PT Astra Daihatsu Motor melakukan penarikan kembali atau recall Daihatsu Xenia dan Rocky yang ada di Indonesia sebanyak 1.210 unit.
Kedua mobil yang lahir di pabrik ADM di Karawang ini direcall karena ditemukan masalah pada sistem ECU airbag, dan akan dilakukan pengecekan bahkan penggantian secara gratis.
Baca juga: Airbag Bermasalah, Daihatsu Recall Sejumlah 1.210 Unit All New Xenia dan Rocky di Indonesia
Menurut Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director ADM, Sri Agung Handayani, karena recall Daihatsu Xenia dan Rocky ini terkait safety, ADM sangat serius menanggapinya.
"Jadi kita yang telpon konsumen secara langsung. Kami hubungi satu per satu," ujar Agung saat ditemui awak media beberapa waktu lalu.
Baca juga: Bukan Cuma Daihatsu, Toyota Avanza, Veloz, dan Raize di Indonesia Juga Kena Recall
Karena jumlahnya tidak terlalu banyak, Daihatsu menargetkan unit yang di recall bisa dilakukan hingga akhir Desember 2023.
"Karena mobilnya ada yang dipakai di sub-urban, lalu fleet dipakai di offsite," tambahnya.
Sebuah produk yang di recall, memang jadi tanggung jawab pabrikan atau agen pemegang merek untuk memperbaikinya.
Namun beruntung, saat ini jika pabrikan harus melakukan recall, ternyata itikad tersebut disambut positif konsumen, seperti yang terjadi pada Daihatsu.
Baca juga: Nissan Recall Lebih dari 5 Mobil di Indonesia, Masalah Airbag dan Fuelpump
"Responnya sekarang lebih mudah (diterima) dan nggak sepanik dulu. Kemarin ada yang sudah masuk bengkel, ada juga yang datang sendiri," ujarnya.
Agung berharap, jika pelanggan pemilik Daihatsu Xenia maupun Rocky bisa cepat datang ke bengkel resmi untuk melakukan pengecekan atau penggantian.
Diketahui alasan Daihatsu Xenia dan Rocky di recall karena masalah utamanya adalah terdapat gangguan pada airbag.
Ditemukan adanya potensi fitur keselamatan tersebut tidak beroperasi sebagaimana mestinya.
Bahkan kasus serupa ini juga dialami saudara terdekat yang juga dibuat oleh ADM, yaitu Toyota Avanza, Veloz dan Raize.
Kendati demikian, Agung menuturkan, untuk saat ini recall tersebut hanya berlaku untuk domestik saja.
Oleh sebab itu, baik Daihatsu maupun Toyota berharap agar konsumen bisa melakukan pengecekan atau penggantian di bengkel resmi.
Konsumen disarankan terlebih dahulu melakukan booking service, agar dealer dapat mempersiapkan stall, teknisi, dan part yang akan diganti.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2019 Daihatsu TERIOS X 1.5
19.652 km
4,5 tahun
Jakarta
2017 Toyota AGYA G 1.0
10.656 km
6,5 tahun
Jawa Barat
2021 Toyota RAIZE S 1.0
15.274 km
2 tahun
Jawa Barat
2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5
12.742 km
2 tahun
Java East
2021 Daihatsu TERIOS X 1.5
19.465 km
2,5 tahun
Banten