Toyota Hilux Rangga Angkot Siap Beroperasi, Tawarkan Kenyamanan Lebih Baik dari Carry dan Gran Max

Kehadiran Toyota Hilux Rangga di Tanah Air seolah mengingatkan kita ke masa lalu akan kepopuleran Toyota Kijang. Mewarisi DNA Kijang yang terkenal tangguh sekaligus mudah dari segi perawatan, Hilux Rangga bukan cuma sekedar kendaraan niaga muat barang, namun juga bakal digunakan sebagai angkot (angkutan kota) guna memudahkan mobilitas warga Jakarta.

Hilux Rangga angkot dengan livery Mikrotrans merupakan salah satu dari 14 model Hilux Rangga yang ditampilkan dalam peluncuran mobil niaga terbaru Toyota, yang meluncur secara resmi pada 15 Oktober 2024, di Grand Ballroom JIExpo Convention Centre and Theatre, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Jimmi Suwandy mengatakan, Hilux Rangga model angkot ini sudah melakukan uji coba.

“Hilux Rangga angkot Mikrotrans ini untuk spesifikasinya Transjakarta. Jadi kita menampilkan ini pun izin dulu dengan Transjakarta. Kita sudah uji coba jalan di internal kita, namun oleh Transjakarta untuk trial baru dilakukan akhir bulan ini (Oktober 2024). Setiap tahun Transjakarta akan ada penggantian dan penambahan unit. Mudah-mudahan ini jadi pilihan, kayak zaman dulu lah Kijang kan ada model mikrolet,” ucapnya kepada Autofun Indonesia.

Baca juga: Harga Toyota Hilux Rangga Resmi Diumumkan, Senggol Mitsubishi L300

Toyota Hilux Rangga Angkot Bakal Terasa Nyaman

Toyota Hilux Rangga angkot

Didatangkan secara utuh dari Thailand, mobil niaga ini menerapkan desain yang begitu ikonik bergaya retro modern, dimana banyak menggunakan garis tegas menonjolkan kesan agresif, kekar, dan tangguh.

Kehadiran angkot berbasiskan Hilux Rangga seolah kembali membuka memori akan sosok Kijang angkot yang terakhir didiskontinu pada 2006 silam. Mobil dengan bonnet di bagian depan ini memiliki ruang kabin yang lebih lapang dan nyaman.

Mengenai posisi duduk pengemudi tidak berada di atas sumbu roda, sehingga mobil lebih nyaman karena minim guncangan dan lebih senyap lantaran berkurangnya suara mesin, kemudi, dan suspensi.

Pintu samping Hilux Rangga angkot dapat terbuka dan terutup secara otomatis

Hilux Rangga angkot yang ikut dipamerkan dalam peluncurannya merupakan garapan body builder asal Sukabumi, PT Panca Tunggal Bersatu. Industri karoseri kawakan ini sudah sejak lama membuat berbagai macam bentuk konversi bodi khusunya angkot.

Seperti angkutan kota pada umumnya, Hilux Rangga angkot memiliki pintu dengan bukaan lipat di bagian samping kiri. Namun untuk pintu sebagai akses keluar-masuknya penumpang ini menggunakan sistem telematik dalam membuka maupun menutupnya dilakukan secara otomatis.

Bentuk belakang Hilux Rangga angkot

Seperti di bagian atas depan dan sisi samping, pada sisi buritan juga memperoleh running text yang menunjukan trayek.

Mengetahui kenyamanan yang ada di bagian dalam, mobil ini dilengkapi dengan CCTV yang terpantau langsung oleh pengemudi. Ada pula sistem hiburan berupa head unit single din yang memberikan kenyamanan selama perjalanan.

Kabin penumpang Mikrotrans Hilux Rangga

Melihat ke kabin penumpang, mobil ini terdapat layar berukuran besar yang menampilkan beragam informasi seperti call center, identitas kendaraan, trayek dan beberapa lainnya.

Salah satu fitur kenyamanan yang ditawarkan, angkot ini juga sudah dilengkapi AC. “Permintaan Transjakarta untuk Hilux Rangga angkot full AC. Ini tentunya sebagai mobilitas perkotaan yang lebih nyaman dan aman,” tambah Jimmy.

Jika dilihat sistem pendingin udara yang ditawarkan Hilux Rangga sebagai angkutan umum tidak seperti angkot Transjakarta lainnya. Dimana untuk AC nya memiliki kisi-kisi yang diletakan di plafon hingga jok baris paling belakang.

Kisi-kisi AC Hilux Rangga angkot

Dengan model yang diterapkan, tentunya penumpang akan merasa lebih nyaman saat bermacet-macetan lantaran udara sejuk dapat terdistribusi secara merata.

Sebagai bentuk kenyamanan lainnya, Hilux Rangga angkot turut dibekali alat pemecah kaca di beberapa titik serta tombol pembuka pintu dalam keadaan darurat yang merupakan salah satu fitur wajib di kendaraan umum.

Baca juga: Nggak Kalah Perkasa dari Mitsubishi L300, Toyota Hilux Rangga Bisa Bawa Beban di Atas 1,5 Ton!

Menggunakan Varian Diesel 2.4 Standard MT

Mesin diesel 2GD-FTV

Hilux Rangga angkot yang digunakan mengambil dari varian diesel 2.4 Standard MT. Penggunaan tipe ini bukanlah tanpa alasan. "Saat ini permintaan dari Transjakarta itu yang diesel, itu jadi pembeda karena sekarang ini mereka banyak menggunakan yang bensin," ungkap Anton Jimmy.

Untuk mesin diesel yang dipakai memiliki kode 2GD-FTV 4-silinder segaris, 16 valve DOHC with VNT Intercooler berkapasitas 2.393 cc. Mengenai angka yang diperoleh, untuk tenaganya sebesar 150 PS di 3.400 rpm dan torsi mencapai 343 Nm pada putaran 1.200 – 2.600 rpm dengan dipadukan transmisi manual 5-percepatan.

Sebagai informasi, mesin yang serupa juga disematkan pada Hilux single cabin dan double cabin, Kijang Innova reborn, serta Fortuner 2.4.

Varian Diesel Hilux Rangga Lebih Diminati

Hilux Rangga cabin chassis

Dihadirkan dalam dua model utama cabin chassis dan single cabin, harga Toyota Hilux Rangga dibandrol mulai dari Rp188,7 juta sampai dengan Rp304,5 juta.

Harga Toyota Hilux Rangga OTR Jabodetabek terbaru 2024

  • Bensin Hilux Rangga Cab-Chassis 2.0 Standard MT: Rp 188.700.000
  • Bensin Hilux Rangga Pick Up 2.0 Standard MT: Rp 193.600.000
  • Bensin Hilux Rangga Pick Up 2.0 Standard 3 Way MT: Rp 194.600.000
  • Bensin Hilux Rangga Pick Up 2.0 High MT: Rp 215.700.000
  • Diesel Hilux Rangga Cab-Chassis 2.4 Standard MT: Rp 244.700.000
  • Diesel Hilux Rangga Pick Up 2.4 Standard MT: Rp 249.600.000
  • Diesel Hilux Rangga Pick Up 2.4 Standard 3 Way MT: Rp 250.600.000
  • Diesel Hilux Rangga Pick Up 2.4 High MT: Rp 283.600.000
  • Diesel Hilux Rangga Cab-Chassis 2.4 High AT: Rp 299.200.000
  • Diesel Hilux Rangga Pick Up 2.4 High AT: Rp 304.500.000

Hadir dalam dua pilihan mesin, di Indonesia varian diesel lebih diminati.

“Hilux Rangga diimpor langsung dari Thailand. Sampai dengan Desember jatah kita 1.000 unit dan sebanyak 700 unit sudah didistribusikan, jadi sisa kuota sampai dengan akhir tahun menyisakan 300 unit. Untuk sekarang 80% varian diesel lebih diminati, sisanya bensin 20%. Model bensin lebih banyak digunakan di Kalimantan, sedangkan diesel di Pulau Jawa dan Sumatera,” terangnya.

Konsumsi BBM Hilux Rangga Diesel Tembus di Atas 14 Km/Liter

Varian mesin diesel tawarkan konsumsi BBM lebih efisien

Regional Chief Engineer of Hilux Rangga Toyota Motor, Jurachart Jongusuk menyatakan, konsumsi BBM Hilux Rangga diesel tembus di atas 14 km/liter.

“Berdasarkan pengujian, model diesel untuk konsumsi bahan bakar terbaik tembus 14,9 km/liter. Untuk mesin bensin kami belum punya datanya tetapi untuk sekarang dan saya percaya sedikit di bawah diesel, bisa sekitar 11-12 km/liter. Tapi itu kembali lagi tergantung beban yang diangkat serta gaya berkendara,” jelasnya.

Sebagai informasi, varian bensin mobil ini dipersenjatai mesin 1.998 cc berkodekan 1TR-FE 4-silinder, 16 valve DOHC Dual VVT-i yang dapat memeras tenaga 139 PS di 5.600 rpm dengan torsi 183 Nm pada 4.000 rpm.

Jika Hilux Rangga mesin diesel memiliki opsi transmisi matic 6-percepatan with sequential shift khusus varian 2.4 High AT, varian bensin hanya dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan.

Baca juga: Toyota Hilux Rangga Bakal Hadir Dalam Versi Minibus, Begini Tampilan dan Harganya

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Senior Writer

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Hilux Rangga

Video Pendek Terkait

Test Drive Hyptec HT kali ini memang cukup singkat, hanya rute Jakarta - Bogor - Jakarta dengan total jarak 149 kilometer (km). Hyptec HT, awalnya kami cukup kebingungan menyebut mobil yang satu ini. Sebab saat mengumumkan hadir di Indonesia pada April 2024 lalu, yang kami ketahui tentang brand asal Tiongkok yang satu ini hanyalah GAC. Namun ternyata GAC merupakan induk perusahaan tersebut yang di bawahnya bernaung beberapa brand. Seperti Aion, Hyper, dan Trumpchi. Lantas GAC juga memasarkan Toy
Mazda, merupakan merek mobil yang hadir di Indonesia, namun secara penjualan memang tidak sebanyak pabrikan Jepang. Lihat saja, sepanjang Januari-September 2024, penjualan mobil Mazda baru menyentuh angka 3.447 unit. Beda halnya dengan beberapa brand otomotif dari Jepang lain seperti Toyota yang sudah lebih 200 ribu unit, dan juga Daihatsu tembus lebih dari 120 ribu. Bahkan Mazda juga kalah jauh dari segi penjualannya, jika dibandingkan Honda, Mitsubishi dan juga Suzuki, yang ketiganya sudah men
PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menunjuk Ju Hun Lee yang kini menjabat sebagai President Director Hyundai di Indonesia. Ju Hun Lee, yang akan meneruskan tongkat estafet dari Woojune Cha, akan semakin memperkuat langkah strategis Hyundai di industri otomotif Tanah Air. Ju Hun Lee memiliki lebih dari 23 tahun pengalaman di industri otomotif. Sebelum ditunjuk sebagai Presiden Direktur Hyundai Indonesia, Lee menduduki berbagai posisi strategis, termasuk Head of Hyundai Motor Asia Pacific New Busi
Ditawarkan dalam dua model yakni cabin chassis dan pick up, PT Toyota Astra Motor (TAM) secara resmi mengumumkan harga Toyota Hilux Rangga pada Selasa, 15 Oktober 2024. Mengenai banderolnya, harga Toyota Hilux Rangga dinagakan mulai dari Rp188,7 juta sampai dengan Rp304,5 juta OTR Jabodetabek. Namun harga ini baru berupa model sasis dan pick up. Dalam peluncuran kali ini, PT TAM menampilkan setidaknya 14 model Hilux Rangga yang sebagian besar model kerjasama dengan industri karoseri ternama di T
Setelah lama dinanti-nanti, pada akhirnya PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan dan mengumumkan harga Toyota Hilux Rangga pada Selasa (15/10). Dihadirkan dalam dua model utama cabin chassis dan single cabin, harga Toyota Hilux Rangga dibandrol mulai dari Rp188,7 juta sampai dengan Rp304,5 juta. Harga Toyota Hilux Rangga OTR Jabodetabek terbaru 2024 Bensin Hilux Rangga Cab-Chassis 2.0 Standard MT: Rp 188.700.000 Bensin Hilux Rangga Pick Up 2.0 Standard MT: Rp 193.600.000 Bensin Hilux Rangga Pic

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 170,20 - 190,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Tiggo 8

Rp 349,50 - 400,00 Juta

Lihat Mobil
Neta

Neta X

Rp 428,00 - 448,00 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5 GT

Rp 453,80 - 493,80 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Tiggo 8 Pro Max

Rp 586,50 - 628,50 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda E5

Rp 419,80 - 498,80 Juta

Lihat Mobil
GAC

GAC Aion Hyptec HT

Rp 685,00 Juta

Lihat Mobil
GAC

GAC Aion ES

Rp 386,00 Juta

Lihat Mobil
Nissan

Nissan Serena e-POWER

Rp 635,00 Juta

Lihat Mobil
Toyota Hilux Rangga
Lihat