Sebelum beli, tengok dulu spesifikasi BYD Atto 3 Indonesia yang bakal melawan Chery Omoda E5 di kelas SUV listrik.
Ya, tepat pada 18 Januari 2024, PT BYD Motor Indonesia resmi menancapkan kukunya di Tanah Air guna memperluas pangsa pasar BYD secara global.
Punya nama panjang Build Your Dreams, BYD langsung menyodorkan tiga produk andalannya sekaligus, yakni Dolphin di segmen hatchback, Atto 3 untuk kelas SUV crossover, dan Seal yang bersaing di kategori sedan listrik.
Kalau sebelumnya sudah ada rincian spesifikasi BYD Dolphin dan BYD Seal untuk pasar Indonesia, maka kini saatnya kita bahas lebih dalam mengenai spesifikasi BYD Atto 3 Indonesia.
Baca juga: BYD Resmi Masuk Indonesia, 3 Mobil Listrik Jadi Jagoannya
Secara fisik, BYD Atto 3 memiliki desain yang aerodinamis dan sporty tapi juga memancarkan aura SUV kekinian yang stylish.
Menggunakan bahasa desain Dragon Face 3.0, Atto 3 banyak mengintegrasikan garis-garis tajam dipadu lekukan proposional namun tidak terlalu menyiku.
Lampu utamanya dibaut lancip pada bagian bawah teeintegrasi dengan garnish silver bertuliskan BYD, sementara desain bemper depannya juga tidak di buat dengan lekukan yang terlalu agresif, masih sangat casual.
Sebagai catatan, lampu utama mobil ini sudah dibekali LED dengan follow me home, Adaptive Front Light (AFL), serta LED DRL.
Pada sisi samping, mobil ini punya lengkung bodi mirip SUV crossover kebanyakan di Indonesia, seperti halnya Honda HR-V atau Hyundai Creta.
Kaca belakang dibuat lebih kecil, dan pilar C dibikin tebal, lekukan atap pun merendah di bagian belakang.
Lantas kaki-kakinya pakai velg berdesain baling-baling dengan ukuran 17 inci untuk varian Standard Range dan 18 inci untuk varian Extended Range.
Di belakang, desain kacanya memang sedikit tinggi namun cukup lebar dan memberi pandangan luas.
Lantas di bawahnya rear lamp combination dibuat seakan menyatu antara sisi kiri dan kanan berkat garnis merah di bagian tengah yang dikombinasikan sedikit aksen chrome.
Bentuk bemper belakang juga terlihat cukup unik tapi masih segaris dengan desain keseluruhan bokong mobil ini.
Baca juga: Ini Modal Mobil Listrik BYD untuk Bersaing di Indonesia
Senada dengan desain luar yang cukup banyak lengkungan, tema area kabin pun ternyata demikian.
Lihat saja layout dasbor mobil ini yang tidak flat tapi seakan melandai dan penuh garis-garis melengkung mirip aliran air laut sata terkena ombak.
Pada sisi pengemudi terdapat monitor digital TFT 5 inci yang bertugas sebagai instrument cluster untuk memberi informasi kepada sopir tentang status kendaraan secara real time.
Sedangkan pada bagian tengah dasbor ada headunit berukuran 12,8 inci yang dapat diputar menyesuaikan kebutuhan baik landscape maupun potrait serta tersambung dengan 8 speaker.
Desain kisi-kisi AC-nya cukup unik, mirip sirip insang pada ikan, sementara pada trim pintu pengemudi ada tiga buah tali yag tersambung ke speaker, yang ternyata bisa berfungsi sebagai music rhytm, alias bisa mengeluarkan suara mirip senar gitar.
Di konsol tengah terdapat shift knob dengan desain unik, serta beberapa tombol untuk memfungsikan sejumlah fitur pada kendaraan ini.
Masih di area tersebut, juga ada fasilitas wireless charging yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan pengisian daya smartphone hanya cukup meletakannya.
Untuk jok pengemudi dan penumpang depan, mobil ini mendapatkan pengaturan 6 dan 4 arah yang menggerakannya hanya cukup dengan menekan tombol.
Bergeser ke baris kedua, mobil ini dilengkapi air ventilator, USB port 12V type-C, kemudian arm rest di tengah serta memiliki tiga head rest.
Adapun bagian paling belakang berfungsi sebagai ruang bagasi dengan kapasitas hingga 440 liter.
Baca juga: Heboh Mobil China BYD Atto 3 Tidak Hancur Kena Serangan Roket Israel - Palestina
Sekarang kita lihat bagaimana kemampuan teknis dari mobil ini.
BYD Atto 3 yang dijual di Indonesia terdiri dari dua varian tipe, yakni Standard Range dengan menggunakan BYD Blade Battery 49,92 kWh, dan Extended Range dengan baterai berkapasitas 60,48 kWh.
Untuk yang varian pertama diklaim memiliki daya jangkauan hingga 410 km dalam sekali cas, sedangkan tipe kedua daya jelajahnya hingga 480 km sekali cas dari kondisi full sampai baterai benar-benar kehabisan daya listrik.
Kedua varian ini sama-sama menggunakan motor listrik bertenaga 150 kW (204 PS) dan torsi 310 Nm yang diletakan di depan, untuk catatan waktu yang diperoleh 0-100 km/jam hanya membutuhkan 7,3 detik.
Untuk lama waktu pengecesan, saat menggunakan pengisian daya cepat DC, BYD mengklaim dari 0 hingga 80 persen membutuhan 50 menit.
Seperti mobil listrik lainnya, Atto 3 juga dilengkapi fitur Vehicle to Load (V2L system) dengan supply tegangan 2.2 kW yang bisa dimanfaatkan ketika ingin menghidupkan benda elektronik saat melalukan aktifitas di luar rumah.
Baca juga: Penjualan Mobil Listrik di Thailand Selama 2023 Naik 6x Lipat, BYD Jadi yang Terlaris
Kalau membahas soal fitur keselamatan, rasanya BYD sangat konsen terhadap hal yang satu ini, tak heran Atto 3 pun sudah sangat lengkap ketersediaan teknologi yang membantu menjaga pengemudi dan penumpang untuk terhindar dari tabrakan.
Diantaranya ada 7 Airbags, Tyre Pressure Monitoring System (TPMS), Electric Parking Brake System (EPB), rem dengan ABS dan EBD serta Electronic Stability Program (ESP) termasuk Traction Control System (TCS) dan Hill Descent Control (HDC).
Mobil ini juga turut dilengkapi fiur Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang termasuk Stop & Go Full Speed Adaptive Cruise Control (ACC-S&G).
Fitur lainnya berupa Automatic Emergency Braking System (AEB), Front Collision Warning (FCW), Rear Collision Warning (RCW), Blind Spot Detection (BSD), Door Open Warning (DOW), Lane Departure Warning (LDW), Lane Keeping Assist (LKA), Rear Cross Traffic Alert (RCTA) dan Rear Cross Traffic Brake (RCTB).
BYD Atto 3 | ||
---|---|---|
Standard Range | Extended Range | |
Dimensi | ||
Panjang | 4.455 mm | |
Lebar | 1.875 mm | |
Tinggi | 1.615 mm | |
Jarak sumbu roda | 2.720 mm | |
Jarak ke tanah | 175 mm | |
Ukuran roda | 215/60 R17 | 215/55 R18 |
Mesin | ||
Tipe motor listrik | Permanent magnet synchronous motor | |
Jumlah motor listrik | 1 | |
Daya maksimum | 204 PS | |
Torsi makismum | 310 Nm | |
Tipe baterai | BYD Blade Battery | |
Kapasitas baterai | 49.92 kWh | 60.48 kWh |
Jaya jelajah | 410 km | 480 km |
Sasis | ||
Suspensi depan | MacPherson strut | |
Suspensi belakang | Multi-link | |
Rem depan | Ventilated disc | |
Rem belakang | Disc |
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
{{variantName}}
{{expSellingPriceText}}
{{carMileage}} km
{{registrationYear}} tahun
{{storeState}}