Toyota Hilux Rangga 2024, itulah nama yang akhirnya diumumkan PT Toyota Astra Motor (TAM) untuk versi produksi dari Rangga Concept.
Bahkan pick up Toyota terbaru ini sudah dijadwalkan untuk resmi meluncur di Indonesia pada awal 2024.
Hal tersebut diutarakan langsung oleh Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director TAM saat menghadiri acara Toyota Year End Media Gathering 2023 di Jakarta, Selasa (12/12/2023).
"Kira-kira awal tahun depan, pastinya kapan belum bisa kita umumkan karena semuanya masih tahap finalisasi persiapan, termasuk persiapan skema kredit, paket servis, dan kerjasama dengan pihak karoseri," sebut Anton.
Baca juga: Toyota Rangga Debut di Thailand, Dijual Lebih Mahal dari Suzuki Carry
Ketika ditanya lebih lanjut mengenai penamaan Toyota Hilux Rangga bukan mengikuti Toyota Hilux Champ sebagaimana yang sudah rilis lebih dulu di Thailand, Anton pun memberikan komentarnya.
Menurut dia, Rangga dipilih karena punya unsur Indonesia yang sangat kuat, dan mobil ini ditujukan buat masyarakat Indonesia sesuai kebutuhan mereka.
"Mobil ini kami persembahkan untuk mendukung mereka yang masih loyal dengan Kijang pickup sejak 2006, sehingga kami pikir nama Rangga adalah nama yang lebih Indonesia.
Apalagi mobil ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan di Indonesia, jadi saya rasa pakai nama Rangga lebih cocok dibanding Champ.
Sementara untuk nama Hilux karena ini akan jadi model global jadi rasanya akan dipakai di negara lain juga," jelas Anton.
Meski demikian dirinya belum mau berkomentar apakah Indonesia akan menjadi basis produksi dari Hilux Rangga dan bakal di ekspor ke negara lain, termasuk ke Thailand yang lebih dulu merilis pick up ini.
"Untuk hal itu nanti kita umumkan saat peluncurannya," sebut pria berkacamata ini.
Baca juga: Toyota Rangga Mulai Menampakkan Diri di Jalanan Bekasi, Siap Tantang L300 dan Traga
Sedikit melihat spesifikasi Hilux Champ di Thailand, pick up ini ditawarkan dengan tiga pilihan mesin, yakni bensin 2.0L 1TR-FE, 2.7L 2TR-FE, serta diesel 2.4L 2GD-FTV.
Mesin bensin 1.998 cc berkodekan 1TR-FE 4-silinder, 16 valve DOHC Dual VVT-i yang digunakan sanggup memeras tenaga hingga 139 PS di 5.600 rpm dengan torsi 183 Nm pada 4.000 rpm.
Jantung mekanis berkapasitas 2.694 cc 2TR-FE 4-silinder, 16 valve DOHC Dual VVT-i nya mampu memeras tenaga 166 PS di 5.200 rpm serta menghasilkan torsi puncak 245 Nm pada 4.000 rpm.
Disisi lain, mesin diesel 2.393 cc 2GD-FTV 4-silinder segaris, 16 valve DOHC with VNT Intercooler nya sanggup melecutkan tenaga hingga 150 PS di 3.400 rpm dan torsi mencapai 343 Nm pada putaran 1.200 – 2.600 rpm, serta 400 Nm di 1.600 - 2.000 rpm.
Khusus mesin bensin 2.0L yang digunakan dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan.
Sedangkan varian bensin 2.7L dan diesel 2.4L selain memiliki transmisi manual 5-percepatan, juga hadir dengan pilihan otomatis 6-percepatan with sequential shift.
Lantas apakah spesifikasi serupa juga bakal diaplikasikan ke Toyota Hilux Rangga 2024?
Anton belum mau berkomentar soal hal tersebut, tetapi menurutnya Rangga akan menggunakan platform IMV seperti yang dipakai pada Toyota Hilux double cabin.
Tak kalah menariknya, Hilux Champ ini juga sudah fitur-fitur unggulan seperti LED projector, electric power windows, sistem pengereman ABS dan EBD, serta konektifikas Toyota T Intouch.
"Nantilah semua kita jabarkan waktu peluncurannya," pungkas Anton.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
{{variantName}}
{{expSellingPriceText}}
{{carMileage}} km
{{registrationYear}} tahun
{{storeState}}