Setelah diperkenalkan secara global satu bulan lalu, All New Toyota Agya (Spesifikasi | Berita) GR Sport 2023 akhirnya meluncur secara resmi di ajang GAIKINDO Jakarta Auto Week 2023 akhir pekan (10/3) lalu. Kami pun mendapatkan kesempatan untuk menjajalnya di kawasan Senayan, Jakarta pada Kamis (16/3) lalu untuk mengetahui kesan pertamanya.
Secara desain, perubahan terjadi pada dimensinya yang sekarang lebih besar dari Agya generasi pertama, termasuk wheelbase yang lebih panjang. Hal ini memberikan dampak lebih baik di dalam kabin terutama dari keleluasaan yang disuguhkan. Bahkan dengan wheelbase yang lebih panjang, tak hanya ruang kaki yang terasa lebih luas, tapi kapasitas bagasi juga lebih lega.
Desain Agya secara umum juga tampil lebih sporty, terutama pada varian GR Sport yang memang mendapatkan balutan bodykit khas GR Series. Secara subjektif, tambahan balutan bodykit ini membuat tampilan Agya menurut pendapat saya jadi jauh lebih dewasa, dan memiliki potensi menarik perhatian konsumen dari rival terberatnya, Honda Brio RS.
Baca juga: Beda Cuma Rp 1 juta, Pilih Toyota Agya GR Sport Atau Raize yang Bermesin Turbo?
Ada yang menarik ketika kita masuk ke dalam kabin Agya GR Sport, terutama dari sepasang kursi depannya yang tampak sangat sporty. Balutan kain lembut layaknya beludru tampil berbeda dengan balutan material fabric biasa yang menempel pada kursi belakangnya. Bentuk kursi yang sporty dengan pendukung sisi badan yang cukup tebal menjadikannya sangat baik menyangga tubuh. Logo GR di sandaran kursi menegaskannya sebagai varian paling tinggi.
Dashboard pada Agya mengingatkan kami pada Sang Kakak, Toyota Raize. Bentuk ventilasi AC dan tuas transmisinya sangat mirip dengan kompak SUV unggulan Toyota tersebut. Panel instrumen pada varian Agya GR Sport telah menggunakan panel digital, meski tak sevariatif milik Raize.
Untuk sistem infotainment, GR Sport mendapatkan head unit 8 inci dengan layar sentuh yang mampu dikoneksikan dengan ponsel pintar melalui Mirrorlink. Varian ini juga telah mendapatkan kamera mundur serta wireless charging pada konsol tengahnya.
Meski begitu, selain dari kursi depan yang istimewa, plus lingkar kemudi berbalut kulit dengan detail jahitan merah yang keren, ada catatan pada kualitas plastik yang digunakan di dalam kabin. Plastik keras yang digunakan pada dashboard dan trim pintu Agya tampak murah, tampak kurang merepresentasikan banderol harga Rp256 juta yang ditawarkannya.
Baca juga: Harga Sama, Mending Toyota Avanza G 1.5 MT Apa Tetap Pilih Agya GR Sport CVT 2023?
Mengusung mesin baru WA-VE, 3-silinder 1,2 liter, Toyota Agya menyuguhkan respon mesin yang lebih agresif dibandingkan generasi sebelumnya. Mesin ini mampu menyuguhkan tenaga puncak 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak hingga 108 Nm pada 4.500 rpm, dan karakter mesin 3-silindernya memberikan respon akselerasi yang spontan. Sayangnya, karakter getaran mesin khas 3-silinder yang kuat juga disuguhkan oleh mobil ini, dan dapat dirasakan sejak mesin dinyalakan.
Keasyikan berkendara juga disuguhkan oleh transmisi D-CVT yang digunakan pada Agya. Kombinasi sabuk ala CVT dengan split gear membuat akselerasinya terasa lebih halus. Apalagi dengan adanya fitur paddle shift, menjadikan perpindahan transmisi pada mode manual lebih asyik dilakukan, terutama pada rute perjalanan yang tepat.
Perbedaan juga dapat dirasakan pada pengendaliannya yang kini semakin kuat, terutama berkat perubahan setting suspensi yang diklaim berbeda pada varian Agya GR Sport ini. Spring rate dan shock absorber yang dibuat lebih kuat menjadikan karakter suspensi Agya GR Sport terasa lebih keras dibandingkan varian Agya G yang berada di ranah LCGC.
Hasilnya, soal pengendalian, varian GR Sport lebih pede untuk diajak bermanuver kuat. Sementara untuk kenyamanan, Agya varian LCGC memberikan pengendaraan lebih nyaman untuk sehari-hari. Perbedaan ukuran velg dan ban yang digunakan juga tampaknya sedikit berpengaruh pada kenyamanan, dimana Agya GR Sport menggunakan velg 15 inci dengan balutan ban 185/55 R15, sementara Agya G menggunakan velg 14 inci dengan balutan ban 175/65 R14.
Baca juga: Harga Lebih Murah, Honda Brio RS Urbanite Edition Apakah Menang Banyak Dari Toyota Agya GR Sport?
Dengan semua perubahan yang dimiliki, apakah Toyota Agya GR Sport layak dipertimbangkan sebagai penantang Honda Brio RS di pasar city car non LCGC? Jika dibandingkan dengan Toyota Agya generasi pertama, Agya terbaru ini jelas menyuguhkan pembaharuan yang signifikan.
Desain lebih segar dan sporty, ruang kabin lebih lapang, performa mesin yang lebih baik serta fitur yang semakin berlimpah, Toyota Agya GR Sport 2023 jelas menggoda untuk dimiliki. Sayangnya, banderol harga yang mencapai Rp256 Juta terlalu beresiko menjadi pertimbangan berat calon konsumen.
Harga ini lebih mahal Rp12,1 juta dibandingkan Honda Brio RS CVT Urbanite Edition yang termahal (Rp243,9 Juta). Bahkan masih lebih mahal jika dibandingkan dengan model SUV satu merek, Toyota Raize 1.2 G CVT yang berbanderol Rp247,9 Juta.
Meski begitu, Toyota tampaknya percaya diri dengan mobil barunya ini. Apalagi dengan berbagai fitur terbaru yang memang tidak dimiliki oleh rival terkuatnya di Tanah Air, serta jaminan citra merek Toyota serta layanan purna jual yang telah lama menjadi keunggulan pabrikan berlogo tiga-elips ini. Namun sesuai dengan fitrahnya sebagai sebuah LCGC, maka varian Toyota Agya G non GR Sport tampaknya masih menjadi pilihan yang paling masuk akal.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2020 Honda BRIO RS 1.2
18.587 km
3 tahun
Jakarta
2022 Honda BRIO SATYA E 1.2
5.503 km
0,5 tahun
Jawa Barat
2020 Honda BRIO SATYA E 1.2
16.096 km
3,5 tahun
Jawa Barat
2021 Honda BRIO RS 1.2
17.289 km
2,5 tahun
Banten
2020 Honda BRIO RS 1.2
3.226 km
3,5 tahun
Banten