Harga Jual Kembali Anjlok, Mobil Listrik Bekas Tak Layak Dibeli?

Harga jual mobil listrik bekas yang terjun bebas dipasaran, memang bagi sebagian kalangan masyarakat Indonesia menjadi hal yang begitu diperhatikan guna beralih pada kendaraan elektrifikasi tersebut.

Hal ini diakui pula oleh Wahyu Handani selaku Training and Sales Manager PT Neta Auto Indonesia. Menurut dia, ada beberapa faktor yang menyebabkan harga jual mobil listrik bekas tidak lebih baik ketimbang mobil bermesin bakar internal (Internal Combustion Engine/ICE).

"Harga bekas mobil listrik saat ini memang lebih rendah dibandingkan mobil bensin, karena satu dari beberapa faktornya permintaan di pasar juga masih sedikit," ucap dia, ketika ditemui di Bandung, Jawa Barat, Rabu (10/07/2024).

Ia menyebut, berdasarkan data penjualan Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor) saja, penjualan mobil baru jenis BEV (Battery Electric Vehicle) masih jauh lebih rendah dari mobil ICE.

Alhasil pengguna mobil listrik di Indonesia pun masih sangat sedikit jumlahnya, dan menemukan unit second mobil ini juga tak sebanyak mobil bensin atau diesel.

Baca juga: Toyota Alphard Gen 2 Bekas Lebih Berkelas Ketimbang Beli Avanza atau Veloz Baru

Pasaran Harga Bekas Mobil Listrik di Indonesia

Wuling Air ev bekas bisa didapat di kisaran Rp 140 jutaan

Berdasarkan pantauan Autofun melalui sejumlah situs jual beli mobil bekas yang ada di Indonesia, termasuk Mobil123, beberapa mobil listrik yang sudah ada unit sekennya antara lain Hyundai Ioniq, Hyundai Ioniq 5

Untuk harga mobil listrik Hyundai bekas misalnya, Ioniq keluaran 2001 dihargai Rp 340 jutaan sampai Rp 375 jutaan, padahal harga barunya dulu mencapai Rp 675 jutaan shingga Rp 682 jutaan.

Lantas untuk harga Ioniq 5 bekas, ada di rentang Rp 570 jutaan hingga Rp 645 jutaan, tergantung dari tahun kelahiran mobil tersebut.

Bandingkan dengan harga barunya, untuk Ioniq 5 tipe Signature Long Range per 2024 banderolnya sudah Rp 895 juta, sementara yang varian Ioniq 5 Batik, menyentuh Rp 990 juta.

Menariknya lagi, Hyundai Ioniq 6 juga ternyata sudah ada unit bekasnya, dengan harga di rentang Rp 800 juta - Rp 915 jutaan untuk yang keluaran 2023. Padhal unit barunya saat ini dijual Hyundai Indonesia dengan harga lebih dari Rp 1,2 miliar.

Hyundai Ioniq 5 bekas mulai dari Rp 500 jutaan

Lantas gimana dengan mobil listrik paling populer di Tanah Air seperti Wuling Air ev? Ternyata harga mobil listrik Wuling bekas juga ikutan drop.

Misalnya dengan harga Rp 135 jutaan - Rp 150 jutaan, kalian sudah bisa dapat Air ev bekas tipe Standard Range tahun 2022 hingga 2023.

Tapi kalau minat cari Air ev bekas tipe Long Range, maka siapkan budget sekitar Rp 175 jutaan hingga Rp 185 jutaan.

Perbandingan Harga Jual Mobil Listrik Bekas
Model Harga bekas Harga Baru
BMW i8 2016 Rp 2.3 miliar Rp 3.500.000.000
BMW iX 2023 Rp 1,6 miliar - Rp 1,7 miliar Rp 2.483.000.000
Hyundai Ioniq 2021 Rp 345 juta - Rp 375 juta Rp 675.000.000
Hyundai Ioniq 5 Rp 570 juta - Rp 740 juta Rp 782.000.000 - Rp 990.000.000
Hyundai Ioniq 6 2023 Rp 800 juta - Rp 915 juta Rp 1.220.000.000
Mercedes-Benz EQE 2023 Rp 1,7 miliar - Rp 1,8 miliar Rp 2.300.000.000
Nissan Leaf 2021 Rp 550 juta Rp 738.000.000
Toyota BZ4X 2023 Rp 880 juta - Rp 890 juta Rp 1.190.000.000
Wuling Air ev Standard Range Rp 135 juta - Rp 165 juta Rp 224.000.000
Wuling Air ev Long Range Rp 175 juta - Rp 185 juta Rp 275.000.000

Baca juga: Harga Bekas di Bawah Rp200 Juta, Sedan Mewah Toyota Mark X Cocok Buat yang Suka Tampilan Parlente

Harga Jual Mobil Listrik Bekas Drop, Tak Layak Beli?

Neta siapkan strategi khusus untuk layanan purna jual dan unit bekasnya

Meskipun dari data yang ada saat ini harga jual mobil listrik bekas mengalami depresiasi yang sangat tajam dibanding harga barunya, bukan berarti lantas saatnya kalian urungkan untuk membeli mobil bertenaga baterai dan motor electric tersebut.

Wahyu menekankan, meski harga second drop jauh, tetapi jangan jadikan alasan untuk tidak beralih pada kendaraan elektrifikas. Sebab biaya penggunaan mobil listrik lebih terjangkau dalam jangka panjang dibanding mobil bensin atau diesel.

"Walaupun nilai jual kembali saat ini mungkin lebih rednah, tapi penggunaan mobil listrik memiliki biaya operasional yang jauh lebih rendah dibandingkan mobil bensin. Ini adalah informasi yang kami terus berikan kepada konsumen," kata dia.

Biaya kepemilikan mobil listrik bisa hemat sampai Rp 30 juta per tahun

Bahkan dirinya menekankan, berdasarkan hitung-hitungan internal pihak Neta, maka biaya operasional kepemilikan mobil listrik bisa hemat sampai Rp 30 juta per tahun dibanding mobil bensin.

Ia juga menyebut, demi terus merangsang minat pembeli mobil listrik, satu diantaranya Neta Indonesia sudah menyiapkan beberapa program layanan purna jual.

Termasuk akan adanya sistem Buy Back Guarantee demi meningkatkan harga jual mobil listrik bekas terutama untuk merek Neta.

Baca juga: Pilih Toyota Camry Hybrid yang Irit BBM atau Cukup Varian Bensin Aja?

Harga Mobil Listrik Second Jatuh Bukan Cuma di Indonesia

Mobil listrik mewah pun alami dpresiasi harga jual kembali yang tinggi

Selain tipikal masyarakat di Tanah Air yang kerap memikirkan harga jual kembalinya sebelum memutuskan membeli sebuah kendaraan, ternyata harga mobil listrik seken yang alami kemerosotan dibanding banderol saat barunya juga bukan terjadi hanya di Indonesia.

Sebuah riset di pasar Amerika Serikat (AS) menunjukkan, harga mobil listrik hancur di pasar mobil bekas. Contohnya Mercedes-Benz EQS yang harga bekasnya bisa anjlok hingga 47,8% meski baru satu tahun pemakaian.

Hasil studi iSeeCars juga mengungkap fakta kalau mobil listrik seperti VW ID.4, Hyundai Ioniq 5, Kia EV6, dan Nissan Leaf kehilangan lebih dari 30% nilai jualnya pada tahun pertama kepemilikan.

Mobil listrik pun dinilai sebagai satu dari beberapa jenis mobil bekas yang mengalami depresiasi harga paling jatuh pada pasaran mobil second di Negeri Paman Sam itu.

Kemudian laporan dari Bloomberg baru-baru ini juga menuliskan jika harga mobil bertenaga baterai turun lebih cepat dibandingkan mobil berbahan bakar fosil. 

Harga baterai yang mahal dan jaringan charging station yang tidak merata jadi alasan menapa mobil listrik bekas sepi peminat

Harga kendaraan listrik bekas merosot sekitar sepertiga pada tahun ini. Selain itu kendaraan listrik bekas juga membutuhkan waktu lebih lama untuk terjual dibandingkan mobil konvensional bahkan setelah para penjual memberikan diskon besar.

Alasan yang paling tinggi saat dilakukan survei adalah karena mobil listrik memiliki harga baterai yang masih sangat mahal. Bahkan harga baterai mobil listrik bisa mencapai 50% dari harga mobil itu sendiri. 

Calon konsumen pun tak yakin dengan kondisi kesehatan baterai saat mereka menimang-nimang membeli mobil listrik bekas, sehingga akhirnya menurunkan nilai jual kendaraan listrik tersebut secara keseluruhan.

Lantas faktor infrastruktur charging station yang tidak seluas pengisian bahan bakar minyak terutama di daerah pinggiran atau pelosok, juga membuat orang enggan memilih mobil listrik bekas meski harganya sudah jauh lebih murah ketimbang barunya.

Jika mobil listrik mengalami depresiasi yang sangat tajam, berbeda dengan nasib mobil hybrid di pasar mobil seken. 

Mobil hybrid yang menggabungkan mesin konvensional dan mesin listrik ini harganya justru mengalami depresiasi kecil di pasar mobil bekas yakni berkisar 4-5 persen untuk kepemilikan per tahunnya.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Hyundai Ioniq 5

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Road Trip Jakarta - Bali Pakai Mobil Listrik Ioniq 6 & Ioniq 5

Bawa Jalan Hyundai Ioniq 5, Proper Pol

Pantas Dikasih Harga Berapa? Hyundai Ioniq 5

Hyundai Ioniq - Walkaround with Fitra Eri

Nyobain Mobil Listrik Baru Wuling, Versi Lebih Besar dari Wuling Air ev

Mobil Listrik China Jadi Banyak Banget!

Liburan Jauh Pakai Mobil Listrik Siapa Takut?

PT JLM Auto Indonesia selaku distributor resmi Jaguar dan Land Rover semakin mengukuhkan brandnya sebagai lini produk premium di Tanah Air. Bagaimana tidak, salah satu mobil mewah PT JLM yaitu Range Rover Velar, kini dijadikan sebagai armada untuk layanan antar jemput tamu VVIP dari hotel bintang lima, Raffles Jakarta. Menurut General Manager Raffles Jakarta, Yves Mudry, dengan menggunakan Range Rover Velar maka ini bisa memberikan pengalaman perjalanan istimewa bagi konsumen yang menggabungkan
Modus penipuan tiket bus kini semakin berani, karena pelaku menyebar nomor telepon secara online, baik melalui Google Review hingga media sosial. Menurut Direktur Utama PT SAN Putra Sejahtera (PO SAN) Kurnia Lesari Adnan, penipuan tiket bus ini sangat merugikan calon penumpang. “Diharapkan semua pihak, masyarakat, pengusaha PO Bus, pemerintah dan pihak-pihak terkait lainnya bersama-sama memberantas agar tidak semakin banyak yang dirugikan, yakni masyarakat, pengusaha PO Bus dan para karyawannya,
Chery Tiggo 8 Pro Max 2024 dipastikan akan meluncur secara resmi di GIIAS 2024, setelah sebelumnya sempat dipamerkan di ajang IIMS 2024 yang diselenggarakan pada Februari lalu. Jelang peluncurannya, Tiggo 8 Pro Max kembali terlihat terpajang di diler ke-32 Chery yang terletak di daerah Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Kehadiran mobil ini akan melengkapi jajaran Tiggo serie khususnya di keluarga Tiggo 8, yang semakin memberikan banyak pilihan bagi konsumen Tanah Air. Menempati varian teratas di kelu
Toyota Land Cruiser 200 akan kembali menjadi andalan pereli asal Indonesia, Julian Johan untuk berlaga di ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) 2024 yang diselenggarakan 11-17 Agustus mendatang di Thailand. Tahun kedua mengikuti ajang balap AXCR, pria yang akrab disapa Jeje tersebut menambah satu personil co-driver baru asal Thailand, yakni Chupong Chaiwan yang akan membantu tugas co-driver Recky Resanto. Pemilihan co-driver asal Negeri Gajah Putih tak lain merupakan co-driver senior di Thailand
Penjualan mobil nasional dalam 10 tahun terakhir mengalami stagnan, dengan jumlah rata-rata satu juta unit per tahun. Hal inilah yang membuat Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengusulkan pemberian insentif fiskal berupa pajak penjualan atas barang mewah ditanggung pemerintah (PPnBM DTP) untuk pembelian mobil yang diproduksi di dalam negeri. Pasalnya, industri otomotif dianggap jadi salah satu sektor strategis yang memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional. Baca juga:

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 170,20 - 190,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Geely

Geely RD6

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Citroen

Citroen E-C3

Rp 377,00 - 387,00 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Jetour

Jetour X70

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Jaecoo

Jaecoo J8

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Jaecoo

Jaecoo J7

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Jaecoo

Jaecoo J6

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Neta

Neta U

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
BAIC

BAIC BJ-40 Plus

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
GAC

GAC Aion Y

Rp 415,00 - 475,00 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Zeekr

Zeekr 009

Belum Tersedia

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Hyundai Ioniq 5
Lihat