Ada Toyota Rangga Concept Versi Basic di GIIAS Bandung 2023, Harganya Setara Avanza
Prasetyo · 23 Nov, 2023 12:02
0
0
Toyota Rangga Concept sepertinya sudah tinggal menunggu waktu saja untuk diperkenalkan versi produksinya.
Jika beberapa waktu lalu tertangkap kamera sosok mobil ini yang masih tertutup stiker kamuflase di area Bekasi, Jawa Barat, maka sekarang wujudnya terungkap utuh tanpa ada yang ditutupi.
Ya, sosok Toyota Rangga Concept namun dengan wujud yang seperti sudah tahap produksi massal terlihat ada di booth Toyota pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Bandung 2023.
Masih dari penuturan wiraniaga itu, unit yang dipamerkan ini adalah varian terendah dari Rangga, sebab fiturnya juga masih sangat sederhana.
Lihat saja bagaimana lampu depan yang masih pakai halogen, kemudian lampu sein depan juga tidak LED, bemper depan warna black matte bukan senada body, tidak ada lampu kabut, dan gril depan juga polos tanpa aksen warna lain.
Beranjak ke samping juga terlihat tubuh mobil ini yang sangat polos, diantaranya masih menggunakan steel wheels alias velg kaleng berpadu ban spesifikasi light truck ukuran 195/R14 C dari Bridgestone.
Selanjutnya terlihat juga handle pintu yang lagi-lagi pakai warna hitam dof bukan mengikuti kelir bagian pintu lainnya, serta cover spion luar yang juga warna black matte.
Sayangnya kedua pintu mobil pick up Toyota ini tidak bisa dibuka, sehingga kami tak dapat mengabadikan tampilannya seperti apa.
Area lain yang terlihat jelas dari Toyota Rangga Concept yang dipajang ini adalah bagian bak kargo belakang yang sepertinya bisa muat sangat banyak barang bawaan.
"Bobot maksimal yang bisa diangkut sampai 2 ton," ucap wiraniaga tadi.
Itu berarti daya angkut Rangga hanya sedikit di bawah Toyota Hilux single cabin yang punya kemampuan angkut maksimal di 2,8 ton.
Kemudian bagian yang terlihat lagi adalah area kolong kendaraan tersebut, yang ternyata mobil ini masih pakai suspensi depan tipe leaf spring seperti halnya yang pernah dipasang pada Toyota Kijang generasi awal.
Tampak juga bagian gardan penggerak roda belakang, serta stiker "DIESEL" dekat tutup tangki bahan bakar kendaraan ini yang bentuknya mirip juga dengan tutup tangki kepunyaan Kijang lawas.
"Mesinnya memang ada dua, diesel dan bensin, sama dengan Innova lama," kaat si sales tadi.
Penuturan ini seakan menegaskan ucapan Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) ketika di GIIAS 2023 ICE BSD City Agustus lalu menyebut jika pihaknya akan pakai dua opsi mesin untuk Rangga.
"Pakai platform IMV (Innovative International Multi-purpose Vehicle) yang sama dengan Hilux dan Fortuner, mesinnya ada TR engine dan GD engine," kata dia.
Dengan begitu, bisa dipastikan Rangga akan pakai mesin 1TR-FE 4-silinder, 16 valve DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.998 cc yang memiliki tenaga 139 PS di 5.600 rpm dengan torsi 183 Nm pada 4.000 rpm.
Sedangkan opsi mesin keuda adalah jantung pacu diesel 2GD-FTV 4-silinder 16 valve DOHC with VNT Intercooler berkapasitas 2.393 cc nya sanggup melecutkan tenaga hingga 149 PS di 3.400 rpm dan torsi mencapai 359 Nm pada putaran 1.200 – 2.600 rpm.
Opsi mesin seperti ini sebenarnya juga diterapkan pada Hilux yang sampai hari ini masih dijual oleh TAM.
Sementara kalau dibandingkan dengan harga Toyota Hilux, untuk yang tipe Single Cab harganya Rp 281 jutaan - Rp 405 jutaan.
Lalu yang Hilux Single Cab Box harganya paling murah Rp 309 jutaan dan tertinggi Rp 412 jutaan.
"Kalau di atas Rp 400 juta sepertinya orang gak mau karena pasti pilih Hilux, tapi ini juga bebas pilih karoseri jadi bisa aja dibuat mobil box," ucap sumber tersebut.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.