Akhirnya Mazda Bakal Punya Pabrik di Indonesia, Apakah Buat CX-30?

PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), selaku distributor kendaraan Mazda di Tanah Air mengumumkan akan mendirikan Pusat Pabrik Mazda secara lokal. 

Untuk menandai babak baru Mazda dalam melakukan perakitan lokal, sedikitnya alokasi dana yang dibutuhkan untuk persiapan proyek secara keseluruhan mencapai Rp400 miliar.

Menurut Managing Director Eurokars Motor Indonesia (EMI) Ricky Thio pembangunan fasilitas pabrik Mazda di Indonesia ini akan menjadi tonggak sejarah yang signifikan bagi Mazda, dalam memenuhi permintaan pelanggan di Indonesia dengan lebih efisien dan efektif.

Baca juga: New Mazda CX-3 2024 Resmi Meluncur di Indonesia, Spesifikasinya Bisa Patahkan Dominasi Honda HR-V

Manajemen Mazda Indonesia bersama PT Eurokars Group Indonesia (EGI), bertemu dengan Mazda Motor Corporation (MC), dan perwakilan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia menghadiri seremoni peresmian proses pembangunan Pusat Perakitan Mazda, yang di gelar secara private di wilayah Jawa Barat, Indonesia.

"Kami berkomitmen untuk dapat mempertahankan standar kualitas kendaraan Mazda yang dirakit secara lokal bagi pelanggan di Indonesia, agar hadir dengan kualitas yang setara dengan kendaraan yang dirakit sepenuhnya di Jepang (Completely Built Up),” ungkap Ricky dalam keterangannya. 

Pembangunan fasilitas pabrik Mazda di Indonesia sudah disetujui secara langsung oleh principal, Mazda Motor Corporation.

Lebih lanjut, pembangunan fasilitas ini juga mencerminkan komitmen antara prinsipal Mazda dan PT EMI untuk terus berkembang dan berinovasi di dalam industri otomotif nasional.

Bagi Mazda dengan adanya fasilitas pusat perakitan di Indonesia, hal ini bisa berdampak positif bagi industri otomotif dan perekonomian Indonesia. 

Baca juga: Mazda 2 Hatchback dan CX-5 2023 Kado Akhir Tahun dari Mazda Indonesia

Mazda akan punya fasilitas perakitan di Indonesia

Selain itu, adanya Pusat Perakitan Mazda di Indonesia didasari oleh pemahaman MC yang cermat dan strategis terhadap besarnya potensi pasar otomotif Indonesia.

Baca juga: Test Drive Mazda CX-60: Menyelami Filosofi The Perfect Jinba-Ittai

Mazda Akan Merakit Compact Crossover di Jawa Barat

Pabrik Mazda di Indonesia ini belum diketahui secara detail lokasinya dimana. 

Akan tetapi, keterangan secara umum, rencananya bakal didirikan di salah satu pusat industri di kawasan Jawa Barat. 

Mazda MX-30 R-EV

Masih dalam keterangan tertulisnya, mobil mazda yang akan dirakit secara lokal adalah sosok Compact Crossover.

"Compact Crossover akan menjadi kategori segmen utama yang diproduksi di fasilitas ini, mengingat kategori segmen ini paling banyak digemari konsumen Indonesia," tulis Mazda.

Jika melihat Compact Crossover yang berpotensi dibuat secara lokal adalah Mazda CX-30.

Belum lagi, Mazda sejatinya punya versi mobil listrik yaitu MX-30 yang sempat mejeng di GIIAS 2023.

Ehm, jadi penasaran model apa yang sebenarnya akan dirakit secara lokal.

Pabrik Mazda di Indonesia Memakai Tenaga Lokal

Mazda saat acara GIIAS 2023

Sementara itu, Ricky menyebutkan dalam rencana pembangunan Pusat Perakitan Mazda di Indonesia, maka Mazda memprioritaskan kontribusinya pada pemberdayaan masyarakat lokal, terutama mereka yang berada di wilayah Jawa Barat. 

"Dengan demikian, kami berkomitmen untuk menciptakan lebih banyak lapangan kerja dan meningkatkan perekonomian masyarakat, untuk membantu masyarakat berkembang,” ucapnya.

Seperti diketahui, Mazda jadi satu diantaranya banyak brand otomotif di Indonesia yang cukup terbilang mahal. 

Dealer Mazda di Jakarta

Hal ini karena mobil Mazda yang datang ke Indonesia di impor dari Jepang, sehingga untuk pengirimannya tergolong lama.

Bahkan ketika harus inden, konsumen bisa menunggu sampai satu tahun lamanya untuk mendapatkan unit mobilnya di garasi rumah. 

Belum lagi karena diimpor secara utuh, maka pajak yang dikenakan menjadi lebih mahal dibandingkan mobil-mobil yang diproduksi atau dirakit secara lokal. 

Nah, kalau sudah dirakit secara lokal, jadi lebih cepat dan murah nggak ya?

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Mazda CX-30

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

2021 Mazda CX-30 Turbo Ups Power | Drive, Interior & Exterior

I Review the All-New Mazda CX30 Sport!!

Honda Jazz GE8 bekas saat ini peminatnya masih cukup banyak, namun sebaiknya pertimbangkan beberapa hal ini sebelum kalian benar-benar membelinya. Dari tiga model Honda Jazz yang dipasarkan di Tanah Air, generasi kedua mobil ini paling banyak diburu kondisi bekasnya saat ini. Honda Jazz GE8 atau generasi keduanya diluncukan di Indonesia pertama kali pada tahun 2008. Eksistensi mobil ini mampu bertahan hingga 2014 sebelum digantikan oleh generasi berikutnya, yakni Jazz GK5. Sebagai informasi, gen
Mobil blind van yang hingga kini masih banyak diminiati konsumen Tanah Air adalah Daihatsu Gran Max Blind Van vs Suzuki APV Blind Van. Keduanya kerap digunakan untuk menunjang kegiatan usaha dibidang logistik, catering, mobil stooring dan beberapa lainnya. Tidak seperti mobil box, mobil blind van dibangun berdasarkan minibus, bedanya, di bagian samping mobil jenis ini hanya memiliki kaca samping di bagian depan. Sebagai mobil niaga, pada kabinnya mobil ini tidak dilengkapi jok mulai dari bagian
PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) menawarkan berbagai promo menggiurkan bagi para pemilik mobil Nissan yang ingin melakukan servis hingga penggantian komponen. Ya, promo yang disebut Berkah Ramadan Nissan 2024 sengaja ditawarkan dalam menyambut bulan suci Ramadan, sekaligus persiapan untuk mudik lebaran alias libur Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Dalam keterangan tertulisnya, promo Berkah Ramadan Nissan 2024 dirancang untuk memberikan kenyamanan dan keamanan berkendara bagi seluruh
Harga dan spesifikasi Hyundai IONIQ 5 N akhirnya diumumkan setelah debutnya Juli tahun lalu di acara Goodwood Festival Of Speed 2023. Dikutip dari EVMagz, Rabu (13/03/2024), mobil listrik pertama dari N Brand Hyundai ini untuk pasar Amerika Serikat (AS) dibanderol mulai dari USD66.100 atau kira-kira setara dengan Rp1,02 miliar. Banderol ini memang cukup tinggi mengingat harga Hyundai IONIQ 5 N tersebut juga belum termasuk pajak bea masuk dan berbagai pajak di masing-masing negara. Lantas dengan
Konsumsi BBM Toyota Kijang Innova 2.7 kerap kali dianggap boros sehingga peminatnya jauh lebih kecil dibanding Innova tipe lain. Sedikit kilas balik, selain varian 2.0, PT Toyota Astra Motor (TAM) memang pernah menghadirkan Toyota Kijang Innova 2.7 untuk vesin mesin bensin dari Kijang Innova. Mobil ini pertama kali ikut meramaikan pasar otomotif Tanah Air pada 3 Februari 2005. Tidak seperti mesin 2.0, usia Kijang Innova 2.7 di Indonesia terbilang sangat singkat sebab hanya mampu bertahan dua tah

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 161,50 - 181,10 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 334,80 - 404,80 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
BYD

BYD ATTO 3

Rp 515,00 Juta

Lihat Mobil
Neta

Neta V

Rp 379,00 Juta

Lihat Mobil
Wuling

Wuling BinguoEV

Rp 326,00 - 372,00 Juta

Lihat Mobil
DFSK

DFSK Seres E1

Rp 189,00 - 219,00 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Neta

Neta S

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Maxus

Maxus Mifa

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Toyota

Toyota GR Corolla

Belum Tersedia

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Mazda CX-30
Lihat