenai fitur unggulan yang dimiliki, tipe G yang merupakan varian flagshipnya sudah dibekali electric mirror, velg alloy 14 inci, power window dan juga AC double blower yang berfungsi untuk menghembuskan udara sejuk secara merata hingga baris ketiga.
2. Toyota Vios Gen 1 Sedan Tangguh yang Sering Pernah Dipakai Sebagai Taksi
Selanjutnya mobil Toyota bekas di bawah Rp 70 juta pilihannya ada pada Toyota Vios gen 1.
Di Indonesia Vios pertama kali diluncurkan pada tahun 2003 menggantikan posisi Toyota Soluna dengan menempati segmen sedan subkompak. Kiprah Vios gen 1 di Tanah Air sanggup bertahan hingga 2006.
Harga bekas Vios gen 1 kini berada di angka Rp50 jutaan untuk tahun produksi 2003.
Sebagai sedan subkompak, Vios gen 1 hadir dalam tiga tipe, yakni; E dan G. Selain itu ada juga varian terendahnya yang dinamakan Toyota Limo, yang banyak digunakan sebagai kendaraan taksi saat itu.
Banyak digunakan sebagai taksi, Vios gen 1 mengandalkan mesin 1NZ-FE DOHC VVT-i 4-silinder segaris 16 valve berkapasitas 1.497 cc yang dapat meletupkan tenaga 109 PS di 6.000 rpm dengan tenaga puncak mencapai 141 Nm pada 4.200 rpm.
Mesin ini memiliki karakter responsif dan juga tangguh serta mudah dari segi perawatan.
Selain mudahnya perawatan, untuk perbaikannya pun apabila mengalami kerusakan tergolong murah.
Konsumsi BBM yang tergolong irit dengan penggunaan di dalam kota mencapai 12 km/liter dan 15 km/liter untuk pemakaian luar kota, di zamannya mobil ini memiliki fitur yang terbilang modern.
Seperti diketahui didalamnya mobil ini sudah dibekali power window, spion elektrik, power steering serta AC dengan pengaturan beberapa arah.
Dan menariknya mobil ini memiliki banyak kompartemen penyimpanan terbuka dan tertutup yang terasa begitu ringkas.
Untuk tipe teratasnya, Vios G, pada sistem hiburannya menggunakan head unit 2din dengan mendukung format seperti MP3, CD tape dan radio.
Masih di varian G, untuk meter clusternya mobil ini menggunakan full digital mulai dari tachometer, speedometer hingga fuel meter.
Mengenai keselamatan berekendara, sistem pengeremannya sudah diaplikasikan rem cakram di semua roda.
Khusus tipe teratas, pabrikan membekalinya dengan ABS dan EBD yang dapat mencegah tergelincirnya roda ketika pengemudi menginjak rem secara tiba-tiba.
3. Toyota Agya Pas Buat Pulang-pergi Kantor dan Antar-jemput Anak Sekolah
Toyota Agyajadi salah satu mobil Toyota yang populer di pasar otomotif Tanah Air.
Pertama kali diperkenalkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 sebagai kendaraan Low Cost Green Car (LCGC) berpenampilan hatchback, penjualan di tahun 2013 mobil ini sangat menjanjikan.
Dengan begitu membuatnya menduduki peringkat kedua penjualan mobil Toyota terlaris di Indonesia pada 2014.
Agya pertama kali muncul ditawarkan dengan tiga pilihan varian, E, G dan TRD S.
Untuk pasaran harga bekas tipe terendahnya saat ini ditawarkan kurang dari Rp70 juta.
Sedangkan tipe diatasnya memiliki selisih harga Rp5 juta sampai dengan Rp10 juta lebih mahal.
Seperti diketahui Agya untuk perawatannya sangat mudah dan murah, sehingga cocok bagi keluarga yang ingin beralih dari kesehariannya menggunakan sepeda motor menjadi mobil.
Sebagai varian terendah, Agya E punya fitur yang tergolong komplit.
Terlihat didalamnya mobil ini telah didukung head unit single din dengan format CD, MP3 dan radio.
Selain itu pula mobil ini sudah dilengkapi sistem pendingin udara atau AC, power window di semua pintu, serta sistem kemudi dengan teknologi Electronic Power Steering (EPS).
Untuk keselamatan berkendara, mobil ini berhasil dibekali dual SRS airbag di depan yang berfungsi untuk mengurangi cedera ketika mengalami benturan cukup keras.
Sebagai city car kompak yang sangat cocok digunakan untuk menunjang segala aktifitas sehari-hari di kota besar, Toyota Agya lansiran 2013 ini dibenamkan mesin berkapasitas 998 cc dengan kode 1KR 3-silinder segaris DOHC.
Melihat data di atas kertas, jantung pacunya sanggup memuntahkan tenaga sebesar 67 PS di 6.000 rpm serta torsi maskimal 89 Nm pada putaran 4.400 rpm, yang dipadukan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.
Memiliki kapasitas mesin kecil serta dimensi ringan, untuk konsumsi BBM-nya mobil ini terbilang irit.
Disebutkan bahwa pemakaian luar kota mobil ini sanggup menempuh jarak 22 km/liter dalam kecepatan konstan di jalur bebas hambatan, dan 16-18 km/liter untuk penggunaan dalam kotanya.
4. Toyota Kijang Krista Andalan Keluarga Indonesia
Toyota Kijang Krista merupakan varian termewah Kijang kapsul, yang ibaratnya Avanza dengan Veloz.
Sebagai varian termewah tentu Kijang Krista menawakan beragam aspek kenyamanan berkendara yang sangat cocok digunakan sebagai mobil keluarga.
Kalian yang saat ini sedang melirik Kijang Krista, untuk harga bekas lansiran 2001 bermesin bensin pasarannya di angka Rp70 juta.
Bagian dari keluarga Kijang, tentu mobil ini sangat bisa diandalkan.
Karena selain perawatanya yang gampang, untuk perbaikannya murah hampir semua bengkel mobil bisa menanganinya.
Kijang Krista 2001 dibekali mesin 7K-F dengan sistem kombusi injeksi yang mampu menghasilkan tenaga 94 PS di 5.000 rpm serta torsi 155 Nm pada 3.200 rpm.
Mesin dengan tingkat durabilitas sangat baik ini dipadukan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.
Memperoleh beberapa aksen wood panel di bagian dalam, mobil ini juga terlihat mewah dengan penggunaan jok berbahan fabric yang lembut, speaker di setiap baris serta tambahan 2 tweeter di depan.
Menariknya mobil ini sudah dilengkapi arm rest di jok tengah serta AC double blower yang terasa hingga baris ketiga.
5. Toyota Limo Gen 2, Mobil Ex Taksi Cukup Nyaman yang Mudah Dalam Perawatan
Terakhir mobil Toyota bekas di bawah Rp 70 juta yang bisa menjadi pilihan adakah Toyota Limo gen 2.
Limo gen 2 ini banyak digunakan sebagai armada taksi, yang merupakan tipe basic atau varian terendah Toyota Vios gen 2.
Generasi kedua Limo digunakan sebagai armada taksi mulai dari tahun 2007 hingga 2013.
Untuk pasaran harga bekas lansiran 2007 mobil ini berada di angka Rp60 jutaan.
Seperti generasi sebelumnya, mobil ini dibekali mesin 1NZ-FE DOHC VVT-i 4-silinder segaris 16 valve berkapasitas 1.497 cc.
Tenaga yang dihasilkan sebesar 109 PS di 6.000 rpm dengan tenaga puncak mencapai 141 Nm pada 4.200 rpm, yang dipadukan transmisi manual 5-percepatan.
Mengenai perawatannya mobil ini pun sangat mudah dan murah khas mobil Toyota yang laris di pasaran.
Karena tipe paling bawah, Limo gen 2 untuk fiturnya sangat sederhana.
Bawaan pabrikan mobil ini masih menggunakan velg kaleng, belum dilengkapi pengaturan spion elektrik, tidak ada power window, nuansa interior full hitam, serta belum ada sistem hiburan.
Meski begitu mobil ini sudah dilengkapi sistem pendingin udara atau AC dan Electronic Power Steering (EPS).
Walau minim fitur, dari segi berkendara mobil ini terasa nyaman layaknya Vios tipe G.
Namun tak sedikit pemilik Limo gen 2 ex taksi ini sudah melakukan upgrade beberapa fitur guna meningkatkan kenyamanan berkendara.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.