5 Masalah yang Harus Diwaspadai di Mitsubishi T120SS, Apa Saja?

Ada beberapa masalah pada Mitsubishi T120SS yang kerap kali ditemui terutama pada unit bekas dengan usia yang sudah cukup lanjut.

Awal mula kehadiran T120SS ini dikenalkan dalam waktu hampir bersamaan dengan Carry, di tahun 1991. Keduanya memang berbagi hampir semua bagian kaki-kaki dan bodi, kecuali mesin, transmisi, dan beberapa ornamen eksterior.

Menyandang nama Colt T120SS merupakan strategi dari Mitsubishi utnuk meneruskan generasi pertama Delica yang juga punya nama lain Colt 120.

Mitsubishi Colt T120SS ini melanjutkan nama legendaris Mitsubishi Colt T120 yang beredar hingga tahun 1981. Secara segmentasi, T120SS mengisi lini tepat di bawah L300.

Di Indonesia, mobil ini menggantikan kesuksesan Suzuki Jetstar, dan sama seperti Carry, ia juga tersedia dalam tipe bodi pick up maupun minibus.

Awalnya Colt 120SS menggunakan mesin 1.343 cc berkode 4G17 yang sanggup menghasilkan tenaga 78 PS pada 6.000 rpm. Mesin ini pun bertahan samapi 1996.

Namun sejak Maret 2005, Mitsubishi mulai memproduksi T120SS menggunakian mesin 1.468 cc berkodekan 4G15 dengan standar emisi gas buang Euro 2 serta menghasilkan daya puncak 86 PS pada 5.750 rpm.

Sayangnya, tidak seperti Suzuki Carry yang muncul generasi barunya, per Januari 2019, Mitsubishi Indonesia memutuskan untuk menyetop jalur produksi untuk Colt T120SS di pabrik mereka yang ada di Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Kiprah Mitsubishi T120SS harus berhenti seiring pihak Suzuki yang melakukan pembaharuan generasi pada Carry.

Meski bisa dibilang "kembaran" tapi perlu kalian ketahui juga jika masalah di Mitsubishi T120SS jelas tak sama seperti apa yang ada di Suzuki Carry pick up. 

Kalau kalian berencana membeli mobil ini atau mungkin telah memiliki Mitsubishi Colt T120SS, bisa jadi solusi saat kerusakan tersebut bisa muncul seiring pemakaian.

Supaya tidak penasaran, berikut ini masalah Mitsubishi T120SS yang biasanya muncul dan perlu kalian waspadai. 

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi T120SS Pick-Up, Kembaran Suzuki Carry yang Discontinued Karena Masalah Emisi!

1. Masalah Mitsubishi T120SS di Setir dan Roda Depan Aus Tidak Merata

Tapak ban depan kerap kali alami kebotakan hanya pada satu sisi saja

Kerusakan yang umum terjadi di T120SS adalah di bagian roda depannya yang makan ban nggak rata. Ban depan yang aus lebih dulu ada di bagian dalam, sementara tapak ban sisi luar cenderung bertahan lebih lama. 

Dikutip dari tayangan YouTube Dokter Otomotif, hal ini disebabkan karena tipe suspensi MacPherson di shockbreakernya. Karena tidak ada sistem penyetelan, jadi komponen ini tidak bisa diatur sudut chambernya. 

Perhatikan komponen suspensi

Masih seputar kaki-kaki depan, kerusakan yang kerap muncul berikutnya ada di bagian racksteer.

Jika kendaraan kerap kali melintas di jalan yang tidak rata, maka lama kelamaan bakan muncul bunyi gludug-gludug dari bagian suspensi mobil.

Solusinya di bagian dalam setir, ada bushing dari besi, kalian bisa diganti dengan bushing teflon agar suaranya lebih halus.

2. Booster Rem Mendesis

Lakukan perawatan supaya mobil bisa selalu dipakai cari cuan

'Penyakit' lain yang perlu kita waspadai saat memiliki Mitsubishi T120SS yaitu gejala mendesis di bagian booster rem ketika mesin dinyalakan. Itu disebabkan karena seal rod booster rem di bagian dalam sudah aus dan robek.

Ciri-cirinya yaitu ketika pedal rem waktu ditekan sedikit muncul suara mendesis. Solusinya diganti seal rod booster rem dengan yang baru.

Baca juga: Terlihat Kembar, Ini Perbedaan Antara Mitsubishi T120SS dan Suzuki Carry

3. Stasioner Tidak Stabil

Sebaiknya komponen ini diganti juga sudah rusak

Sebagai mobil pekerja, putaran mesin di Colt T120SS harus tetap prima. Kalau ada satu saja komponen yang mengalami gangguan, maka bisa berefek ke perangkat lainnya.

Penyakit lain yang sering jadi masalah Mitsubishi Colt T120SS di bagian mesin yaitu komponen stasioner mengalami gangguan yang pada akhirnya akan menyebabkan performa berkendara jadi kurang nyaman.

Biasanya, stasioner rpm Colt T120SS mengalami masalah pada bagian stepper motor/actuator yang sudah lemah.

Akibatnya kalau komponen ini rusak membuat rpm naik turun, indikasi kerusakannya adalah kalau stasioner bisa naik turun antara 1000-1500 rpm. 

Solusi dari permasalahan ini yaitu di bagian ujung stepper motor yang sudah aus bisa diperbaiki, atau bisa ganti stepper motor.

Harganya cukup mahal, untuk yang original Rp3,5 juta kalau KW di bawah Rp2 juta. 

4. Seal Rusak, Bikin Koil Gampang Mati Terkena Air

Kabel coil Colt T120SS

Hal lain yang perlu mendapat perhatian yaitu bagian seal koil. Kerusakan di bagian koil biasanya sering mati karena posisinya agak ke bagian bawah kolong mobil.

Dampaknya, koil mati karena tutup sealnya rusak, jadi air dari bagian bak menetes ke bagian koil. Kalau koil rusak solusinya harus diganti. Sebaiknya periksa kondisi seal agar tidak ada yang sobek, supaya tidak ada cipratan air yang merusak koil. 

Baca juga: Adu Spesifikasi DFSK Super Cab Vs Suzuki Carry, Mana yang Lebih Bisa Diandalkan?

5. Pentingnya Perawatan Timing Belt Colt T120SS

Jangan lupakan periode ganti timming belt

Untuk perawatan Colt T120SS, maka perhatikan juga bagian timing beltnya. Biasakan untuk mengganti setiap 80 ribu kilometer atau 4 tahun.

Karena kalau timing belt putus, klepnya bisa bersentuhan dengan piston, yang pada akhirnya akan menimbulkan kerusakan lebih parah di ruang mesin.

Mobil pun bakal mogok, serta menghambat pergerakan bisnis kalian.

Mitsubishi Colt T120SS, Kuda Beban Bertenaga Besar

Mobil pekerja keras yang berbagi dengan Suzuki Carry pick up

Mobil pick up dirancang supaya siap mengangkut apa saja, mulai dari sayuran hingga matrial bahan bangunan termasuk pasir hingga batu bata. Tak perlu mewah, tenaga dan bak yang kuat jadi pilihan yang utama

Mitsubishi Colt T120SS awalnya menggunakan mesin berkode 4G17 SOHC 12 valve 1.343cc yang dikembangkan secara khusus untuk Mitsubishi Colt T120SS. Tenaga yang dihasilkan sebesar 78Hp pada 6000rpm dan torsi 107Nm pada 3500rpm. 

Mesin ini masih mengandalkan penggunaan karburator untuk menyuplai bahan bakarnya. Sekitar tahun 2004 bersamaan dengan kemunculan versi facelift.

Mitsubishi mengganti mesin ini diganti dengan mesin 4G15 SOHC 12 valve 1.468cc. Suplai bahan bakar menggunakan injeksi Multi Point Injection sehingga dapat menghasilkan tenaga hingga 86Hp pada 5750rpm dan torsi 120Nm pada 3750rpm.

Mesin T120SS generasi kedua ini sama dengan yang digunakan Mitsubishi Lancer trim GLX pada tahun 1990an.

Pada facelift ini, bagian paling berubah ada pada mesinnya yang upgrade dari 1300 cc menjadi 1500cc. Perbedaan lainnya yaitu T120SS memiliki pilihan bak standar, flat deck dan bak 3 way wide.

Tidak banyak yang berubah pada penampilannya, dan penyegaran hanya terlihat grill depan saja yang berganti dengan grill belah segitiga besar khas Mitsubishi jaman itu. Sementara interiornya nyaris tidak ada perubahan dibanding versi sebelumnya.

Pasca T120SS disuntiuk mati oleh Mitsubishi Indonesia, praktis hanya ada L300 yang megisi celah pasar pick up ringan dari pabrikan berlogo tiga berlian ini.

Kesimpulan

Masalah Mitsubishi Colt T120SS yang sudah dijabarkan tadi perlu jadi bahan perhatian kalian jika hendak membeli atau sudah memelihara pick up lawas Mitsubishi ini.

Dikenal sebagai kendaraan yang tangguh dan handal, namun beberapa masalah yang sering muncul yaitu pada sistem kemudi yang terasa berat dan membuat tapak ban aus tidak merata memang akan mengganggu pengendaraan. 

Selain itu, masalah pada booster rem juga sering dilaporkan, yang dapat mengurangi efektivitas pengereman dan membahayakan keselamatan pengemudi dan penumpang. 

Masalah stasioner yang tidak stabil juga menjadi keluhan umum, yang membuat mesin sering mati mendadak saat idle.

Di sisi lain, masalah pada koil dan timing belt juga tidak bisa diabaikan. Koil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin sulit dinyalakan atau bahkan mogok di tengah jalan. 

Sementara itu, timing belt yang aus atau tidak terpasang dengan benar dapat menyebabkan kerusakan serius pada mesin, bahkan bisa menyebabkan kerusakan total jika tidak segera ditangani. 

Oleh karena itu, perawatan rutin dan pemeriksaan berkala sangat penting untuk menjaga performa dan keandalan Colt T120SS untuk menjalani tugas beratnya sehari-hari.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Mitsubishi T120SS

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Mitsubishi Colt T120ss Pick Up review - Indonesia

Mengemudi saat curah hujan tinggi disertai angin memang sangat membahayakan, terlebih dalam beberapa hari terakhir cuaca buruk melanda wilayah sejumlah kota di Indonesia. Tentu saja jika kondisi cuaca seperti di atas, sebaiknya hentikan berbagai aktivitas di luar ruangan termasuk mengemudi. Pasalnya, Pemerhati Transportasi dan Hukum Budiyanto menyatakan, curah hujan tinggi disertai angin kencang bisa sangat membahayakan, seperti berdampak pada pohon tumbang dan genangan air, bahkan bisa banjir B
Informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Honda CR-V gen 4 berikut bisa menjadi acuan bagi kalian yang sedang menginginkan mobil ini dalam kondisi unit bekasnya. Generasi keempat Honda CR-V dengan kode bodi RM pertama kali diluncurkan di Indonesia pada September 2012. Dijual hingga 2017, untuk versi faceliftnya mobil ini diluncurkan pada Januari 2015. Mobil jenis Medium SUV ini untuk kondisi bekasnya kini cukup ramai diminati. Lantaran selain tampilannya yang gagah sekaligus mewah, harga bekas
Mengetahui pajak Toyota Raize per tahun adalah hal yang perlu kalian ketahui ketika memiliki atau sebelum membeli mobil ini. Ya, mencermati berapa nilai pajak suatu kendaraan merupakan hal yang semestinya diketahui lebih dulu oleh calon konsumen, mengingat pajak atas kendaraan yang satu bisa berbeda dengan kendaraan lainnya meski merek dan tipenya serupa. Berdasarkan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Agkutan Jalan (LLAJ), pada Pasal 105 ayat (5) tertulis jika setiap kenda
Mitsubishi Xpander hadir di Indonesia dengan menawarkan sejumlah kelebihan dan kekurangan yang tidak dimiliki rival-rivalnya. Kehadiran Mitsubishi Xpander di kelas LMPV memang cukup menjadi fenomenal. Bagaimana tidak, mobil tujuh penumpang ini langsung ada di jajaran 5 besar mobil terlaris di Indonesia, bahkan sebagai model baru, ia bisa bersaing kuat dengan duo MPV legendaris dari Astra, Toyota Avanza dan juga Daihatsu Xenia. Tapi tentunya dibalik semua kesuksesan itu, tetap ada kelebihan dan k
PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green jadi perusahaan pertama di Indonesia dan terbesar di Asia Tenggara yang memiliki fasilitas pabrik baterai mobil listrik secara lokal. Kehadiran pabrik baterai ini disebut-sebut menandai menandai komitmen Hyundai Motor Group bersama dengan pemerintah untuk mempercepat visi Indonesia dalam memiliki ekosistem kendaraan listrik (Electric Vehicle/ EV) yang komprehensif. Pasalnya, pabrik ini diklaim jadi yang pertama yang memberikan investasi substansial mulai dari

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 170,20 - 190,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Geely

Geely RD6

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Citroen

Citroen E-C3

Rp 377,00 - 387,00 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Jetour

Jetour X70

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Jaecoo

Jaecoo J8

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Jaecoo

Jaecoo J7

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Jaecoo

Jaecoo J6

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Neta

Neta U

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
BAIC

BAIC BJ-40 Plus

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
GAC

GAC Aion Y

Rp 415,00 - 475,00 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Zeekr

Zeekr 009

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mitsubishi T120SS
Lihat