Baru-baru ini sebuah kendaraan niaga jenis double cabin yang diprediksi kuat merupakan Toyota Hilux facelift 2025 tertangkap kamera sedang melakukan tes jalan di Thailand dengan bertutupkan kamuflase di bagian wajah, velg, serta baknya.
Jika dilihat pesaing dari All New Mitsubishi Triton tersebut masih menggunakan model dari Hilux yang ada saat ini, terlihat dari stiker kamuflase yang disematkan hanya di beberapa bagian.
Pembuktian lain apabila dilihat secara detail, lekukan pintu serta bentuk setiap pilar serta spion masih sama dan dengan ditopang menggunakan sasis tangga Innovative International Multi-purpose Vehicle (IMV).
Tangkapan gambar yang diunggah oleh situs otomotif Thailand, Headlightmag memberikan gambaran luar yang cukup detal akan Hilux facelift ini.
Baca juga: Toyota Hilux Rangga Ingin Mengulang Kesuksesan Kijang Kapsul di Era 1990-a
Meski diselimuti dengan stiker kamuflase, Toyota Hilux facelift 2025 yang berhasil tertangkap kamera masih menunjukan dengan jelas garis serta lekukannya. Terlihat bahwa Hilux facelift yang dikabarkan akan meluncur secara global di Negeri Gajah Putih pada semester kedua tahun ini memiliki desain fascia yang terlihat lebih bengis dibandingkan model yang ada sekarang ini.
Untuk lampunya kini memiliki bentuk lebih pipih dan menyudut yang tampaknya terbagi menjadi beberapa bilah. Selanjutnya di bagian tengah terdapat garnish memanjang yang seolah menghubungkan lampu di kedua sisi.
Oh iya, Headlightmag sebelumnya juga telah membuat render Hilux facelift 2025 menyerupai dengan mobil asli yang tertangkap kamera. Bila dilihat untuk grill model terbarunya lebih kecil dengan bentuk kotak serta kisi-kisi berbentuk honey comb atau sarang lebah.
Selanjutnya bagian bumper terdapat air dam berbentuk kotak dengan kisi-kisi berupa garis horizontal. Terlihat bumpernya kini lebih lancip untuk bagian ujungnya dan terdapat housing lampu berbentuk segitiga.
Bagian samping terlihat Fortuner facelift kedapatan velg baru multi-spoke dengan jari-jari rapat. Dengan bertutupkan stiker kamuflase, bagian bak samping tampaknya mendapatkan improvement bentuk yang terlihat sedikit ramping. Sedangkan pada sisi buritan, diprediksi bahwa penutup bak bakal mendapat revisi yang cukup signifikan termasuk dengan stoplamp dan bumper.
Sayang desain bagian dalam tidak ditampilkan melalui gambar. Namun bagian dalamnya disebut-sebut akan mendapat material dengan kualitas lebih premium dengan dipadukan beberapa tambahan fitur modern.
Dituliskan bahwa Toyota Hilux facelift 2025 akan mendapatkan penyempurnaan dari segi sistem peredam kejut dan sistem kemudi guna meningkatkan kenyamanan berkendara. Jika model sebumnya mengandalkan power steering dengan hidrolik, Hilux facelift pada sistem kemudinya disebut-sebut bakal menerapkan teknologi Electonic Power Steering (EPS) yang prakit dan mudah dari segi perawatan.
Berikutnya untuk varian atas bakal dibekali fitur bantuan keselamatan (ADAS) yang lebih canggih, serta sistem pengereman berupa cakram di semua roda yang mana dapat meningkatkan performa dari mobil ini.
Untuk bagian teknis lainnya, Headlightmag menuliskan kemungkinan besar tidak banyak perubahan. Di Negeri Gajah Putih mobil ini tetap mempertahankan mesin diesel 1GD 2.800 cc sebagai jantung pacu utamanya, namun terdapat sedikit pembaruan di sektor gas buang yang menyesuaikan emisi Euro 5 dan 6.
Baca juga: Harga Toyota Hilux Rangga Dijual Lebih Mahal dari Mitsubishi L300
Untuk pasar Tanah Air Toyota Hilux Double Cabin saat ini ditawakan dalam empat varian. 2.4 E 4x4 MT dengan bandrol Rp454,6 juta, 2.4 E-RTS 4x4 MT Rp463,5 juta, 2.4 G 4x4 MT Rp488,3 juta, dan 2.4 V 4x4 AT Rp539,9 juta OTR Jakarta.
Sebagai kendaraan niaga, Hilux Double Cabin 4x4 bukan cuma cocok digunakan mendukung kegiatan bisnis, namun juga dapat dimanfaatkan untuk menyalurkan kegiatan hobi dengan karakter tangguh dan agresif dan sanggup melahap semua medan jalan. Bagian dari versi pembaruan, New Hilux Double Cabin meluncur di Indonesia pada Februari 2024.
Dibangun dengan menggunakan kode body IMV3, Hilux Double Cabin yang dipasarkan di Indonesia mendapat penyegaran secara minor change pada tampilan eksterior dan interior. Pada bagian fascia, menggunakan Black Upper Grille bergaya trapezoidal dengan dynamic honeycomb mesh.
Berkat penggunaan grill baru, membuat mobil ini terkesan kokoh, tangguh, sekaligus lebih agresif. Selain itu juga dipadukan headlamp tipis bergaya sporty sekaligus modern. Kesan kokoh terus berlanjut ke area bumper depan di mana terdapat unique low floor underguard, bersama vertical foglamp bezel hitam yang membantu mengurangi kesan lebar.
Kehadiran bumper baru ini dapat meningkatkan kesan rendah yang dapat meningkatkan aerodinamika berkendara. Sebagai informasi tambahan, di dalam, untuk interior tipe G dan tipe V mendapatkan tambahan defogger di kaca belakang.
Mengenai sistem audio yang digunakan tipe E disematkan model standar, sedangkan varian G mendapatkan Premium Audio, dan tipe V diapikasikan AVX 7 ini yang dilengkapi fitur mirroring. Tak hanya itu, tipe V turut mendapat tambahan clearance sensor di depan dan belakang untuk memudahkan manuver ketika sedang melakukan parkir.
Dari segi keselamatan tipe E telah dilengkapi ABS dan EBD, serta 3 airbags. Sedangkan untuk dua tipe diatasnya mendapat tambahan BA, VSC, TSC dan HAC. Baik tipe G maupun V memiliki 5 buah airbags yang dapat meminimalisir cedera lebih baik lagi kepada setiap penggunanya ketika mengalami benturan cukup keras.
Oh iya, mobil ini juga pada sistem peredam kejutnya mendapatkan penyetelan ulang. Improvement pada sistem suspensi dilakukan di bagian susunan per daun (leaf spring) untuk menciptakan rasa nyaman ketika melewati jalan berkontur dan membuat mobil tidak mudah limbung ketika menikung atau pindah lajur. Hal ini juga menjamin kemampuan Hilux Double Cabin 4x4 tangguh di medan off-road.
Di Indonesia, Hilux Double Cabin 4x4 dibenamkan mesin diesel berkodekan 2GD-FTV Euro4 4-silinder segaris, 16 valve, DOHC, with VNT Intercooler. Di atas kertas mesin berkapasitas 2.393 cc yang digunakan mampu melecutkan tenaga hingga 147 PS di 3.400 rpm serta torsi maksimal mencapai 400 Nm pada 1.600 - 2.000 rpm.
Mengenai transmisi yang digunakan, varian E dan G dipadukan dengan gear box manual 6-percepatan, sedangkan tipe V dikawinkan transmisi otomatis 6-percepatan super ECT torque converter dengan durabilitas tinggi.
Mesin 2GD yang tersematkan memiliki durabilitas tinggi, perawatan mudah dan irit bahan bakar. Berbeda dengan mesin diesel 2KD, jantung pacu 2GD sudah menggunakan timing chain untuk menggerakan kruk as dan noken as secara selaras sehingga pengguna tidak perlu menggantinya secara berkala.
Oh iya, mengenai penggunaan konsumsi bahan bakar, mesin 2GD dengan rute kombinasi dapat menempuh jarak 14-16 km/liter. Sebagai informasi tambahan, Hilux Double Cabin untuk pasar Indonesia ditawarkan dalam empat pilihan warna, seperti; Attitude Black Metallic, Dark Gray Mica Metallic, Silver Metallic dan Super White II.