Kelemahannya Lebih Banyak, Alasan Datsun Go Plus Tergusur Daihatsu Sigra

Ada beberapa kelemahan Datsun GO+ Panca yang dianggap jadi biang keladi mengapa mobil tujuh penumpang ini kurang laris dibanding rival-rivalnya.

Di awal kemunculan mobil LCGC, kebanyakan merek hanya menyediakan kendaraan berjenis city car.

Hanya Datsun Indonesia saja saat itu yang mempelopori hadirnya LCGC dengan konfigurasi 7-seater melalui Datsun Go+ Panca di tahun 2014.

Kalau kita kilas balik tentang sejarah Datsun Go, sebenarnya pertama kali segmen LCGC ini dimasuki oleh Nissan Group melalui model small hatchback yaitu Datsun Go Panca dan versi 7 seater yang diberi merek dagang Datsun Go Plus Panca.

Pertama kali diluncurkan di India Juni 2013, mobil tersebut akhirnya tiba di Indonesia setahun setelahnya, yaitu di Mei 2014.

Kala itu persaingan segmen LCGC ini cukup sengit, karena ada Datsun Go Panca berjibaku dengan Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Suzuki Karimun Wagon R, dan Honda Brio Satya.

Sementara Datsun Go Plus Panca harus mengahdapi duet Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.

Belum berusia setahun, tepatnya di Agustus 2014, Nissan-Datsun Indonesia menambah varian dari Datsun Go Plus dengan menghadirkan vairan Go Plus Tipe D (standar), Go Plus Tipe A (menengah), dan tipe T Option (tipe tertinggi).

Sebagai informasi, varian paling mewah dari Go Plus Panca sudah pakai spion dengan pengaturan elektrik yang disisipi lampu sein, head unit JVC, Airbag di sisi pengemudi, serta bodykit di bemper depan, side skirt, bemper belakang, dan juga rear upper spoiler lengkap dengan high mounted stop lamp.

Pada November 2015, Datsun melakukan facelift untuk Go Plus dan Go Plus Panca, speerti penambahan antena di bagian depan, power window untuk jendela pengemudi dan seluruh penumpang, dan juga center cluster.

Di Mei 2018 kembali Datsun Go mendapat pembenahan, antara lain dengan dipasangnya velg ukuran R14 berjenis alloy bukan lagi velg besi, lampu depan dan gril depan baru, bemper depan dan belakang juga baru, serta kaca spion elektrik untuk semua varian.

Pada sisi interiornya juga terlihat ada perbedaan di bagian jok, dasbor, serta pemakaian head unit layar sentuh yang menunya lebih lengkap.

Merek naungan grup Nissan ini sempat merasakan manisnya penjualan mobil keluarga murah, sampai akhirnya Astra International merilis project kembar terbaru mereka melalui Daihatsu Sigra dan Toyota Calya.

Saat pertama kali hadir, Datsun Go+ Panca ini cukup diterima masyarakat karena harganya yang murah meriah sementara punya desain dan kemampuan yang lumayan.

Penjualan Datsun secara wholesale (pabrik ke dealer) menurut data Gaikindo di tahun pertamanya mencapai 20.520 unit, dan menyentuh angka 29.358 unit sepanjang 2015.

Sementara itu rival terkuatnya, Daihatsu Sigra, juga penjualannya cukup laris walau tak setenar Toyota Calya.

Penjualan Datsun mulai menurun memasuki tahun ketiga di Indonesia.

Terbukti, angka penjualan sepanjang tahun 2016 hanya berada di angka 25.483 unit.

Disinyalir turunnya penjualan ini salah satu penyebabnya ialah karena kemunculan Calya dan Sigra. 

Apakah Go+ Panca ini begitu buruk sampai kurang laku?

Tidak juga kalau melihat harganya yang lebih murah dibandingkan harga Daihatsu Sigra kala itu.

Mungkin supaya adil, kita perlu mengulas kelemahan masing-masing model supaya bisa terlihat mana yang kualitasnya paling baik. 

Mari disimak kelemahan Datsun GO+ Panca dan Daihatsu Sigra berikut ini.

Baca juga: 5 Mobil Toyota Bekas Seharga LCGC Baru, Kijang Innova Diesel Selalu Jadi Favorit

Beragam Kelemahan Datsun Go Plus Panca

Penjualannya kini sudah dihentikan oleh pihak Nissan Indonesia

Pertama-tama kita bahas dulu dari kubu Datsun, sebab GO+ yang sempat jadi pelopor LCGC 7 seater, ternyata harus ambruk, bahkan dihentikan sama sekali penjualannya di Indonesia.

Lalu apa saja kelemahan Datsun GO+ Plus Panca?

1. Built Quality Dianggap Ringkih Jadi Kelemahan Datsun Go Plus Panca

Kalian yang pernah naik Datsun Go keluaran awal baik itu mengemudi atau jadi penumpang mungkin merasa kurang nyaman terutama saat mobil dipacu kecepatan tinggi.

Ada rasa gelodakan (bunyi-bunyi mengganggu) serta suara bising dari luar terdengar sampai kabin walaupun kaca tertutup rapat. 

Belum lagi mesin Datsun bergetar karena konfigurasi tiga silinder yang cukup terasa dalam keadaan idle.

Getarannya memang tidak terlalu kuat, namun cukup mengurangi kenyamanan.

Lantas pada saat menutup pintu, jika diberi sedikit tekanan berlebih, maka bakal muncul bunyi seperti dua logam yang bertubrukan.

2. Fitur Keselamatan Minim

Datsun GO pelopor LCGC yang pakai transmisi CVT

Kita boleh menyebut kalau Datsun Go Plus (Spesifikasi | Berita) ini adalah mobil basic karena minim fitur, bahkan hingga fitur keselamatannya.

Go Plus tidak memiliki fitur ABS, meskipun tetap ada Airbag pun cuma ada satu di sisi pengemudi saja. 

Fitur keselamatan tadi bahkan tidak dipunya Datsun GO+ CVT sebagai varian tertinggi.

Padahal Daihatsu Sigra sudah ada ABS dan dual SRS airbag dari varian X AT.

Patut disayangkan memang karena membuat Go Plus ini jadi dianggap mobil murahan.

Nilai plusnya, Datsun GO sampai saat ini menjadi pelopor mobil kelas LCGC yang hadir dalam varian transmisi otomatis CVT, disaat duet kembar Calya-Sigra belum menerapkan teknologi gearbox seperti itu.

3. Kursi Baris Ketiga Tanpa Headrest, Tidak Punya Air Circulator

Joknya juga kurang ergonomis

Datsun Go+ Panca sanggup menampung kapasitas 7-penumpang serupa Daihatsu Sigra.

Hanya saja untuk penumpang paling belakang atau baris ketiga, tidak memiliki head rest.

Sementara itu, head rest di baris kedua sudah fixed, sama sekali tidak bisa diatur.

Padahal fungsi head rest sangat penting dalam menunjang kenyamanan saat berkendara sekaligus bisa menahan beban leher pada saat terjadi benturan, dengan demikian cedera parah terhindarkan.

Tentu ini merupakan kekurangan yang membuat penggunanya jadi tidak percaya diri.

Terlebih, kompetitornya yaitu Daihatsu Sigra menghadirkan head rest dengan pengaturan ketinggian di bangku baris ketiga dan kedua. 

Kekurangan lain, GO Plus tidak menyediakan ventilasi AC untuk penumpang baris kedua sampai belakang.

Hanya mengandalkan kisi-kisi AC di konsol tengah yang membuat kesejukan kabin agak lebih lama menyebar ke seluruh baris bangku.

4. Mesin Kurang Bertenaga, Terasa Lemot di Varian CVT

Mesin 3 silindernya punya getaran yang cukup menganggu

Bila membandingkan soal jenis transmisi yang digunakan, maka Datsun Go Plus ini cukup maju karena telah memakai CVT dibanding Sigra.

Namun disayangkan karena tenaga mesinnya malah kalah dari Daihatsu Sigra yang pakai transmisi matic konvensional. 

Datsun GO+ CVT dibekali mesin berkapasitas 1.2L DOHC, tapi cuma mampu melontarkan torsi 104 Nm pada 4.400 rpm dan tenaga 68 PS pada 4.000 rpm ke roda depan. 

Performanya masih kalah dibanding mesin milik Daihatsu Sigra yang juga bermesin 1,2 liter DOHC, tapi 4-silinder.

Tenaga yang dihasilkan 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi hingga 108 Nm pada 4.200 rpm.

Kalah tenaga dan transmisi CVT yang kurang responsif membuat tarikan awal GO Plus terasa lemot, apalagi kalau penuh penumpang dan barang bawaan.

Andaikan sejak awal pakai mesin 4-silinder mungkin sensasi berkendaranya lebih nyaman.

Baca juga: Nih Ciri Mobil Bekas yang Sebaiknya Tidak Dibeli, Banyak Masalahnya!

Kelemahan Daihatsu Sigra yang Terungkap, Lebih Mending Dari Datsun Go Plus? 

Daihatsu Sigra facelift pertama

Daihatsu Sigra yang muncul dua tahun setelah Datsun GO+ Panca seolah menjadi penyempurnaan segala kelemahan.

Namun jangan salah, MPV LCGC besutan Daihatsu ini juga bukan tanpa kelemahan. 

Berdasarkan yang telah terungkap, kelemahan Daihatsu Sigra ini seolah tak separah Datsun Go Plus. Apa iya? 

1. Suspensi Amblas di Daihatsu Sigra, Juga Terjadi di Datsun Go Plus

Susensi belakang amblas saat diisi 7 penumpang

Kelemahan yang satu ini sudah seperti hal lumrah terjadi pada LCGC 7-seater.

Sebab, pada dasarnya komponen yang digunakan ini awalnya untuk mobil lima penumpang.

Alhasil, dengan bobot yang bertambah signifikan di bagian belakang maka membuat ambles. 

Daihatsu mengklaim sudah merevisi masalah ini, namun tetap saja ada keluhan serupa.

Solusi yang dilakukan oleh kalangan komunitas yaitu mengganti suspensi belakang dengan produk aftermarket. 

2. Material 'Ringkih' di Daihatsu Sigra

Interior Sigra kombinasi beige dan hitam

Dengan harga yang terjangkau, jangan terlalu berharap banyak untuk sistem peredaman mobil satu ini.

Ketika mengemudi, suara bising dari luar kabin masih sangat terdengar, rupanya masalah klasik ini juga muncul di Daihatsu Sigra. 

Penyebabnya karena material peredaman yang digunakan kurang memadai.

Bagian bodi mobil terasa cukup ringkih dengan plat yang cenderung tipis, dan terasa lebih berisiko penyok atau sobek ketika bergesekan dengan mobil lain.

Dampak material seperti ini pun bisa dirasakan ketika berada di dalam kabin.

Bahan plastik bila sudah cukup berumur kadang kendur dan menimbulkan suara bila lewat jalan yang kasar.

Kita jadi kurang nyaman akibat suara sambungan body yang kerap menimbulkan bebunyian yang mengganggu. 

3. Air Circulator Tak Begitu Optimal Mensirkulasikan Hawa Dingin

Bukan double blower tapi cuma kisi-kisi AC untuk penumpang belakang

Daihatsu sebagai produsen tak kehilangan akal untuk membuat air circulator, alih-alih AC double blower untuk penumpang baris kedua dan ketiga.

Alat ini sebenarnya adalah kipas exhaust yang menghisap hawa dingin di baris pertama yang kemudian mensirkulasikan ke kursi dibelakangnya.

Sayangnya, air circulator bertugas untuk mengalirkan angin saja, dampaknya membuat penumpang di baris kedua dan ketiga tidak kebagian suplai udara dingin.

Ketika kondisi di siang hari saat cuaca sedang panas-panasnya kerap menimbulkan kegerahan bagi penumpang dibaris kedua, terlebih di baris ketiga.

Hawa dingin tidak terasa sama sekali dan pengemudi terpaksa harus menyetel kipas AC di posisi 2 atau 3 supaya tidak terlalu gerah.

Perbandingan Spesifikasi Teknis
  Datsun GO+ Panca Daihatsu Sigra
Dimensi
Panjang 3.995 mm 4.110 mm
Lebar 1.635 mm 1.655 mm
Tinggi 1.490 mm 1.600 mm
Jarak sumbu roda 2.450 mm 2.525 mm
Jarak ke tanah 170 mm 180 mm
Kapasitas tangki BBM 35 liter 36 liter
Ukuran roda 155/70 R13 175/65 R14
Mesin
Tipe mesin HR12DE DOHC 12 valve 3NR-VE Dual VVT-i
Isi silinder 1.198 cc 1.197 cc
Jumlah silinder 3 4
Daya maksimum 68 PS @5.000 rpm 88 PS @6.000 rpm
Torsi maksimum 104 PS @4.000 rpm 108 Nm @4.200 rpm
Transmisi Manual 5-percepatan Manual 5-percepatan
  Otomatis CVT Otomatis 4-percepatan
Sistem penggerak roda Penggerak Roda Depan Penggerak Roda Depan
Sasis
Suspensi depan McPherson Strut with Coil Spring MacPherson Strut with Coil Spring
Suspensi belakang Torsion Beam Semi Independent Torsion Axle Beam
Rem depan Ventilated disc Ventilated disc
Rem belakang  Drum Drum

Baca juga: Mobil Listrik di Bawah Rp200 Juta Makin Banyak di Indonesia, LCGC Gak Menarik Lagi?

Kesimpulan

Membandingkan beberapa kelemahan Datsun GO+ dan Daihatsu Sigra tadi bisa kita ambil kesimpulan kalau ternyata Sigra masih lebih baik.

Harga Sigra yang lebih tinggi bisa mengkompensasi fitur-fitur yang tidak dimiliki oleh Datsun Go Plus.

Dalam facelift-nya di tahun 2019 pun, Datsun pun masih setengah hati dalam melengkapi fitur di LCGC 7-seater andalan mereka.

Hadirnya transmisi otomatis CVT dinilai tidak banyak memikat apabila besaran tenaganya tidak ikut bertambah.

Fitur keselamatan yang dimilikinya juga kurang mumpuni, dan fitur kenyamanan seperti head unit juga sederhana.

Konsumen pun dengan berat hati berpaling ke produk Astra yang lebih lengkap walaupun harganya lebih mahal.

Jaminan layanan purna jual dengan ketersediaan bengkel resmi sampai ke pelosok negeri, serta harga suku cadang yang terjangkau juga jadi alasan mengapa duet Calya-Sigra jadi lebih dominan dibanding Datsun GO.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Datsun GO Plus

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Datsun Go Plus Dengan Audio Kustom Mini Bar

Review Datsun GO PLUS 7-seat MPV - Harga, Interior, Fitur, Varian

New Daihatsu Sigra dapat mewujudkan Impian Keluarga Jadi Nyata

Beragam informasi seputar kelebihan dan kekurangan Daihatsu Gran Max facelift akan kami ulas secara tuntas dalam artikel kali ini. Gran Max facelift telah diluncurkan oleh Daihatsu secara resmi di Tanah Air pada Agustus 2022. Mobil niaga berjeniskan minibus dan pick up muatan ringan ini memperoleh update di beberapa bagian. Seperti diketahui mobl ini mendapat sejumlah improvement pada velg dan tampilan dashboard khususnya varian 1.5 yang terasa lebih ergonomis dan lebih modern. Selain itu pula G
VinFast, merek mobil listrik asal Vietnam telah masuk dalam jajaran 100 perusahaan paling berpengaruh di dunia tahun 2024. Gelar "Most Influential Companies" atau perusahaan paling berpengaruh diberikan majalah Times, yang telah merilis 100 perusahaan di awal Juni 2024. VinFast memang masih seumur jagung, karena perusahaan yang terletak di Hai Phong tersebut baru beroperasi selama lima tahun. Bahkan hanya dalam waktu setengah dekade sejak peresmian pabrik mobil listrik, VinFast secara bertahap t
Versi improvment Nissan Kicks e-Power sebenarnya sudah diluncurkan di Indonesia sejak Januari 2023, namun memang ubahannya tak terlalu signifikan. Sebagai SUV kompak bertenaga listrik, mobil ini menggunakan teknologi e-Power, yang mana untuk menggerakan mobil pengguna tidak perlu melakukan pengecasan. Sistem e-Power pada mobil ini berkerja secara 100% untuk menggerakan mobil yang digerakan melalui motor listrik. Sementara mesin bensin berkerja hanya untuk mengisi daya baterai, sehingga konsumsi
Mungkin cara pindah gigi mobil matic saat jalan adalah teknik berkendara dasar yang wajib kalian pahami terutama jika hendak mengendarai mobil dengan transmisi otomatis. Transmisi otomatis memang hadir sebagai solusi berkendara yang lebih praktis, khususnya di jalan perkotaan yang ramai dan padat. Sebab dengan sistem transmisi model ini, kalian tak perlu lagi mnginjak pedal kopling, dan mengubah-ubah posisi gigi transmisi sesuai dengan putaran mesin dan laju kendaraan. Semua proporsi kebutuhan i
Mitsubishi Pajero Sport 2025 kabarnya akan menjadi generasi terbaru ANPS (All New Pajero Sport) yang menggunakan platform dan mesin dari Triton 2024. Namun informasi yang beredar, Pajero Sport terbaru ini baru akan diperkenalkan satu setengah tahun kemudian setelah Triton, yang berarti momen ini akan terjadi pada pertengahan 2025. Nah meski masih jauh, tetapi media otomotif Australia, Drive, memuat gambar rekayasa digital yang kabarnya merupakan ilustrasi tampilan Mitsubishi Pajero Sport 2025. B

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 161,50 - 181,10 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
HAVAL

HAVAL H6

Rp 595,80 Juta

Lihat Mobil
TANK

TANK 500

Rp 1,20 Milyar

Lihat Mobil
Mendatang
Neta

Neta V II

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Kia

KIA EV9

Rp 1,99 Milyar

Lihat Mobil
MG

MG VS HEV

Rp 389,00 Juta

Lihat Mobil
Mitsubishi

Mitsubishi L100 EV

Rp 320,00 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Tiggo 5X 2024

Rp 269,00 - 299,00 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Vinfast

VinFast e34

Belum Tersedia

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Datsun GO Plus
Lihat