Puasa telah memasuki hari kelima, dimana orang-orang sudah mulai berburu mobil untuk mudik Lebaran nanti. Dari sekian banyak model, segmen SUV dan crossover dinilai cukup ideal untuk kendaraan ke kampung halaman. Pilihan SUV bekas dengan harga di bawah Rp150 juta pun cukup menarik sebagai bahan pertimbangan.
Di harga segitu kita bisa mendapat unit yang usianya belum terlalu tua. Dengan begini, mobil bekas yang akan kita incar performanya masih relatif oke untuk perjalanan jarak jauh. Selain itu, penampilannya tidak usang bila dipakai plesiran dan dipamerkan ke sanak saudara.
Baca juga:
Harga Suzuki Grand Vitara Bekas Dibawah 100 juta, Lebih Menarik Daripada Nissan X-trail T30?
5 Fakta Menarik Ford Escape Bekas, SUV 5-Seater dengan Standar Terbaik Amerika
Kenapa Nissan X-Trail T30 Lebih Layak Dipilih Daripada X-Trail T31?
Kemampuan sebagai SUV pun bisa diandalkan apabila kita akan piknik ke lokasi wisata yang tempatnya agak terpencil. Ground Clearance tinggi dan mesin dengan tenaga oke membuat kita bisa dengan mudah melewati medan gravel khas jalan pedesaan. SUV modern pun relatif lebih nyaman untuk perjalanan keluarga.
Apa saja opsi menarik SUV dan crossover yang bisa kalian pilih di rentang harga segitu? Berikut ini ulasannya.
Toyota Rush pertama kali diperkenalkan di Tanah Air pada akhir 2006, dan hadir sebagai SUV dengan penampilan lebih sporty. Untuk Toyota Rush konde keluaran 2013, harga termahalnya di kisaran Rp140 jutaan. Perlu kalian ketahui, layout interior Toyota Rush cukup berbeda dengan Daihatsu Terios.
Secara konfigurasi, Toyota Rush Konde atau generasi pertama ini hanya memiliki konfigurasi 5-seater. Lebih lanjut, Toyota Rush Konde ini mendapatkan fitur unggulan berupa lampu utama dengan projector headlamp yang mampu memberikan cahaya maksimal dan fokus ketika berkendara di malam hari.
Masuk ke interior, SUV andalan Toyota ini telah memiliki AC double blower, head unit 2-Din yang mendukung format CD, DVD, MP3, AUX, serta support USB. Kemudian untuk fitur keselamatan di mobil ini dibekali pengereman ABS dan Dual Airbags.
Secara spesifikasi, Toyota Rush menggunakan suspensi berjeniskan Macpherson Strut dengan Coil Spring & Stabilizer di roda depan, serta 4 link dengan coil spring & lateral rod pada roda belakang. Sementara untuk mesinnya, berkapasitas 1.500 cc 3SZ-VE DOHC VVT-I. Mesin itu mampu menghasilkan tenaga 109 PS @6.000 rpm dan torsi maksimal mencapai 145 Nm @4.400 rpm.
Salah satu model yang tak lekang waktu ialah Honda CR-V yaitu dengan kode sasis RE1 dan RE3 atau yang kita kenal sebagai CR-V kura-kura. Sebutan kura-kura ini muncul karena desain jendela baris ketiga yang bulat mengerucut ke belakang. Desain atapnya pun agak cembung sehingga mirip sebagai cangkang kura-kura.
Honda pun melakukan banyak improvement pada CR-V generasi ketiga, dimana posisi ban serepnya sudah tidak lagi tergantung di pintu belakang seperti konde. Penyimpanannya dibuat tersembunyi agar tampil rapi. Bicara soal handling atau pengendalian, CR-V generasi ketiga ini sebagai sebuah SUV bekas patut diacungi jempol.
CR-V generasi ini mengubah titik berat yang lebih rendah 35 mm dari pendahulunya. Kemudian, ada penambah jarak roda depan 30 mm dan belakang 20 mm yang kian meningkatkan stabilitas. Bantingan suspensi CR-V kura-kura terasa lebih halus, dimana Honda mengklaim bahwa set suspensi ini memang dibuat untuk mengakomodasi lima penumpang dengan nyaman.
Honda CR-V Gen 3 ini diproduksi antara 2007 sampai 2012. Generasi ini menawarkan dua jenis pilihan mesin yakni mesin berkapasitas 2.0L dan 2.4L dengan teknologi i-VTEC. Mesin R20A i-VTEC SOHC menghasilkan tenaga 150 PS/6000 rpm dan torsi 197 Nm/4200 rpm. Pilihan transmisi untuk tipe ini memakai 6-speed M/T dan 5-speed A/T.
Bila suka bepergian keluar kota, entah untuk urusan pekerjaan atau berlibur, pilihan yang ideal yaitu CR-V 2.4L yang dibekali mesin K24Z i-VTEC DOHC. Tenaganya sedikit lebih besar yaitu 170 PS/5800 rpm dengan torsi 231 Nm/4200 rpm. Untuk tipe ini, hanya tersedia pilihan transmisi otomatis saja.
Desain yang gagah dan maskulin berpadu dengan karakter mobil yang nyaman membuat X-Trail T31 ini dipercaya menjadi kendaraan dinas pejabat negara, baik itu instansi sipil, kepolisian, hingga militer. Hingga kini, kita masih bisa menemukan Nissan X-Trail T31 dengan plat dinas.
Bicara soal kenyamanan, Nissan X-Trail T31 memakai suspensi MacPherson Strut dengan Stabilizer bar dibagian depan. Lalu di bagian belakang ada suspensi Multi-Link Stabilizer Bar.
Nissan X-Trail T31 dibekali mesin bensin deng kapasitas 2.5 liter. Dengan menggunakan mesin berkode QR25DE dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 170 Hp/6.000 rpm dan torsi bahan bakar yang dihasilkan mencapai 237 Nm/4.000 rpm.
Sementara itu untuk opsi mesin yang lebih kecil hadir dengan kapasitas 2.0 liter dengan kode MR20DE yang dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 139,3 hp/ 6000rpm dan torsi yang dihasilkan mencapai 198 Nm/4000rpm. Tenaganya cukup besar dan didistribusikan ke roda depan melalui transmisi CVT atau manual 5-percepatan ke roda depan.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5
12.742 km
2 tahun
Java East
2022 Toyota RUSH S GR SPORT 1.5
14.366 km
1,5 tahun
Jakarta
2021 Wuling ALMAZ LT LUX CVT 1.5
18.872 km
2,5 tahun
Java East
2018 Honda HR-V SE 1.5
43.740 km
4,5 tahun
Banten
2018 Honda HR-V SE 1.5
62.209 km
5 tahun
Jawa Barat