Ditawarkan dalam dua model yakni cabin chassis dan pick up, PT Toyota Astra Motor (TAM) secara resmi mengumumkan harga Toyota Hilux Rangga pada Selasa, 15 Oktober 2024.
Mengenai banderolnya, harga Toyota Hilux Rangga dinagakan mulai dari Rp188,7 juta sampai dengan Rp304,5 juta OTR Jabodetabek. Namun harga ini baru berupa model sasis dan pick up.
Dalam peluncuran kali ini, PT TAM menampilkan setidaknya 14 model Hilux Rangga yang sebagian besar model kerjasama dengan industri karoseri ternama di Tanah Air.
“Untuk industri karoseri sampai dengan saat ini kami kerjasama dengan 70 karoseri. Kedepannya akan terus bertambah. Pada peluncuran Hilux Rangga sekarang ini kami menampilkan 14 model dengan berbagai macam bentuk dari pabrikan karoseri. Ini sebagai contoh sekaligus membuktikan bahwa Hilux Rangga bisa dibuat berbagai macam model menyesuaikan kebutuhan,” ujar Jimmi Suwandy, Marketing Director PT TAM di Jakarta.
Dari 14 model yang ditampilkan, salah satu yang cukup menarik perhatian adalah keberadaan Hilux Rangga minibus. Diketahui bahwa untuk model minibus ini merupakan garapan industri karoseri New Armada, salah satu pabrikan karoseri rekanan TAM yang berkantor pusat di Magelang, Jawa Tengah.
“Ini masih konsep, nanti final desain kemungkinan tidak jauh berbeda. Tahun depan baru akan dilauncing kembali, namun secara global untuk bentuk hampir sama,” ucap Rahmat Tafsir, Marketing PT Mekar Armada Jaya (New Armada) kepada Autofun Indonesia disela-sela peluncurannya.
Lebih lanjut Rahmat menyatakan, Hilux Rangga minibus memiliki kualitas bodi standar manufaktur. “Tentu ada standar kualitas tersendiri dari TAM bahwa kendaraan ini harus sesuai standar model yang mereka produksi, grade quality dari mereka. Karenanya boleh dibilang model ini akan minimalis risiko korosi dan minimalis pendempulan. Dulu kalau diingat ada Kijang Superior, NCH, ya mirip-mirip ke arah situ,” terangnya.
Baca juga: Harga Toyota Hilux Rangga Resmi Diumumkan, Senggol Mitsubishi L300
Kehadiran Toyota Hilux Rangga minibus nantinya masuk sebagai kendaraan penumpang tiga baris yang dapat menampung 7-8 orang. Bicara mengenai bandrol, Rahmat mengatakan untuk harga yang menentukan TAM.
“Kalau biaya saya belum berani share karena ini masih konsep. Rencana baru masuk di tahun depan, kita mau bikin yang namanya maspro seperti zaman dulu Kijang super dan lain-lain. Jadi nanti ini line up-nya tam, masalah pricing nanti TAM yang mengeluarkan, bukan kita,” jabarnya.
Meski begitu dirinya tak menampik bahwa Hilux Rangga minibus bakal dibandrol dengan harga yang sesuai target market.
"Target dari mereka set di harga yang masih kompetitif. Infonya Rp400 jutaan lebih itu dengan spesifikasi yang seperti ini menggunakan basic cabin chassis 2.4 diesel High AT. Ya, kira-kira harganya mirip dengan Hilux double cabin namun sudah berbentuk minibus,” katanya.
Tidak seperti kebanyakan mobil niaga muatan ringan yang ada saat ini, Hilux Rangga hadir dengan ruang kabin yang lebih lapang dan nyaman, sekaligus lebih aman berkat adanya bonnet di depan mobil.
Untuk posisi duduk pengemudi tidak berada di atas sumbu roda, sehingga mobil lebih nyaman karena minim guncangan dan lebih senyap lantaran berkurangnya suara mesin, kemudi, dan suspensi.
Secara tampilan, mobil niaga ini menerapkan desain eksterior yang ikonik bergayakan retro modern. Bodi-nya banyak menggunakan garis tegas dengan menonjolkan kesan agresif, kekar sekaligus tangguh.
Pada bagian fascia, terdapat tulisan TOYOTA pada grill sebagai identitasnya. Karena dibangun berdasarkan varian cabin chassis 2.4 diesel High AT, untuk lampu utamanya Hilux Rangga minibus ini sudah menggunakan LED projector.
Tak ketinggalan untuk sistem pencahayaannya juga sudah dibekali DRL LED yang seolah mengapit lampu utamanya tersebut.
Dilabur dengan warna hijau mint, Hilux Rangga minibus ini untuk tampilan sampingnya sudah diaplikasikan velg alloy. "Basic untuk velg awalnya kan standar kaleng. Selanjutnya untuk velg standar diganti oleh TAM yang alloy berikut ban agar terlihat proper," sambungnya.
Mengenai lingkar roda, mobil ini dipasangkan velg alloy palang enam berkelir hitam berukuran 16 inci. Menyesuaikan bentuk, velgnya dibungkus menggunakan ban all-terrain dengan profil 215/70.
Melihat bagian lain, untuk pintu tengah serta panel bodi bagian samping belakang memiliki garis tegas pada bagian pinggang menyesuaikan garis bentuk desain kepalanya.
Bergayakan crossover, tak ketinggalan untuk pintu bagian bawahnya diaplikasikan body cladding mulai dari over fender di depan hingga belakang. Bicara over fender, pada roda belakang untuk bentuknya disesuaikan dengan bagian depan bawaan mobil.
Begitupun handel pintu tengahnya disamakan dengan pabrikan, dimana bukaannya ditarik ke samping. Oh iya, untuk spionnya turut diubah dengan menggunakan bentuk kotak menyesuaikan desain bodi.
Melihat ke atas, untuk atapnya dicat warna putih lengkap dengan roof rail. Beranjak ke sisi buritan, kaca belakangnya memiliki bentuk kotak.
Menyesuaikan tampilan keseluruhan, pintu bagasi, bumper serta pilar paling belakang mempunyai bentuk kotan dengan garis tegas. Tidak ketinggalan pada pintu bagasinya terdapat tulisan RANGGA sebagai identitas.
Menggunakan basic dari varian cabin chassis 2.4 diesel High AT, untuk nuansa kabinnya mobil ini terkesan mewah. Seperti yang dapat dilihat joknya dipadukan dengan warna coklat dan hitam.
Baca juga: Nggak Kalah Perkasa dari Mitsubishi L300, Toyota Hilux Rangga Bisa Bawa Beban di Atas 1,5 Ton!
Area kokpitnya mobil ini berhasil disematkan head unit layar sentuh berukuran 7 inci pada center cluster yang mendukung berbagi konektivitas modern seperti Android Auto dan Apple Carplay, guna memberikan kenyamanan penggunanya selama perjalanan. Tepat di bawah sistem hiburan terdapat tombol pengaturan AC mulai dari kecepatan kipas hingga suhu.
Terlihat menarik pada console tengahnya terdapat sepasang cup holder tepat di depan tuas transmisi maticnya, serta laci penyimpanan terbuka, dan arm rest di tengah.
Jok baris keduanya mobil ini dilengkapi tiga headrest yang memberikan kenyamanan saat diisi tiga orang. Sebagai salah satu fitur kenyamanan, untuk bagian atap antara baris pertama dan kedua berhasil dibenamkan AC double blower yang secara bentuk menggunakan kepunyaan Toyota Veloz (Spesifikasi | Berita).
Untuk baris ketiga, terlihat joknya dibekali head rest adjustable dengan sandaran punggung yang bisa direbahkan.
Basic yang digunakan New Armada untuk membuat minibus Hilux Rangga mengambil dari varian teratas. Seperti diketahui Hilux Rangga 2.4 diesel High AT dilengkapi berbagai fitur keselamatan seperti, 3-points seatbelt, airbags, immobilizer, side body under run dan cabin protector.
Untuk sistem pengeremannya sendiri sudah didukung dengan Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Distribution (EBD) yang dapat mencegah tergelincirnya roda sekaligus menjaga kestabilan mobil ketika pengemudi melakukan pengereman secara mendadak.
Ada pula fitur canggih berupa Vehicle Stability Control (VSC) dan Traction Control (TRC) menjadi standar di tipe High 2.4 diesel A/T, yang membantu pengemudi mengendalikan kendaraan di jalan sulit, ketika hujan, atau saat membawa muatan berat.
Hilux Rangga varian High 2.4 diesel A/T yang dijadikan minibus ini dibenamkan mesin 2GD-FTV 4-silinder segaris, 16 valve DOHC with VNT Intercooler berkapasitas 2.393 cc. Di atas kertas, tanaga yang diperoleh dari jantung pacu ini memiliki tenaga sebesar 150 PS di 3.400 rpm dan torsi mencapai 343 Nm pada putaran 1.200 – 2.600 rpm dengan dikawinkan transmisi matic 6-percepatan with sequential shift.
Baca juga: Begini Wujud Desain Toyota Hilux Rangga Hasil Kontes Modifikasi Digital