Artikel Autofun tentang sejumlah kendaraan yang tak lagi dipasarkan di Indonesia seperti Toyota Kijang Super, ternyata cukup menarik minat pembaca selama sepekan ke belakang.
Begitu pula mengenai Mitsubishi T120SS yang sebenarnya kembaran dari Suzuki Carry pick up namun sudah lama discontinued.
Kemudian menelisik perbedaan antara berbagai macam varian karoseri pada Toyota Kijang seperti Rover, Jantan, dan Kencana, ternyata juga banyak peminatnya.
Belum lagi mengenai Isuzu Panther (Spesifikasi | Berita) yang sepertinya sudah tak layak untuk pemakaian di kota-kota besar seperti Jakarta mengingat alternatif kendaraan yang lebih modern sekarang makin banyak.
Nah kalau penasaran seperti apa artikel-artikel top 5 di Autofun selama satu pekan kemarin, berikut daftarnya:
Pasti telah banyak yang mengetahui tentang transmisi yakni MT, AT, AMT, DCT atau DSG, CVT dan lainnya.
Namun, kita jangan cuma memahami arti transmisi tersebut, karena harus tahu perbedaan masing-masing sesuai kebutuhannya.
Dan sebelum memahami arti dari transmisi, mari kita pahami dan mengetahui dulu fungsi dari sebuah gearbox mobil.
Gearbox adalah mekanisme yang digunakan untuk mengubah kecepatan dan torsi dari mesin.
Fungsinya untuk mewujudkan tiga fungsi perubahan kecepatan, perubahan torsi, atau memundurkan mobil.
Isuzu Panther merupakan mobil legendaris yang begitu melekat di kalangan masyarakat Indonesia selain Toyota Kijang.
Namun sayangnya, sejak Februari 2021, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) telah menegaskan jika produksi dan penjualan Panther dihentikan selamanya.
Alasannya adalah mobil yang juga hadir dalam versi LMPV dan LSUV itu tak bisa memenuhi regulasi standar emisi gas buang Euro 4 untuk kendaraan bermotor mesin diesel di Indonesia.
Hal ini berbeda nasib dengan Kijang, karena Toyota mau meracik mesin baru untuk Innova hingga lahirnya Innova Zenix dengan opsi mesin hybrid.
Isuzu Panther bekas memang masih banyak peminatnya, tapi lebih cocok dipakai di daerah pelosok ketimbang di kota besar seperti Jakarta.
Selain L300, PT MMKSI juga mempunyai Mitsubishi T120SS yang merupakan kendaraan niaga di segmen muatan ringan.
Perlu kalian ketahui, seluruh dealer Mitsubishi kini sudah tak lagi menyediakan dan menjual T120SS pikup. Produksi terakhir model ini terjadi pada akhir Januari 2019.
Sebagai rebadge dari Suzuki Carry, alasan mengapa mobil ini tak lagi dijajakan oleh MMKSI kepada konsumen Tanah Air karena sepinya minat serta adanya penerapan aturan mesin berstandard Euro4.
Seperti yang diketahui, dapur pacu yang digunakan Mitsubishi T120SS generasi terakhir masih mengaplikasikan standar Euro2 walaupun sudah menggunakan kombusi injeksi.
Sebelum membelinya, sebaiknya ketahui lebih dulu kelebihan dan kekurangan Mitsubishi T120SS pikup.
Nama Toyota Kijang semakin meroket saat masuk generasi ketiga atau era Kijang Super dan Kijang Grand Extra.
Tidak cuma diproduksi oleh agen pemegang merek, Toyota juga menunjuk beberapa karoseri untuk merakit Kijang dengan varian sesuai garapan mereka.
Pada era ini, muncul varian Kijang seperti Kijang Rover, Kijang Jantan, Kijang Raider, dan memiliki perbedaan jelas dari versi Astra.
Selain Kijang Super (NCH, Nasmoco, dan Superior), dan Kijang Grand (Toyota Auto Body), dalam kurun waktu 1986-1996 Kijang juga banyak digarap oleh karoseri lokal.
Perbedaan varian antara pabrikan dan karoseri lokal ini bisa terjadi karena Kijang memakai sasis ladder frame. Artinya, body mobil ditopang oleh sasis sehingga memungkinkan untuk mengubah desain body sesuai garapan karoseri.
Di tengah serangan mobil Sport Utility Vehicle atau SUV yang semakin bermunculan, mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) tetap banyak dicari, seperti halnya Toyota Kijang Innova (Spesifikasi | Berita) yang laku hingga 7.463 unit.
Ya, melansir data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada Agustus 2023, Toyota Kijang Innova Zenix terjual 5.354 unit dan Toyota Kijang Innova (Rebond masih dijual) tercatat 2.109 unit.
Tingginya penjualan Toyota Kijang Innova Zenix memang tak lepas dari pamor mobil tersebut yang dipercaya oleh konsumen di Indonesia.
Belum lagi, Toyota Innova Zenix juga dilengkapi varian dengan teknologi hybrid, sehingga performa mumpuni namun tetap irit dalam urusan bahan bakar.
Adapun untuk Toyota Innova Reborn, mobil ini masih dipercaya tangguh dalam berbagai kondisi jalanan di Indonesia.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
{{variantName}}
{{expSellingPriceText}}
{{carMileage}} km
{{registrationYear}} tahun
{{storeState}}