Sejak kemunculannya tahun 1975, Toyota Kijang kini berubah ke arah elektrifikasi pada era Innova Zenix. Toyota Kijang generasi ketujuh ini memiliki berbagai hal yang didambakan dari sebuah mobil keluarga.
Baca juga:
Toyota Kijang Innova Zenix Dipastikan Punya Fitur Panoramic Sunroof
Detail Spesifikasi Toyota Kijang Innova Hybrid, Pakai Mesin Voxy?
Coming Soon, Harga Toyota Kijang Innova Hybrid Dibandrol Lebih Mahal dari Fortuner Diesel 2.8
Semenjak generasi Innova Zenix, Toyota Kijang tak lagi menyediakan tipe diesel. Sebagai gantinya, Toyota Kijang Innova (Spesifikasi | Berita) Zenix memiliki opsi hybrid dan dibangun dengan platform baru. Dengan berbagai inovasi tadi, redaksi Autofun memilih Innova Zenix dalam Rekomendasi Mobil Keluarga 2023 di segmen MPV medium.
Innova Zenix sudah menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) seperti model mobil Toyota lainnya yang dipasarkan secara global. Salah satunya adalah platform TNGA: GA-C dengan struktur monocoque yang menggantikan struktur ladder-on-frame.
Innova Zenix pantas menjadi mobil keluarga masa kini dengan keunggulan seperti kabin lapang, mesin baru yang lebih irit, hingga fitur baru yang makin canggih dan safety. Apa saja nilai positif Toyota Kijang Innova Zenix sehingga layakmenjadi mobil keluarga masa kini? Berikut ini ulasannya.
Toyota Kijang Innova Zenix, diluncurkan dalam beberapa tipe dan varian. Untuk mesin bensin terdapat dua tipe yaitu G dan V. Sementara untuk mesin hybrid, opsi yang ditawarkan ada tiga tipe yaitu G, V dan Q.
PT Toyota Astra Motor (TAM) menyediakan dua varian mesin baru yakni mesin bensin 2.0 liter dan mesin hybrid 2.0 liter.
Mesinnya kini berkode M20A-FKS, yang sebelumnya digunakan pada Toyota Voxy (Spesifikasi | Berita). Tenaga yang dihasilkan sebesar 174 ps/6.600 rpm dengan torsi 20,9 kgm/4.500-4.900 rpm.
Kemudian untuk mesin Toyota Innova versi Hybrid memakai M20A-FXS dengan output sebesar 152 ps/6.000 rpm dengan torsi 19,1 kgm/4.400-5.200 rpm. Kemudian untuk daya yang dihasilkan motor listriknya sebesar 113 ps dengan torsi 21 kgm.
Tenaganya padat sejak putaran bawah sekaligus responsif meski bertubuh bongsor. Eksistensi motor listriknya terasa memiliki andil besar dalam suguhan karakter tenaga ini.
Rata-rata konsumsi BBM dalam kota versi hybrid mencapai 18,18 km/liter dan luar kota 19,15 km/liter. Tak seperti generasi terdahulu, Innova Zenix semuanya pakai transmisi CVT dan sistem penggerak roda depan.
Sebagai MPV kekinian, Toyota Kijang Innova Zenix didukung sarana hiburan kontemporer antara lain sistem audio dengan integrasi smartphone secara wireless (Android Auto dan Apple CarPlay). Mobil ini juga mendukung rear seat entertainment lengkap fitur streaming online.
Makin istimewa, Innova Zenix juga telah memiliki fitur Panoramic Sunroof dan Electric Captain Seat untuk tipe tertinggi. Pada tipe Q hybrid pada bagian interior sudah dilengkapi head unit lebih lebar yaitu 10 inci. Demikian juga sistem hiburan dengan layar berukuran sama 10 inch yang menempel di belakang kursi baris pertama.
Dimensi Kijang Innova Zenix kini makin besar, dengan desain yang gayanya berwibawa. Gayanya bukan lagi MPV murni, justru memancarkan nuansa ala SUV yang macho.
Apalagi dengan dimensi bongsor, menambah kesan tangguh dan mewah. Bila dilihat sekilas, Innova Zenix mirip seperti Toyota Highlander yang dijual di Australia yang merupakan SUV medium.
Dengan platform baru, Toyota juga turut membekali Innova Zenix dengan ADAS Lengkap. Kemampuannya membuat Innova Zenix relevan untuk perjalanan jarak dekat maupun jauh.
Toyota Safety Sense di Kijang Innova Zenix cukup komplit, mulai dari Pre-Collision System, Lane Departure Alert, Blind Spot Monitor, untuk tingkatkan keselamatan. Kehadiran adaptive cruise control (Dynamic Radar Cruise Control) yang dapat beroperasi di kecepatan berapapun membuat pengemudi jadi tak lekas lelah ketika berkendara jarak jauh dalam waktu lama.
Pada teknologi TSS Ada asisten aktif demi membantu di kondisi macet maupun lancar. Belum lagi termasuk Lane Tracing Assist untuk mengarahkan laju mobil sesuai jalur.
Dengan segmentasi yang menyasar konsumen keluarga kelas atas, Kijang Innova Zenix semestinya menyajikan suasana nyaman bagi pengemudi maupun penumpang selama berkendara.
Desain lantainya kini rata, menambah keleluasaan gerak. Keleluasaan di interior Innova Zenix didukung dari mekanisme pergeseran bangku yang fleksibel, sehingga memungkinkan legroom berlimpah.
Berbekal platform TNGA membuat kekedapan, bantingan suspensi, dan handling Innova Zenix berada di level jauh lebih baik dari generasi Innova Reborn sebelumnya. Ada sensasi mengendarai mobil premium, yang jika dibawa berlari kencang maka mobil tidak terasa tergesa-gesa. Mobilnya stabil dan serba tenang.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2021 Toyota KIJANG INNOVA V 2.0
10.962 km
2,5 tahun
Jakarta
2020 Toyota KIJANG INNOVA REBORN V 2.0
67.327 km
3,5 tahun
Banten
2022 Toyota KIJANG INNOVA G 2.0
25.226 km
1,5 tahun
Jawa Barat
2019 Toyota KIJANG INNOVA REBORN V 2.0
89.687 km
4 tahun
Jawa Barat
2018 Toyota KIJANG INNOVA REBORN V 2.4
39.691 km
5,5 tahun
Jawa Barat