Sebagai bentuk tanggung jawab terhadap pelanggan setianya, PT Honda Prospect Motor (HPM) melakukan recall atau program product update berupa pemeriksaan dan penggantian komponen terhadap 3 model mobilnya yang terdampak. Adapun model mobil yang terdampak recall yaitu Honda Civic, All New Honda CR-V dan All New Honda Accord.
“Honda selalu berkomitmen pada keselamatan dan kenyamanan pelanggan. Oleh karena itu, kami mengambil langkah proaktif ini untuk memastikan bahwa kendaraan Honda tetap memenuhi standar kualitas dan keamanan yang telah kami tetapkan. Seluruh pelanggan yang kendaraannya teridentifikasi berhak mendapatkan pemeriksaan atau penggantian komponen untuk memastikan kendaraannya berada pada standar keselamatan dan kualitas yang tertinggi,” ujar Yusak Billy, Sales & Marketing and After Sales Director PT HPM melalui keterangan resminya, Jum’at (3/1/2025).
Baca juga: Ratusan Unit Mitsubishi L300 Produksi Filipina Kena Recall, Ini Penyebabnya
Tercatat pada recall mobil Honda kali ini terdapat dua bagian yang komponen yang terdampak, yakni Steering Gearbox dan High Pressure Fuel Pump. Pada Steering Gearbox yang bermasalah akan mengalami kendala seperti bunyi abnormal. Model kendaraan yang teridentifikasi dalam program ini sejumlah 7.632 unit.
Berikut model dan tahun produksi mobil Honda yang terdampak masalah pada Steering Gearbox.
Selanjutnya komponen High Pressure Fuel Pump yang bermasalah berpotensi menimbulkan bau bahan bakar di ruang kabin. Setidaknya sebanyak 4.020 unit kendaraan teridentifikasi dalam program ini, dengan rincian sebagai berikut:
Sebagai informasi, untuk proses penggantian komponen pada Steering Gearbox diperkirakan memerlukan waktu sekitar 1–4 jam, sedangkan penggantian High Pressure Fuel Pump hanya membutuhkan sekitar 1 jam.
Baca juga: BYD Dolphin dan Atto 3 Kena Recall, Bagaimana Nasibnya di Indonesia?
Bagi pemilik mobil Honda terlebih model dengan tahun yang disebutkan di atas, kalian bisa melakukan pengecekan apakah kendaraannya termasuk dalam program recall atau tidak.
Langkah pertama pemilik mobil diharuskan mengunjungi link pud.honda-indonesia.com yang kemudian memasukan nomor rangka atau VIN (Vehicle Identification Number) kendaraan. Namun sebagai catatan bahwa tidak semua kendaraan dengan tahun produksi yang disebutkan di atas teridentifikasi dalam program ini.
Perlu diketahui bahwa kendaraan yang terdampak recall untuk penggantian komponen dilakukan di dealer resmi Honda terdekat yang mana dapat menghubungi atau mendatangi secara langsung untuk mendaftar dan menjadwalkan pemeriksaan dan penggantian komponen.
Pemeriksaan atau penggantian komponen dapat dilakukan mulai dari Jumat, 3 Januari 2025, dan dilakukan tanpa dikenakan biaya apapun.
Baca juga: Lagi, Toyota bZ4X di Indonesia Kena Recall, Ada Apa Ya?