Kelebihan dan Kekurangan Datsun Cross, Umurnya Cuma 2 Tahun Tapi Menarik daripada LCGC

Kelebihan dan kekurangan Datsun Cross patut kalian ketahui mengingat mobil ini sempat mewarnai belantika mobil perkotaan Indonesia terutama saat eforia kendaraan berstatus mobil murah ramah lingkungan.

Sebagai daya tarik, desainer Datsun membuatnya punya penampilan ala crossover yang lengkap pakai ornamen over fender, side body moulding, roof rail, hingga bumper dengan aksen underguard silver. 

Datsun Cross melakoni debut globalnya di Indonesia pada Januari 2018

Sejatinya Datsun Cross dibuat dari model Datsun Go+ yang juga memiliki profil konfigurasi kapasitas penumpang setara.

Namun supaya tidak begitu persis, tampang depannya dibuat berbeda.

Punya desain lampu baru yang punya garis LED, termasuk lampu kabut di bawahnya, sayang bagian belakangnya masih hampir mirip.

Namun dewi fortuna agaknya kurang berpihak pada mobil ini.

Umurnya singkat, tak sampai dua tahun, total populasinya mengacu data Gaikindo sekitar 4.155 unit.

Model ini terakhir tercatat di data distribusi pada Agustus 2019, setelah itu tak ada lagi penjualannya. 

Baca Juga: Desain Lebih Keren Dari Versi LCGC, Harga Datsun Cross Kini Cuma Rp100 Jutaan Loh!

Kelebihan dan Kekurangan Datsun Cross di Indonesia

Kelebihan Datsun Cross

Versi Datsun GO+ yang dibuat ala crossover

Bisa dibilang Datsun Cross dengan segala kelebihannya cocok dibeli apabila Datsun Go+ kurang begitu memikat.

Terlebih hadir dalam versi matic CVT maupun manual, jadi bisa dipilih sesuai preferensi dan kebutuhan. 

Kelebihan Datsun Cross pertama, adalah tampilannya beraura SUV yang tangguh dan berkarakter petualang.

Jelas segmentasinya mengarah ke konsumen yang mau mobil perkotaan dengan tampilan beda, paling tidak bisa diajak melintasi medan jalan yang tidak rata.

Apalagi karena didukung ground clearance tinggi 200 mm, yang menjadikannya tertinggi di kelasnya.

City car lain seperti Suzuki Ignis (Spesifikasi | Berita) hanya 180 mm.

Datsun Cross punya ground clearance 200 mm

Kemudian dipadukan velg 15 inci berdesain pilar yang semakin membuat Cross tampak kokoh. 

Tak kalah menarik adalah nuansa interior yang dibalut warna serba hitam, mencerminkan karakter sporty.

Lebih dari itu, tidak akan cepat tampak kotor maupun kusam apabila mobilitas mobil tinggi dan sering mengangkut anak-anak. 

Keunggulan lainnya seperti yang dijelaskan di awal, hadirnya opsi matic CVT di Datsun Cross yang terkenal irit dan akselerasi halus.

Penempatan tuas transmisinya menempel pada dashboard, konsol tengah mobil hanya berupa tangkai rem tangan dan cup holder. 

Interior Datsun Cross dibuat serba hitam dan transmisi menempel di dashboard

Kemudian soal fitur keselamatan Datsun Cross juga layak jadi bahan pertimbangan, mengingat ia lebih lengkap ktimbang duet Calya-Sigra produksi awal.

Sebut saja dual SRS Airbag, Anti-lock Braking System, Electronic Brake-force Distribution hingga Vehicle Stability Control sudah ada di Cross yang membuat ia lebih pede ketika dikendarai demi melindungi seluruh penumpang di dalamnya.

Kemudian mobil ini juga sudah dilengkapi head unit 2 DIN berlayar sentuh 6.75 inci yang memiliki fitur Bluetooth, USB, Aux-in, dan Miracast untuk mampu terkoneksi dengan ponsel penggunanya.

Selain itu perangkat tersebut juga telah dilengkapi Sygic Car Connected Navigation, sehingga ketika kalian mengkoneksikan ponsel Android atau iPhone ke head unit ini dan sudah memiliki aplikasi Navigasi bawaan, maka dapat tertampil ke monitor head unit tersebut.

Sesuatu yang belum ditemui pada Toyota Calya maupun Daihatsu Sigra.

Head unit bawaan sudah punya fitur yang lengkap

Keunggulan Datsun Cross lainnya adalah soal kekuatan mesin HR12DE yang diusungnya bisa lebih baik ketimbang kompetitor.

Berpadu transmisi CVT dengan karakter pergerakan antar posisi gigi yang halus membuat mobil ini jadi lebih nyaman untuk dikendarai harian atau sesekali pelesir ke luar kota di akhir pekan.

Baca Juga: Datsun Menyerah, Akhirnya Stop Jualan Juga di India

Kekurangan Datsun Cross

Konfigurasi jok Datsun Cross hadir dalam format 5+2

Bicara keunggulan, kurang afdal kalau belum ungkap kekurangan yang kemungkinan bisa jadi faktor mobil ini penerimaannya di pasar tidak begitu besar dan terpaksa disuntik mati. 

Bila masuk ke dalam sebenarnya interiornya tidak begitu jauh dari Datsun Go+ biasa.

Ruang duduk maupun kakinya kurang lapang, sehingga kurang menjanjikan kenyamanan apabila dibawa perjalanan jarak jauh. 

Desain jok juga tidak ada bedanya dengan Datsun Go biasa, kursinya tipis, sehingga penumpang dengan bobot besar kemungkinan bisa merasakan tulang jok.

Lalu kurang praktis lantaran mode pelipatannya tidak dibuat split, alias tidak terpisah dan harus dilipat semuanya. 

Sayangnya headrest Datsun Cross belum terpisah

Kekurangan Datsun Cross lainnya adalah di fitur pemanja pengemudi.

Jok cuma bisa diatur sliding maupun reclining, belum ada pengaturan ketinggian, selain itu setir juga tidak bisa diatur baik tilt maupun teleskopik. 

Lantas desain headrest yang ternyata masih setengah-setengah.

Pada baris depan serupa mobil LCGC yang menyambung, tapi didesain seperti terpisah, kemudian pada baris kedua berupa tonjolan, sementara baris ketiga tanpa gundukan alias rata.

Maka dari itu Datsun Cross tetap dikategorikan mobil 5+2 bukan 7 seater seutuhnya, lantaran baris paling belakang cuma cocok diisi anak kecil yang tingginya sekitar 120-140 cm.

Orang dewasa duduk di sana? Tak akan muat!

Soal daya tampung bagasi belakang pun setali tiga uang, kapasitasnya terbatas, dan cuma cukup mengangkut satu koper ukuran sedang.

Bahkan ketika jok baris ketiga dilipat, perubahan kapasitas bagasi ini tidak signifikan dari semula, sehingga cukup merepotkan kalau kalian punya anggota keluarga yang mau liburan ke luar kota, dan masing-masing membawa tas ukuran sedang.

Baca Juga: Mana Yang Lebih Murah, Datsun GO Atau Kedua Pesaingnya Ini?

Kelebihan dan Kekurangan Datsun Cross

Kelebihan:

  • Tampilan stylish ala crossover
  • Ground clearance tinggi
  • Interior sporty
  • Headunit fitur lengkap
  • Fitur keselamatan lebih baik dari LCGC
  • Mesin bertenaga
  • Ada opsi transmisi CVT

Kekurangan:

  • Nuansa kabin masih serupa Datsun GO+
  • Kenyamanan interior kurang
  • Jok baris ketiga tidak layak untuk penumpang dewasa
  • Ruang bagasi terbatas
Spesifikasi Datsun Cross 2019
Dimensi
Panjang 3.995 mm
Lebar 1.670 mm
Tinggi 1.560 mm
Jarak sumbu roda 2.450 mm
Jarak ke tanah 200 mm
Kapasitas tangki BBM 35 liter
Ukuran roda 175/65 R15
Mesin
Tipe mesin HR12DE DOHC
Kapasitas silinder 1.198 cc
Jumlah silinder 3
Daya maksimum 78 PS @6.000rpm
Torsi maksimum 104 Nm @4.400 rpm
Transmisi Otomatis CVT
  Manual 5-percepatan
Sistem penggerak roda Penggerak Roda Depan
Sasis
Suspensi depan MacPherson Strut with Coil Spring
Suspensi belakang Torsion Beam with Coil Spring
Rem depan Ventilated Disc
Rem belakang Drum

Kesimpulan

Berdasarkan daftar kelebihan dan kekurangan Datsun Cross tadi maka ditarik kesimpulan kalau mobil ini menjadikannya pilihan menarik bagi konsumen. 

Satu kelebihan utama Datsun Cross adalah desainnya yang lebih sporty dan gagah, memberikan kesan lebih modern dan dinamis. 

Selain itu, Datsun Cross dilengkapi dengan fitur keselamatan yang lebih lengkap, guna memberikan perlindungan lebih baik bagi pengendara. 

Mesin Datsun Cross juga memiliki performa yang lebih responsif, memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan dan nyaman di berbagai kondisi jalan.

Di sisi lain, Datsun Cross juga memiliki beberapa kekurangan dibandingkan dengan Calya-Sigra.

Diantaranya berkat ruang kabin yang kurang luas, membuatnya tidak praktis dan nyamannya berkurang untuk digunakan sebagai kendaraan keluarga. 

Selain itu, jaringan layanan purna jual Toyota-Daihatsu yang lebih luas dibanding Nissan-Datsun sehingga memberikan kemudahan lebih bagi pemilik Calya-Sigra dalam perawatan dan perbaikan.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Datsun Cross

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Telah hadir Datsun CROSS, Mobil Compact Crossover Serbaguna

Toyota Avanza FWD alias dengan penggerak roda depan pertama kali diluncurkan tahun 2021. Hadir sebagai generasi ketiga dari Toyota Avanza, model ini menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) yang juga dipakai di All New Daihatsu Xenia. Tidak seperti dua generasi sebelumnya yang memakai sasis U-IMV, All New Avanza ini juga menggunakan struktur mesin dan teknologi yang baru pula. Kemudian pada Avanza generasi ketiga ini pula Toyota mulai memberikan fitur keselamatan lebih lengka
Baru-baru ini Geely Auto Group meluncurkan baterai mobil listrik lithium iron phosphate dengan teknologi New Short Blade EV yang dikembangkan sendiri oleh perusahaan. Baterai ini diklaim oleh perusahaan menawarkan masa pakai baterai terbaik di kelasnya dari segi keamanan dan pengisian daya cepat. Generasi terbaru Short Blade EV Battery ini akan menjadi tolak ukur baterai untuk kendaraan listrik dengan ukuran kompak, kepadatan energi lebih tinggi, pemanfaatan volume lebih baik, dan peningkatan fl
Membeli Toyota Kijang Innova bekas merupakan pilihan yang cukup rasional ketika harga mobil baru jenis MPV makin lama kian mahal. Seperti kita ketahui, Kijang Innova sejak lama menjadi pilihan yang dipercaya banyak kalangan di Indonesia. Toyota Innova bahkan telah menyingkirkan banyak pesaing dari berbagai merek, termasuk Si Mobil Sejuta Umat, Toyota Avanza untuk mempertahankan posisi teratasnya sebagai mobil terlaris di dalam negeri. Kalau bicara silsilah keluarga Toyota Kijang, Innova sejatiny
Lini mobil listrik Mercedes-benz di Indonesia makin bertambah sejak munculnya Mercedes-Benz EQE SUV. Kehadiran mobil listrik ini tentu saja melengkapi deretan electric vehicle jenama Jerman di Tanah Air dengan imej premium, seperti EQA, EQB, EQE Salon, EQS Salon dan SUV. Lantas dengan jumlah model mobil yang cukup banyak, apakah Mercedes-Benz Indonesia telah menawarkan lini produknya untuk mobil kepresidenan, mengingat di akhir tahun ini Prabowo Subianto akan dilantik sebagai presiden. Baca juga
Harga Toyota Raize bekas saat ini menjadi perhatian banyak konsumen yang mencari kendaraan SUV kompak dengan banderol yang terjangkau. Mobil ini dikenal dengan desain yang stylish, fitur canggih, dan efisiensi bahan bakar yang baik. Dengan harga yang lebih rendah dibandingkan dengan model barunya, Toyota Raize bekas menawarkan alternatif yang menarik bagi kalian yang ingin menikmati kenyamanan dan keandalan mobil Toyota tanpa harus mengeluarkan biaya tinggi. Toyota Raize jadi salah satu sport ut

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 170,20 - 190,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Geely

Geely RD6

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Citroen

Citroen E-C3

Rp 377,00 - 387,00 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Jetour

Jetour X70

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Jaecoo

Jaecoo J8

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Jaecoo

Jaecoo J7

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Jaecoo

Jaecoo J6

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Neta

Neta U

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
BAIC

BAIC BJ-40 Plus

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
GAC

GAC Aion Y

Rp 415,00 - 475,00 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Zeekr

Zeekr 009

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Datsun Cross
Lihat