Daihatsu Espass Pernah Mampir ke China, Dijual Sama Wuling

Daihatsu Espass mungkin menjadi mobil yang begitu familiar bagi kalian dari kalangan generasi tahun 1990-an, karena populasi mobil ini juga tak kalah banyaknya dari Toyota Kijang kapsul.

Kalau kita intip sedikit mengenai sejarahnya, mobil yang punya nama lengkap Daihatsu Zebra Espass tersebut, pertama kali diperkenalkan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pada April 1995 dengan model minibus dan pick up kecil.

Sosoknya menggantikan Daihatsu Hijet, yang kemudian diposisikan untuk melawan Suzuki Carry maupun Mitsubishi T120 SS yang juga punya varian pick up serta minibus.

Awalnya mobil ini hadir dengan menggendong mesin bensin 1.300 cc dengan sistem suplai bahan bakar yang masih menggunakan perangkat karburator.

Zebra Espass buatan Daihatsu Indonesia

Tak lama berselang, hadir juga varian mesin 1.600 cc SOHC namun tetap masih pakai karburator yang memiliki tenaga lebih baik yaitu 89 PS.

Kemudian di tahun 2000, muncul versi facelift dari model ini yang diberi nama Neo Zebra, perubahannya termasuk aplikasi mesin baru 1.300 cc SOHC dan 1.500 cc SOHC tapi keduanya sudah menggunakan teknologi Electronic Fuel Injection (EFI).

Pemakaian mesin baru ini lantaran mesin 1.600 cc sebelumnya dikeluhkan oleh banyak pelanggan, mudah mengalami overheat.

Produksi Daihatsu Zebra terakhir terjadi di tahun 2007 dengan menawarkan beberapa varian seperti 1.3 ZL, 1.3 ZL Extra, 1.5 ZX, dan 1.5 ZSX.

Untuk Zebra tipe pick up kemudian digantikan posisinya dengan Daihatsu Gran Max pick up (PU), sementara Zebra Minibus tipe tertinggi dengan konfigurasi 7 tempat duduk kini berubah jadi Daihatsu Luxio (Spesifikasi | Berita).

Baca juga: Perbandingan Carry Futura vs Zebra Espass, Puncak Rivalitas Suzuki dan Daihatsu

Wuling Little Tornado minibus

Zebra Espass ternyata bukan cuma jadi legenda di Indonesia, sebab mobil dengan model yag sangat mirip juga ada di China, dan disana kendaraan tersebut menjadi satu dari beberapa mobil Wuling.

Selain Perodua Rusa di Malaysia, Daihatsu Espass juga sangat populer di China dengan nama Wuling Little Tornado.

Memiliki nama lain Wuling LZW6370, mobil yang terlihat mirip dengan Espass ini diproduksi mulai tahun 1998 hingga 2003 di pabriknya yang berlokasi di kota Liuzhou, provinsi Guangzi-Tiongkok sebelum menjadi SAIC-GW-Wuling seperti saat ini. 

Bila dibandingkan dengan Daihatsu Espass yang dijual di Indonesia, versi minibus Wuling Little Tornado hanya berbeda pada emblemnya saja dan tampilan reflektor lampunya.

Secara keseluruhan mulai dari bentuk lampu, pintu sliding door baris kedua dan tampilan dashboard terlihat sama dengan Zebra Espass.

Hanya saja di China, Little Tornado menggunakan setir kiri. Begitupun varian pick up nya, mobil ini memiliki kesamaan bentuk di bak dan lampu belakang.

Jika Daihatsu Espass untuk pasar Tanah Air ditawarkan varian pick up dan minibus, di China Wuling Little Tornado hadir dalam tiga model, yakni pick up, minibus dan d-cab.

Wuling Little Tornado pick up

Pada varian D-cab, pintu baris keduanya tidak menggunakan sliding door melainkan bukaan ke samping. Tidak seperti versi pick up yang juga sangat identik dengan Daihatsu Espass di Indonesia, untuk buritannya model d-cab memiliki bentuk yang berbeda.

Seperti yang terlihat stoplamp dibuat vertikal, dan bumpernya Little Tornado d-cab mendapatkan tambahan lampu mundur di sebelah kanan dan lampu berhenti di bagian kiri.

Baca juga: Fakta Daihatsu Zebra Espass, Mobil Bersosok Futuristik Pada Jamannya, Mirip Hyundai Staria

Wuling Little Tornado Andalkan Mesin Daihatsu Espass Generasi Pertama

Dibagian depannya tersemat logo Wuling

Tak hanya model minibus, versi pick up dan d-cab Wuling Little Tornado dibekali mesin bensin HC-C 1.300 cc yang juga sama persis dipakai Daihatsu Espass keluaran awal.

Jantung pacu 4 silinder segaris 16 katup SOHC tersebut sanggup memeras tenaga 76 PS di 5.600 rpm dengan torsi puncak 112 Nm pada putaran 4.300 rpm.

Sanggup dipacu hingga 125 km/jam, mesin yang dibenamkan pada Wuling Little Tornado dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan.

Sekarang kita bandingkan dengan spesifikasi mesin dari Zebra Espass. Untuk varian 1.3 karburator diproduksi antara tahun 1994 hingga 2004.

Mesinnya juga berkode HC-C 1.298 cc 4 silinder 16 valve karburator berpendingin air. Mesin tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga puncak 76 PS di 5.600 rpm dengan torsi maksimum 114 Nm di 3.800 rpm.

Kemudian ada juga varian yang pakai mesin 1.6L yang diproduksi antara tahun 1994 hingga 2002. Kode mesinnya HD-C 1.598 cc 4 silinder 16 valve SOHC yang bisa memproduksi daya puncak 88 PS pada 5.600 rpm dengan torsi 140 Nm di 3.200 rpm.

Tampilan Zebra Espass buatan Indonesia

Pada model facelift yang diproduksi antara tahun 2004 sampai 2007, ada yang menggunakan mesin 1.3 EFI 4 silinder 16 valve SOHC dengan kapasitas 1.298 cc.

Mesin yang sudah memakai sistem Electronic Fuel Injection tersebut diklaim bisa memproduksi daya puncak 79 PS pada 6.000 rpm dengan torsi maksimum 118 Nm di 4.200 rpm.

Lantas ada juga mesin 1.5 EFI untuk tahun produksi yang serupa, dengan konfigurasi 4 silinder 16 valve SOHC berpendingin air.

Mesin bensin berkapasitas 1.495 cc tersebut juga diklaim bisa menghasilkan daya puncak 89 PS pada 6.000 rpm dengan torsi maksimum sebesar 130 Nm di 3.800 rpm.

Sebagai informasi, semua varian Zebra Espass di Indonesia menggunakan sistem transmisi manual 5-percepatan, kemudian suspensi depannya pakai MacPherson strut dengan double-action shock absorbers sedangkan di suspensi belakang pakai model Rigid axle dengan semi-elliptic leaf springs and double-action shock absorbers.

Spesifikasi Daihatsu Zebra Espass Indonesia
Tahun produksi 1994-2004 2004-2007
Dimensi
Panjang 3.845 mm
Lebar 1.560 mm
Tinggi 1.860 mm
Jarak sumbu roda 2.650 mm
Ukuran roda 175/70 R13
Mesin  
  1.3L 1.6L 1.3L 1.5L 1.6L (Limited)
Tipe mesin HC-C SOHC Karburator HD-C SOHC Karburator SOHC EFI SOHC EFI SOHC EFI
Kapasitas silinder 1.298 cc 1.598 cc 1.298 cc 1.495 cc 1.598 cc
Jumlah silinder 4 4 4 4 4
Daya maksimum 76 PS @5.600 rpm 88 PS @5.600 rpm 82 PS @6.000 rpm 89 PS @6.000 rpm 96 PS @6.000rpm
Torsi maksimum 114 Nm @3.800 rpm 140 Nm @3.200 rpm 114 Nm @4.500rpm 130 Nm @3.800 rpm 138 Nm @4.200rpm
Transmisi Manual 5-percepatan
Sasis
Suspensi depan MacPherson strut with double-action shock absorbers
Suspensi belakang Rigid axle with semi-elliptic leaf springs and double-action shock absorbers
Rem depan Disc
Rem belakang Drum

Konfigurasi transmisi dan sistem suspensi ini juga mirip yang diaplikasikan pada kembarannya di China.

Jadi, apakah "Tornado Kecil" buatan Wuling ini meniru apa yang dilakukan Daihatsu Indonesia atau malah sebaliknya.

Nah biar dikira Little Tornado impor dari Tiongkok, bisa tuh logo Daihatsu di Espass kalian diganti dengan logo lima berlian ala Wuling.

Baca juga: 5 Mobil Bekas Rp40 Jutaan, Bisa Dapat Daihatsu Espass hingga Kia Carens

Ikuti media sosial kita:
Enda

Senior Writer

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Daihatsu Gran Max PU

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Mercedes-Benz Axor di Indonesia banyak digunakan sebagai armada truk Gudang Garam. Ini karena di sektor kendaraan niaga, Axor menawarkan berbagai kenyamanan berkendara khas kendaraan Eropa. Tak heran apabila truk ini juga sering dugunakan oleh perusahaan besar di sektor pertambangan maupun logistik. Selain truk jenis Medium, Axor juga ditawarkan model Head Tractor dengan single gardan maupun double gardan. Adapun enam model truk medium Axor yang dijual saat ini adalah MB Axor 1626 R /5100 M-CAB
Mengemudi saat curah hujan tinggi disertai angin memang sangat membahayakan, terlebih dalam beberapa hari terakhir cuaca buruk melanda wilayah sejumlah kota di Indonesia. Tentu saja jika kondisi cuaca seperti di atas, sebaiknya hentikan berbagai aktivitas di luar ruangan termasuk mengemudi. Pasalnya, Pemerhati Transportasi dan Hukum Budiyanto menyatakan, curah hujan tinggi disertai angin kencang bisa sangat membahayakan, seperti berdampak pada pohon tumbang dan genangan air, bahkan bisa banjir B
Informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Honda CR-V gen 4 berikut bisa menjadi acuan bagi kalian yang sedang menginginkan mobil ini dalam kondisi unit bekasnya. Generasi keempat Honda CR-V dengan kode bodi RM pertama kali diluncurkan di Indonesia pada September 2012. Dijual hingga 2017, untuk versi faceliftnya mobil ini diluncurkan pada Januari 2015. Mobil jenis Medium SUV ini untuk kondisi bekasnya kini cukup ramai diminati. Lantaran selain tampilannya yang gagah sekaligus mewah, harga bekas
Mengetahui pajak Toyota Raize per tahun adalah hal yang perlu kalian ketahui ketika memiliki atau sebelum membeli mobil ini. Ya, mencermati berapa nilai pajak suatu kendaraan merupakan hal yang semestinya diketahui lebih dulu oleh calon konsumen, mengingat pajak atas kendaraan yang satu bisa berbeda dengan kendaraan lainnya meski merek dan tipenya serupa. Berdasarkan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Agkutan Jalan (LLAJ), pada Pasal 105 ayat (5) tertulis jika setiap kenda
Mitsubishi Xpander hadir di Indonesia dengan menawarkan sejumlah kelebihan dan kekurangan yang tidak dimiliki rival-rivalnya. Kehadiran Mitsubishi Xpander di kelas LMPV memang cukup menjadi fenomenal. Bagaimana tidak, mobil tujuh penumpang ini langsung ada di jajaran 5 besar mobil terlaris di Indonesia, bahkan sebagai model baru, ia bisa bersaing kuat dengan duo MPV legendaris dari Astra, Toyota Avanza dan juga Daihatsu Xenia. Tapi tentunya dibalik semua kesuksesan itu, tetap ada kelebihan dan k

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 170,20 - 190,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Geely

Geely RD6

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Citroen

Citroen E-C3

Rp 377,00 - 387,00 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Jetour

Jetour X70

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Jaecoo

Jaecoo J8

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Jaecoo

Jaecoo J7

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Jaecoo

Jaecoo J6

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Neta

Neta U

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
BAIC

BAIC BJ-40 Plus

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
GAC

GAC Aion Y

Rp 415,00 - 475,00 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Zeekr

Zeekr 009

Belum Tersedia

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Daihatsu Gran Max PU
Lihat