Ini Modifikasi Truk Mercedes-Benz yang Diperbolehkan, Safety Tetap Nomor Satu

Modifikasi truk Mercedes-Benz kerap dilakukan oleh perusahaan guna menyesuaikan kebutuhan. Cara seperti ini sah-sah saja untuk ditunaikan selagi dalam kategori wajar serta tidak menyampingkan aspek keselamatan berkendara.

Perlu diketahui sebelumnya, setiap konsumen atau perusahaan yang membeli truk Mercedes-Benz harus membawanya ke karoseri atau body builder untuk dibuatkan bodi. Hal itu lantaran Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) selaku pemegang merek truk dan bus Mercedes-Benz di Tanah air hanya menjual truk dalam model kabin atau sasis.

"Seperti bus, untuk truk kami menjualnya masih dalam bentuk cabin chassis atau engine chassis. Sehingga kendaraan itu masih membutuhkan body. Untuk tractor head pun masih membutuhkan trailer,” ujar Hendro Sembodo, Truck Body Builder Advisor PT DCVI kepada rekan media di JIExpo Kemayoran, Jakarta, pada ajang Mining Indonesia 2024, Kamis (12/9/2024).

Menggandeng beberapa rekanan industri karoseri, DCVI mempunyai beberapa syarat diperbolehkannya konsumen untuk melalukan modifikasi.

“Pada prisipnya dari aturan pemeritah melakukan modifikasi itu boleh saja selagi tetap mengutamakan faktor keselamatan dan menghindari praktik pembuatan truk ODOL (over dimension over load),” ungkapnya.

Baca juga: Punya Fitur Modern, Truk Mercedes-Benz Rakitan Dalam Negeri Ramaikan Pameran Mining Indonesia 2024

Batasan Aman Modifikasi Truk Mercedes-Benz Tanpa Gugurkan Masa Garansi

Penambahan over hang belakang truk Mercedes-Benz masih diperbolehkan DCVI

Dikatakan Hendro, untuk modifikasi truk Mercedes-Benz yang aman dan tidak menggugurkan masa garansi ialah menambah over hang bagian belakang.

“Contoh modifikasi yang diperbolehkan DCVI untuk kendaraan seperti truk tangki yang membutuhkan area di bagian belakang, dengan menambahkan over hang bagian belakang. Selama dimensinya masih 62,5 persen dari wheelbase itu boleh. Dengan catatan profilnya masih sama, kedua sistem untuk penguatannya ditambah grading bautnya,” tambahnya.

Modifikasi dengan menambah panjang bagian belakang truk bisa dilakukan atas dasar surat rekomendasi.

"Bagian belakang masih boleh diperpanjang, dan itu harus memakai surat rekomendasi. Prosesnya karoseri mengajukan surat rekomendasi ke kami, kemudian kita pelajari. Oh ini perubahan ROH (Rear Over Hang, red), dimensinya sesuai, persentasi sesuai, kita berikan surat rekomendasi perpanjangan julur belakang. Nah surat rekomendasi ini sebagai lampiran untuk mengajukan SKRB (Surat Keputusan Rancang Bangun),” serunya.

“Kontrol itu untuk menjaga reputasi dan citra merek dari Mercedes-Benz itu sendiri terkait dengan produk. Kalau misalnya apa saja diperbolehkan dan nanti ada dampak negatif, pasti impaknya ke kami juga. Itu yang sebenarnya kami jaga,” sambung Hendro.

Memiliki pengawasan yang ketat, terdapat beberapa modifikasi yang tidak diizinkan oleh perusahaan, namun masih diperbolehkan oleh pemerintah yang tertuang di dalam regulasi.

“Aturan pemeritah, untuk modifikasi yang diperbolehkan yakni FOH (Front Over Hang) atau julur depan, kemudian juga ROH (Rear Over Hang) atau julur belakang. Ubahan yang kedua adalah modifikasi engine dengan tipe yang sama itu boleh. Ketiga menambah sumbu roda bagian belakang,” ucapnya.

“Kalau ada yang bertanya pada kami apakah boleh mengubah truk 4x2 Mercedes-Benz jadi 6x2?Meskipun dari pemerintah boleh, kami tidak mengizinkan. Jikalau karoseri menambah satu sumbu belakang kami tidak izinkan dan garansinya gugur,” jelas Hendro.

Baca juga: Pakai Suspensi Udara, Bus dan Truk Mercedes-Benz Tonjolkan Kenyamanan dan Kuat Muatan Banyak

Layanan DCVI kepada Pelaku Industri Tambang

Deretan truk Mercedes-Benz di Mining Indonesia 2024

Pada Mining Indonesia 2024, DCVI fokus menyoroti berbagai layanan purna jual sesuai dengan kebutuhan para pengguna setia truk Mercedes-Benz. Pertama, untuk mempertahankan kondisi dan ketangguhan truk Mercedes-Benz, ada beberapa kategori suku cadang yang perlu dicermati oleh pelaku industri tambang.

Kategori regular maintenance untuk menjaga kondisi prima dari truk biasanya termasuk dalam jenis competitive pats, sedangkan kategori predictive/repair parts yang masuk dalam jenis captive parts perlu diganti berdasarkan jadwal yang terencana atau ketika terjadi masalah pada truk secara kondisional.

Melihat pentingnya kedua jenis suku cadang ini pada kinerja pelaku industri, maka pada pameran Mining Indonesia 2024 ini DCVI akan memberikan berbagai macam kemudahan untuk pelanggan setianya:

  1. Pemberian voucher senilai Rp 500.000  potongan jasa servis demi meningkatkan loyalitas pelanggan dan juga produksi bengkel, baik di dalam bengkel diler maupun pekerjaan di luar bengkel diler.
  2. Voucher promo potongan harga 40% untuk competitive parts serta 30% untuk captive parts. 
  3. Potongan harga eksklusif pada paket jasa dan suku cadang maintenance hingga 77% untuk Mercedes-Benz Axor Euro 4 dan hingga 44% untuk Mercedes-Benz Actros Arocs Euro 5. 
  4. Sales Fleet Deal Program, Special financing program dan 0% Biaya provisi dari financing partners.

DCVI akan memberikan kemudahan jasa servis dan potongan harga tersebut bagi pelanggan setia semua unit truk Mercedes-Benz, dan beberapa dari fasilitas ini bisa digunakan hingga akhir Desember 2024. Oleh berbagai mitra diler di seluruh area, berbagai fasilitas perawatan berkala, ketersediaan suku cadang asli yang bisa dijangkau dengan mudah, serta dukungan teknis yang cepat dan responsif, diharapkan akan dapat membantu pelaku industri tambang untuk bisa mewujudkan keberlanjutan industri mereka.

Baca juga: Mengenal Fungsi 15 Tombol yang Ada di Ruang Kemudi Mercedes-Benz Axor, Truk Andalan Gudang Garam

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Senior Writer

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Fortuner

Video Pendek Terkait

Chery Tiggo 8 Indonesia hadir dalam dua varian tipe yaitu Premium dan Comfort. Kalau melihat dari luar, perbedaan antara kedua cukup samar. Padahal ada banyak hal yang absen di salah satu varian tersebut. Mungkin kalian agak sedikit bingung dengan lini produk Chery di Indonesia. Mengingat kalau mendengar nama Chery Tiggo 8 sudah ada sejak November 2022. Tapi kok sekarang banyak sekali penamaan Tiggo 8? Oke kita jelaskan lagi satu per satu. Yang dirilis dua tahun lalu adalah Tiggo 8 Pro, berbaren
Chery Tiggo 8 mulai diproduksi di Indonesia dan selanjutnya SUV 7 penumpang ini akan segera didistribusikan ke semua konsumen yang sudah memesannya. Sebagai informasi, Tiggo 8 ini sudah resmi diperkenalkan PT Chery Sales Indonesia (CSI) saat perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 di ICE BSD, City, Tangerang pada Juli lalu. Menurut Mohamad Ilham Pratama selaku Head of Marketing CSI, selama pameran tersebut sudah ada sekitar 150 pemesan Tiggo 8. "Untuk produksi Tiggo 8
Neta Auto Global menghadirkan produk terbaru berupa Neta S Shooting Brake Edition yang mampu melaju dengan jarak tempuh hingga 1.200 km. “C-Class dengan desain mewah nan futuristik serta dilengkapi berbagai fitur canggih ini, menjadikan Neta S sebagai penambah line up produk-produk Neta yang semakin bervariasi dan inovatif,” klaim Neta dalam keterangannya. Kehadiran Neta S Shooting Brake Edition cukup menarik, karena perusahaan jenama China ini, banyak yang memperkirakan hanya menawarkan mobil B
Agen pemegang merek kendaraan niaga bus dan truk Mercedes-Benz di Tanah Air, Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) ikut serta memeriahkan gelaran Mining Indonesia 2024 yang berlangsung di di JIEXPO, Kemayoran dari 11-14 September mendatang. Selama acara berlangsung, pihaknya memamerkan produk truk yang merupakan rakitan lokal kolaborasi dengan mitra karoseri, sekaligus memberikan berbagai layanan purna-jual khusus bagi pelanggan truk Mercedes-Benz. “Sebagai perusahaan manufaktur global ya
PT JIO Distribusi Indonesia selaku agen pemegang merek kendaraan BAIC di Tanah Air memperkenalkan BAIC BJ40 Plus Mining Edition. Mobil edisi khuusu ini hadir melalui perhelatan Mining Indonesia 2024, yang berlangsung di JIEXPO, Kemayoran dari 11-14 September 2024. Kendaraan SUV off-road berpenampilan boxy, BJ40 Plus Mining Edition hadir dengan kelengkapan khusus sebagai standar keamanan dan keselamatan kendaraan di wilayah pertambangan. Cocok digunakan untuk kendaraan operasional para bos tamban

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 170,20 - 190,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
GAC

GAC Aion Hyptec HT

Rp 685,00 Juta

Lihat Mobil
GAC

GAC Aion ES

Rp 386,00 Juta

Lihat Mobil
Nissan

Nissan Serena e-POWER

Rp 635,00 Juta

Lihat Mobil
Lexus

Lexus LBX

Rp 895,00 - 942,00 Juta

Lihat Mobil
MG

MG Cyberster

Rp 1,69 Milyar

Lihat Mobil
Mendatang
Toyota

Toyota Hilux Rangga

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Neta

Neta X

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Geely

Geely RD6

Belum Tersedia

Lihat Mobil