Hyundai Santa Fe Hybrid 2024 Ternyata Punya 3 Baterai, Buat Apa Saja?

All New Hyundai Santa Fe Hybrid 2024 menjadi model hybrid pertama Hyundai di Indonesia. SUV 7 penumpang ini memanfaatkan teknologi mesin bensin ditambah turbocharger dan juga motor listrik dan baterai.

Nah sedikit berbeda dengan mobil bersistem hybrid (Hybrid Electric Vehicle) lainnya yang umumnya cuma punya satu atau dua baterai, pada Hyundai Santa Fe Hybrid 2024 ini diperkuat dengan tiga baterai sekaligus. Ketiga baterai tersebut yakni High Voltage Battery, Lithium Battery MOdule, dan Battery 12V.

Lantas apa peran dari masing-masing baterai ini? Bonar Pakpahan selaku Product Expert Assistant Manager PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menyebutkan kalau setiap baterai punya tugas tersendiri.

"Jadi setiap baterai ini punya fungsi masing-masing," papar Bonar saat ditemui di acara Hyundai Media Drive The All New Santa Fe, di Garut, Jawa Barat, Rabu (4/12/2024).

Baca juga: All New Santa Fe 2024 Jadi Mobil Ketiga Hyundai Buatan Cikarang yang Mengusung Teknologi Elektrifikasi

Fungsi Baterai Hyundai Santa Fe Hybrid 2024

Struktur dan posisi baterai di All New Santa Fe Hybrid

Lebih lanjut Bonar menjelaskan, untuk High Voltage Battery Assembly merupakan baterai utama yang digunakan untuk mendukung kinerja motor listrik pada sistem HEV mobil ini. 

Menggunakan baterai jenis Lithium-ion berkapasitas 1,49 kWh, baterai tersebut akan menggerakkan motor electric jenis Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) saat mesin ICE (Internal Combustion Engine) di mobil ini berhenti bekerja.

"Baterainya disimpan di bawah jok pengemudi tapi bukan langsung di bawah jok, melainkan menyatu dengan sistem sasis supaya lebih kokoh," kata Bonar. Baterai ini juga diganjar garansi oleh Hyundai selama 8 tahun atau 160.000 km.

Kemudian baterai yang kedua adalah Lithium Battery Module. Baterai ini sama-sama menggunakan jenis Lithium-ion hanya saja kapasitasnya jauh lebih kecil yakni 12 volt (0,012 kw). Lantas apa fungsi baterai yang penempatannya ada di bagian belakang sebelah kanan itu?

Fitur Bluelink juga sudah ada di All New Santa Fe

"Baterai ini untuk memberikan listrik ke beberapa perangkat elektronik pada mobil ini yang harus bekerja terus menerus walaupun mobil dalam keadaan mesin mati," jelas Bonar.

Beberapa perangkat yang harus tetap update itu, dijelaskan olehnya satu antara lain adalah fitur Bluelink yang ada di Hyundai Santa Fe 2024. Bluelink merupakan sebuah platform teknologi yang memungkinkan pemilik kendaraan Hyundai terhubung dengan mobilnya melalui aplikasi pada ponsel.

Beberapa aktifitas yang bisa dilakukan melalui aplikasi Bluelink yaitu Remote Engine Start/Stop, Remote Door Lock/Unlock, Find My Car, Remote Open/Close Windows, sampai menghubungi Call Center Hyundai 7x24 Jam jika pemilik kendaraan membutuhkan bantuan layanan darurat. Dengan Bluelink pula terdapat layanan OTA (Over The Air) software updates yang memungkinkan perangkat lunak pada kendaraan terupdate kapan pun dan dimanapun.

Dengan kemampuan tersebut, teknologi Bluelink ini mewajibkan aktif terus menerus meskipun dalam kondisi mesin mobil dan motor electric berhenti bekerja. Dan perangkat ini tentunya membutuhkan suplai listrik.

Mesin 1.6-liter Turbo yang terintegrasi dengan HPCU

"Karena teknologi Bluelink itu aktif terus menerus jadi gak mungkin kalau pakai suplai listrik dari baterai aki. Nanti akinya malah jadi gampang tekor. Karena itulah ada Lithium Battery Module ini. Kapasitasnya tidak besar cuma 12 volt sama dengan baterai aki," jelas Bonar.

Sementara itu Sugihartono selaku Head of Technical and Quality Management PT HMID menambahkan, karena menggunakan jenis lithium-ion yang berbeda dengan baterai sel dari aki yang pakai jenis lead acid, maka usia pakai Lithium Battery Module ini juga lebih panjang dari usia pakai baterai aki.

Kemudian selain untuk mendukung aktivitas fitur yang bekerja secara terus menerus seperti Bluelink, baterai kedua di Hyundai Santa Fe Hybrid 2024 ini membantu sistem Hybrid Power Control Unit (HPCU) di kendaraan tersebut. Satu diantaranya membuat proses starter mesin mobil pertama kali lebih halus.

Sementara itu, untuk baterai ketiga yang ada di All New Santa Fe Hybrid adalah baterai aki (accu). Posisi aki mobil ini ada di bagian belakang sebelah kiri pada area bagasi dekat dengan lampu kombinasi belakang.

Headunit dan lainnya disuplai listrik dari baterai aki

Sama seperti sistem aki pada mobil umumnya, baterai ini juga untuk mengaktifkan sejumlah perangkat elektronik. Misalnya lampu-lampu, head unit, klakson, dan lainnya.

Namun antara baterai aki ini dengan Lithium Battery Module saling terkait secara seri. Artinya saat mobil melakukan Regenerative Braking, maka akan melakukan pengisian daya untuk Battery Module dan aki.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Daftar Harga All New Hyundai Santa Fe 2024 Semua Varian

Santa Fe Pakai Sistem Hybrid Paralel

Saat kecpatan rendah, motor elekrik yang bekerja

Lebih lanjut Sugihartono menjelaskan kalau di teknologi otomotif dikenal ada dua tipe sistem HEV, yaitu hybrid seri dan hybrid parallel.Kedua teknologi ini dibedakan berdasarkan sistem kerja antara motor electric dan mesin ICE yang terpasang.

“Secara sederhananya, sistem hybrid paralel teknologinya memungkinkan baik mesin maupun motor listrik bekerja secara independen. Atau keduanya bekerja secara simultan. Sementara hybrid seri, motor listriknya didesain sebagai penggerak utama mobil, sedangkan mesin konvensionalnya bekerja sebagai range ekstender,” kata dia.

Ia menyebutkan kelebihan sistem hybrid paralel karena lebih dinamis dan dari sisi performa lebih fleksibel. “Karena saat akselerasi awal bisa pakai motor EV, setelah itu untuk mendapat tenaga lebih baik mesin ICE yang jalan. Tapi kalau di hybrid seri mesinnya hanya untuk bantu kinerja motor listrik. Performa kendaraan murni dari motor EV,” jelasnya.

Saat berakselerasi aau di jalan menanjak seperti ini, sistem hybrid paralel lebih powerfull

Walaupun secara kinerja berbeda, namun dari segi perawatan antara hybrid seri dan paralel memiliki kemiripan. Ini lantaran komponennya secara garis besar masih sama. Yaitu ada mesin bensin, ada transmisi, serta ada motor electric. Jadi tetap ada perawatan seperti ganti oli, filter, dan sebagainya

“Tapi biasanya yang hybrid seri pakai mesin dengan cc lebih kecil karena betul-betul fungsinya hanya untuk support motor EV, tugasnya seperti generator, tapi tidak bisa menghasilkan performa untuk mobil. Jadi kalau misalnya mobilnya ukurannya cukup besar dan mau tenaga besar pula, maka yang dibesarkan motor EV-nya,” tukas Sugihartono.

Baca juga: 5 Daya Tarik Hyundai SANTA FE 2024 yang Bisa Bikin Fortuner dan Pajero Sport Terdiam

Spesifikasi Hyundai Santa Fe Hybrid 2024

Ada tipe Prime dan Calligraphy

All New Santa Fe Hybrid 2024 menggunakan kombinasi antara mesin 1.6 GDI Turbocharged dengan motor elektrik. Mesin bensinnya berkekuatan 180 PS dengan torsi 265 Nm, sementara motor listrik tipe Permanent Magnet Synchronous bisa menghasilkan daya 44,2 kW (60 PS) dengan torsi 264 Nm.

Menggunakan transmisi otomatis 6-percepatan, seluruh varian All New Santa Fe menawarkan tiga pilihan Drive Mode, yaitu Eco, Normal, Sport untuk membantu pengemudi menentukan gaya berkendara sesuai kebutuhan. Mode Eco menciptakan kinerja kendaraan yang semakin efisien. Mode Normal menjadi pengaturan default yang cocok untuk mobilitas harian. Lalu, mode Sport hadir untuk mendorong akselerasi mobil yang lebih cepat. 

Pada varian Calligraphy, Hyundai Santa Fe 2024 sudah memiliki fitur keamanan dan keselamatan yang sangat lengkap. Diantaranya kehadiran Hyundai SmartSense yang membawa beberapa fitur keselamatan aktif, seperti:

  • Blind-spot Collision-avoidance Assist (BCA)
  • Forward Collision-avoidance Assist (FCA)
  • Parking Collision-avoidance Assist - Reverse (PCA-R)
  • Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist (RCCA)
  • Smart Cruise Control (SCC)
  • Surround View Monitor (SVM)

Meski demikian, varian Prime juga tidak berarti hadir tanpa teknologi unggulan. Sebab di tipe ini sudah ada airbags untuk pengemudi dan penumpang depan serta curtain airbags sebagai perangkat keselamatan standar.

Lantas ada juga Downhill Brake Control (DBC), Crosswind Stability Control (CSC), dan Multi-Collision Braking (MCB). Sebagai informasi juga, sistem pengereman mobil ini sudah dibekali dic brake pada keempat rodanya di semua varian tipe.

Spesifikasi Teknis All New Hyundai Santa Fe 2024
Dimensi
Panjang 4.830 mm
Lebar 1.900 mm
Tinggi 1.770 mm
Jarak sumbu roda 2.815 mm
Jarak ke tanah 177 mm
Ukuran roda 255/45 R20
Mesin
Tipe mesin 1.6-liter Turbocharged GDI Hybrid
Kapasitas silinder 1.600 cc
Jumlah silinder 4
Daya maksimum 180 PS @5.500 rpm
Torsi maksimum 265 Nm @1.500-4.500 rpm
Tipe motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor
Daya motor listrik 44,2 kw (60 PS)
Torsi motor listrik 264 Nm
Transmisi Otomatis 6-percepatan
Sasis
Suspsnei depan MacPherson Strut
Suspensi belakang Multi-Link
Rem depan Ventilated Disc
Rem belakang Disc
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Hyundai Santa Fe

Video Pendek Terkait

Related Videos

Review Lengkap Hyundai Santa Fe 2021 Bensin, Lebih Nyaman dari Varian Diesel? | Test Drive

2021 Hyundai Santa Fe Detailed Look: Serious SUV Makeover

Hyundai HYBRID Santafe SUV 2021! NEW LOOK!

Rincian biaya service Toyota Yaris Cross hybrid di bengkel resmi sampai dengan penggunaan 100.000 kilometer akan kami sampaikan secara detail melalui ulasan ini. Menempati segmen SUV kompak 5-seater dengan mengusung teknologi strong hybrid, Yaris Cross HEV merupakan mobil hybrid Toyota termurah yang ada saat ini. Keberadaannya dihadapkan secara langsung dengan MG VS HEV dan Haval Joilion HEV. Sebagai informasi, harga Yaris Cross hybrid sendiri ditawarkan mulai dari Rp440,6 juta sampai dengan Rp4
Pada artikel kali ini kami akan membahas apa saja kelebihan dan kekurangan Geely MK2. Sebagian orang mungkin masih cukup asing jika mendengar nama Geely MK2. Geely MK2 sendiri merupakan hatchback kompak asal Negeri Tirai Bambu pesaing dari Toyota Yaris dan Honda Jazz, yang dihadirkan di Indonesia pertama kali pada 2010 oleh PT Geely Mobil Indonesia (GMI). Untuk pasar Indonesia, MK2 dihadirkan dalam dua varian yaitu 1.5 GS dan 1.5 GT. Saat pertama kali meluncur, tipe 1.5 GS dibandrol Rp133,5 juta
Berikut ini merupakan perbandingan konsumsi bahan bakar Suzuki Ertiga vs Honda Mobilio. Sama-sama berada di segmen Low MPV, dari keduanya manakah yang lebih irit BBM? Konsumsi bahan bakar memang sampai saat ini seringkali menjadi salah satu pertimbangan ketika seseorang hendak membeli mobil. Apalagi harga BBM di negara ini terus saja mengalami fluktuasi dan lebih sering merangkak naik dari bulan ke bulan. Sementara itu, disatu sisi ketika seseorang hendak membeli mobil listrik berbasis baterai (
All New Hyundai SANTA FE 2024 sudah resmi dihadirkan oleh PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) pada 24 Oktober 2024 lalu di Jakarta. Ini merupakan generasi kelima dari SANTA FE secara global. Dan untuk pasar Indonesia, ia datang dengan opsi mesin Internal Combustion Engine (ICE) dan Hybrid Electric Vehicle (HEV). Bagi Hyundai, kehadiran All New SANTA FE ini bukan hanya sebagai momentum untuk memukul balik rival-rivalnya di segmen kendaraan SUV (Sport Utility Vehicle). Sebab hadirnya teknologi HEV
Kalian yang penasaran berapa biaya service Toyota Hilux Rangga di bengkel resmi hingga pemakaian 100.000 kilometer, kami akan menyampaikannya melalui ulasan kali ini. Sebagai kendaraan niaga, Hilux Rangga diharikan dalam dua model, yakni pick up dan single cabin. Kuat dan tangguh untuk mendukung kegiatan bisnis sehari-hari, Hilux Rangga ditopang menggunakan sasis tangga dengan platform IMV seperti yang digunakan Hilux, Fortuner, dan Kijang Innova. Melalui proyek IMV-0, menegaskan Toyota kembali

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 170,20 - 190,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Hyundai Santa Fe
Lihat