Mobil Eropa Jarang Pakai Fitur Talang Air, Kenapa Alasannya?

Talang air mobil, atau dikenal pula sebagai door visor, ternyata bukan sekadar aksesoris yang mempercantik tampilan mobil.

Talang air umumnya ada di bagian atas jendela yang kemudian direkatkan pada bracket yang ada di atas pintu mobil atau menggunakan double tape khusus otomotif biar kuat digunakan di luar ruangan terkena panas dan hujan.

Namun demikian, sadarkah kalian kalau di mobil keluaran merek Eropa ternyata malah jarang memakai talang air?

Mengapa demikian? Apakah ini bukti kalau talang air hanya sebatas aksesoris untuk kendaraan roda empat atau lebih yang fungsinya tidak begitu vital untuk kendaraan?

Guna menjawab semua itu, mari kita bahas lebih dalam di artikel ini.

Baca juga: 5 Merk Mobil Eropa dan Amerika yang Pernah Ada di Indonesia Tapi Kemudian Menghilang

Mengenal Fungsi Talang Air Mobil

Posisinya ada di bagian atas luar kaca jendela

Sebelum kita membahas mengenai alasan mengapa mobil-mobil Eropa banyak yang tidak dilengkapi door visor, alangkah lebih baik kita jabarkan dulu apa fungsi dari komponen berbahan plastik ringan ini.

Tentunya fungsi utama dari adanya talang air pada kendaraan bermotor khususnya mobil yaitu untuk mencegah air hujan masuk ke dalam kabin.

Tapi jika dikutip dari laman resmi Hyundai Indonesia gar lebih jelas, berikut ini beberapa fungsi talang air pada mobil:

1. Talang Air Mobil Melindungi Pengemudi dan Penumpang

Air hujan akan mengalir ke door visor

Ketika musim hujan tiba atau saat hujan turun, tentu menggunakan mobil merupakan alternatif yang tepat saat akan bepergian.

Alasan tersebut karena dengan menggunakan mobil, kalian tidak akan terkena air hujan yang membuat tubuh jadi basah dan menyebabkan beberapa kerugian lainnya.

Walau begitu, ada saatnya kalian perlu membuka kaca mobil meski kondisinya sedang turun hujan, seperti ketika ingin mengulurkan tangan saat membayar parkir atau hendak masuk tol.

Dengan adanya talang pada kaca mobil kalian, maka air hujan tidak akan langsung jatuh ke dalam mobil melainkan mengalir pada talang air.

Jika kalian perhatikan, talang air yang merekat di bagian atas pintu mobil memiliki desain sedemikian rupa yaitu melengkung.

Hal tersebut bertujuan agar air yang jatuh mengalir langsung ke bagian depan mobil dan tidak jatuh langsung ke bawah.

Dari desain seperti ini, maka penumpang dan pengemudi yang mungkin ingin membuka jendela saat hujan tidak akan terkena air hujan secara langsung.

2. Melindungi Komponen pada Kabin Mobil

Kaca bisa sedikit dibuka jika dibutuhkan

Seperti yang kalian ketahui bahwa komponen yang ada pada bagian kabin mobil biasanya sangat rentan terhadap air.

Hal tersebut terjadi karena komponen pada kabin mobil kebanyakan perangkat elektronik atau bahan yang mudah bereaksi terhadap air, misalnya power window yang terdapat tepat di sisi pintu mobil atau bahkan kabel-kabel dan sekring yang lokasinya ada di dekat setir pengemudi.

Ketika mobil tidak memiliki talang air, maka otomatis saat kalian membuka jendela mobil, air hujan akan langsung masuk ke dalam kabin meskipun kondisi jendela hanya terbuka sedikit saja.

Hal tersebut tentunya jika terus dibiarkan akan merusak komponen pada kabin mobil akibat terkena aliran air dari luar.

Maka dari itu, talang air pada kendaraan sangat berfungsi untuk melindungi komponen-komponen elektronik pada kabin mobil dari air hujan.

Dengan adanya talang air, maka komponen di dalam mobil akan lebih awet dan tidak mudah rusak.

Baca juga: Kembali Ngetren, Ini Kelebihan dan Kekurangan Mobil Eropa Lawas Mercy Boxer Atau Volvo 960

3. Mengurangi Embun

Ketika kaca mobil berembun, maka bisa sedikit membuka jendela

Selain dapat mencegah air hujan masuk ke dalam mobil, talang air juga berfungsi untuk mengurangi embun pada kaca kendaraan kalian yang mungkin timbul khususnya ketika hujan deras.

Ketika hujan turun ataupun saat pagi hari, embun akan menempel pada kaca mobil yang bisa mengganggu jarak pandang penglihatan saat mengemudi.

Namun dengan adanya talang air atau door visor, maka embun pada kaca mobil tidak akan langsung menempel pada kaca mobil, sehingga embun akan berkurang dan membuat kaca mobil lebih jernih sehingga tidak mengganggu penglihatan saat berkendara.

Selain itu, dengan keberadaan komponen tambahan tersebut, kalian juga bisa sedikit membuka kaca jendela, misalnya hanya dengan lebar 1-3 cm, untuk mengurangi efek embun di kaca depan maupun belakang.

4. Meredam Suara dari Luar Mobil

Kabin bisa sedikit lebih senyap

Mungkin masih jarang pengemudi yang mengetahui salah satu fungsi door visor yang satu ini.

Ternyata, selain untuk mencegah air masuk ke dalam mobil, talang air juga dapat meredam kebisingan dari luar mobil.

Door visor ini dirancang untuk mengarahkan aliran udara, sehingga ketika mobil bergerak maka udara tidak langsung masuk ke kabin mobil melainkan dialirkan oleh talang air tersebut.

Dengan adanya talang air pada pintu mobil bagian luar ini tentunya akan membuat perjalanan lebih nyaman karena suara bising dari luar bisa sedikit diredam walau tidak sepenuhnya kabin berubah jadi senyap.

Baca juga: Masih Layak Dipinang, Ini Mobil Ford Pilihan Yang Masih Wara-Wiri di Indonesia

Cara Kerja Door Visor

Bukan hanya sekedar aksesoris tambahan

Cara kerja talang air pada kendaraan sendiri cukup sederhana.

Talang air dipasang pada bracket yang terletak di bagian atas pintu mobil, kemudian komponen yang umumnya berwarna hitam atau bening tersebut direkatkan dengan menghadap ke bawah sehingga air yang jatuh akan terhalang oleh talang air.

Talang air dipasang menghadap ke bawah dan mengikuti lengkungan pintu mobil yang berguna untuk mengalirkan air dari atas ke bawah dan dialirkan menuju ke bagian depan mobil.

Hal itu tentu akan sangat mengurangi bahkan mencegah air masuk ke dalam kabin mobil.

Talang air cukup berguna bagi mobil kalian, terutama pada musim hujan.

Aksesoris ini dapat mencegah air hujan masuk ke dalam kabin untuk sementara waktu ketika kita buka sedikit jendela.

Adanya talang diharapkan menghalau air hujan masuk ke kabin, yang dapat merusak saklar power window maupun tombol-tombol di pintu.

Mobil Eropa Tak Pakai Talang Air

Bila kita perhatikan, talang air ini jadi hal yang lumrah kita temukan di mobil keluaran merek Jepang atau Korea.

Mulai dari mobil murah sampai dengan mobil mewah yang harganya miliaran rupiah, tak luput mendapat aksesoris ini.

Di sisi lain, mobil baru keluaran merek Eropa seperti BMW atau Mercedes-Benz malah terlihat tidak pernah memakai atau mendapat bonus talang air sehingga pintu tampil clean. 

Lantas, apakah fungsi talang di jendela ini jadi efektif atau tidak? Tergantung kebutuhan dan ide rancangan dari masing-masing pabrikan.

Awalnya, talang air jaman dulu fungsinya pada mobil-mobil yang tidak memiliki AC supaya jendela bisa dibuka waktu hujan.

Jadi supaya tidak ada embun, maka jendela perlu sedikit dibuka agar ada sirkulasi udara masuk ke dalam.

Bila kalian berpikir talang air akan melindungi interior saat buka jendela dari tampias air hujan, entah untuk bayar tol atau parkir, sebenarnya argumen ini kurang valid.

Alasannya, kita cuma beberapa detik waktu bayar parkir atau tol, dan kebanyakan loketnya sudah memiliki atap.

Bila kita analisa, switch power window bisa basah waktu kita buka pintu untuk masuk ke dalam mobil kala turun hujan.

Berkendara dengan kaca sedikit terbuka kalau tidak terdapat AC sangat membantu penglihatan Anda karena embun pada kaca depan dapat mengganggu jarak pandang.

Sementara itu, mobil-mobil Eropa lawas kebanyakan sudah memakai AC, jadi tidak ada pemilik mobil Eropa yang perlu membuka sedikit jendela agar kaca tidak berembun. 

"Iya, talang air jaman dulu fungsinya pada mobil-mobil yang tidak memiliki AC supaya jendela bisa dibuka waktu hujan. Dan mobil-mobil Eropa kebanyakan sudah memakai AC, jadi tidak ada pemilik mobil Eropa yang kepikiran untuk menggunakan talang air pada mobilnya," tulis Federico Timothy, penghobi mobil BMW dan Mercedes-Benz di forum Quora.

Tak cuma itu, umumnya mobil Eropa yang hadir di Indonesia berwujud sedan.

Artinya mobil tersebut memiliki potensi performa yang cukup ganas dan bisa dipacu dengan kecepatan tinggi dengan mudah.

Adanya talang di jendela malah membuat aerodinamika mobil terhambat dan perekatnya pun rentan copot.

"Faktor berikutnya yaitu mobil-mobil Eropa bisa dipacu sampai 200km/jam dengan mudah. Talang air tidak didesain untuk menahan angin pada kecepatan mobil yang tinggi," sebut Federico dalam forum tersebut.

Saat ini fungsi talang air sudah berpindah ke faktor keamanan, supaya kalian bisa sedikit membuka kaca di terik matahari tanpa terlihat jelas dari luar bahwa jendela tersebut dalam posisi terbuka.

Lebih lanjut, talang ini berguna saat kita kondisi stop/parkir dalam keadaan mobil hidup dan AC nyala.

Kaca perlu sedikit diturunkan sebatas talang, supaya tidak keracunan gas CO saat kita tertidur.

Jadi, masih berfungsikah talang air mobil saat ini?

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda Brio

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Oli Mobil Super 1 All in One Protection diklaim cocok untuk semua jenis mobil, termasuk juga kendaraan jenis LCGC (low cost green car). Kandungan pelumas di dalamnya bahkan mampu melindungi mesin hingga puluhan tahun. Oli Mobil Super 1 sendiri menjadi line up terbaru yang dirilis PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI). Diluncurkan oleh pihak produsen sebagai jawaban atas tantangan atas kebutuhan pengguna kendaraan roda empat. "Mobil Lubricants memahami tantangan yang dihadapi pengendara di ja
Merek oli Mobil Lubricants (Mobil 1) merayakan kehadirannya ke-50 tahun dengan memperkenalkan produk terbarunya yaitu Mobil Super All in One Protection. Produk pelumas dari PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) itu diklaim merupakan jenis full synthetic yang sudah menggunakan teknologi Heat Activated Anti-Wear Molecule sehingga mampu mendinginkan mesin panas, agar semakin terawat dan terlindungi. Menurut Market Development General Manager of PT EMLI Rommy Averdy Saat, Mobil Lubricants mem
Selain meresmikan pembukaan bengkel khusus mobil hybrid dan listrik pertama di Indonesia, di hari yang bersamaan Dokter Mobil (DOMO) juga melakukan pendatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Bateriku.com, yang secara bisnis nantinya memberikan pelayanan aki mobil 24 jam, Rabu (30/5). Penandatanganan MoU sendiri bagian dari langkah strategis kedua perusahaan, untuk memperkuat ekosistem otomotif dari Dokter Mobil yang komprehensif di Indonesia, serta memperluas jaringan dan layanan Bat
Sejumlah perbedaan New Kia Carnival 2024 Premiere dengan Dynamic akan kami bahas pada ulasan kali ini. PT Kreta Indo Artha (KIA) telah resmi meluncurkan model facelift dari Kia Grand Carnival. New Carnival 2024 untuk pasar Tanah Air ditawarkan dalam tiga varian, yakni; Premiere 7 seater yang dibandrol Rp1.155.000.000, Premiere 11 seater Rp998.000.000 dan Dynamic 11 seater Rp960.000.000 on the road Jakarta. Selisih harga baru mencapai Rp38 juta, berikut adalah perbedaan New Carnival 2024 Premiere
Kalau membahas mengenai apa mobil listrik terlaris di Indonesia, rasanya yang paling banyak terlihat di jalan raya adalah Wuling Air ev, tapi benarkah demikian? Beberapa waktu lalu Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) merilis hasil wholesales (pengiriman dari pabrik ke dealer) untuk sejumlah mobil baru di Tanah Air. Catatan penjualan ini tentu bukan hanya untuk mobil bermesin bakar internal (ICE), namun juga kendaraan elektrifikasi yang sudah dipasarkan di dalam negeri, baik

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 161,50 - 181,10 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
HAVAL

HAVAL H6

Rp 595,80 Juta

Lihat Mobil
TANK

TANK 500

Rp 1,20 Milyar

Lihat Mobil
Mendatang
Neta

Neta V II

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Kia

KIA EV9

Rp 1,99 Milyar

Lihat Mobil
MG

MG VS HEV

Rp 389,00 Juta

Lihat Mobil
Mitsubishi

Mitsubishi L100 EV

Rp 320,00 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Tiggo 5X 2024

Rp 269,00 - 299,00 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Vinfast

VinFast e34

Belum Tersedia

Lihat Mobil