Beda Rp100 Ribu, Pilih Toyota Raize G 1.0 Turbo CVT atau Honda WR-V E MT?
Enda · 26 Mei, 2023 09:00
0
0
Baru-baru ini PT Honda Prospect Motor meluncurkan Honda WR-V (Spesifikasi | Berita) versi manual. Untuk modelnya dijajakan pada tipe terendah, yakni WR-V E MT dengan harga bandrol Rp269,4 juta OTR Jakarta.
Harga yang ditawarkan pada varian termurah WR-V tersebut lebih murah Rp100 ribu dari Toyota Raize (Spesifikasi | Berita) G 1.0 turbo CVT one tone yang saat ini diniagakan Rp269,5 juta OTR Jakarta. Sekedar informasi, baik WR-V maupun Raize sama-sama bermain di segmen Small SUV yang mana masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.
Hanya memiliki selisih harga Rp100 ribu, jadi pilih Honda WR-V E MT atau Toyota Raize G 1.0 turbo CVT one tone? Agar tidak penasaran, simak perbandingan spesifikasi keduanya berikut ini.
Secara dimensi, Honda WR-V memiliki panjang 4.060 mm, lebar 1.780 mm, tinggi 1.608 mm, dan wheelbase 2.485 mm. Untuk ground clearancenya, mobil ini berada di angka 220 mm.
Berbekal platform DNGA dengan menyuguhkan ruang kabin luas, untuk panjang keseluruhan Toyota Raize mencapai 4.030 mm, lebar 1.710 mm, tinggi 1.635 mm, serta wheelbase 2.525 mm. Mengenai jarak permukaan tanah dengan kabin, mobil ini lebih rendah dari WR-V yang mana hanya mencapai 200 mm.
Dimensi
Keterangan
Honda WR-V
Toyota Raize
Panjang
4.060 mm
4.030 mm
Lebar
1.780 mm
1.710 mm
Tinggi
1.608 mm
1.635 mm
Wheelbase
2.485 mm
2.525 mm
Ground clearance
220 mm
200 mm
Fitur Toyota Raize G 1.0 turbo CVT Lebih Beragam Ketimbang Honda WR-V E MT
Honda WR-V E MT
Bicara fitur, Honda WR-V E MT untuk sistem pencahayaan masih mengandalkan lampu halogen serta adanya fog lamp LED di bumper. Di sisi samping, disematkan velg alloy 16 inci serta spion dengan pengaturan elektrik serta pelipatan otomatis. Di bagian belakang, stoplampnya menganut teknologi LED bars yang tampak begitu futuristik sekaligus modern.
Beranjak melihat bagian dalam, mobil ini memiliki fitur tilt steering, layar 4,2 inci Thin-Film Transistor (TFT) yang berfungsi untuk menampilkan berbagai informasi akurat saat berkendara. Dari segi hiburan, WR-V E MT disematkan head unit layar sentuh 7 inci dengan fitur Smartphone Connection dan Hands-Free Telephone.
Terasa ergonomis, WR-V E juga dilengkapi 12V Power Outlet untuk kemudahan penyambungan dan pengisian daya dengan dua USB port yang dapat dihubungkan ke berbagai perangkat.
Mengenai fitur keselamatan, WR-V E MT dibekali dengan ABS, EBD, BA, 4 Airbags (Dual Front SRS & Side), Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Emergency Stop Signal (ESS), brake override system, ISOFIX & tether, pretensioner with load limiter seat belt dan parking sensor.
Bukan cuma itu, untuk keamanan berkendara, mobil ini disematkan remote engine statrt, smart key, keyless entry, auto lock system by speed, immobilizer, alarm system, serta kamera belakang yang dapat menunjukkan tampilan atas, tampilan normal 130 derajat, atau tampilan belakang lebar 180 derajat.
Tidak kalah menarik dengan Honda WR-V E MT, Toyota Raize G 1.0 turbo CVT untuk sistem pencahayaanya menganut teknologi LED dengan Illuminating headlamp yang dibuat berkarakter dan terlihat agresif di bumpernya pun dilengkapi foglamp guna meningkatkan visibilitas saat berkendara di malam hari.
Untuk spion mobil ini mendapatkan pengaturan yang sama seperti WR-V, dan di bagian belakang stoplampnya menggunakan LED bar.
Melihat sisi interior, untuk hiburannya Raize G 1.0 turbo disematkan head unit Interactive 9 inci bermodelkan floating design. Fitur entertainment yang digunakan dapat terhubung dengan smart device T-Link dan mempunyai fitur Personal Reminder, bahkan dapat dimanfaatkan sebagai pengingat aturan pelat nomor ganjil-genap dengan memasukkan data mobil ke dalam sistemnya.
Tidak cuma itu, Raize 1.0 G turbo CVT juga dilengkapi fitur dengan teknologi MID 7 inch TFT dengan display interaktif dan modern dan dapat diganti-ganti dalam 4 opsi tampilan yaitu Advanced, Exciting, Simple, dan Analog. Selain itu terdapat juga advanced features lainnya seperti Steering Switch dan Interior Illumination.
Oh iya, di beberapa bagian interiornya seperti door trim juga telah dilapisi bahan kulit dengan material bertekstur soft touch yang lembut. Untuk steernya mendapatkan pengaturan Tilt & Telescopic Steering with Audio & MID Switch.
Menyoal fitur keselamatan, Raize 1.0 G turbo CVT berhasil diaplikasikan rem cakram model ventilated disc brake pada bagian depan, serta trailing drum brake pada bagian belakangnya yang dilengkapi dengan ABS. Selain itu juga terdapat 2 titik sensor parkir, kamera parkir, Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA).
Guna mengurangi cedera saat terjadinya bentuan, di depan terdapat dua Airbags. Begitupun juga fitur keamanan, mobil ini memperoleh Immobilizer, alarm serta Smart Entry - Push Start Button.
Performa Honda WR-V Lebih Besar Ketimbang Toyota Raize
Honda WR-V E MT dibekali mesin L15ZF 1.498 cc berteknologi i-VTEC DOHC 4 silinder segaris yang dapat memeras tenaga sebesar 121 PS di 6.600 rpm dengan torsi puncak 145 Nm pada 4.300 rpm. Putaran yang dihasilkan kemudian diatur menggunakan transmisi manual 6-percepatan.
Pesaing WR-V, Toyota Raize G 1.0 turbo dibenamkan mesin berkodekan 1KR-VET 3-silinder, Turbocharger, VVT-i berkubikasi 996 cc yang dapat meletupkan tenaga 98 PS di 6.000 rpm serta angka torsi mencapai 140 Nm pada 2.400 - 4.000 rpm. Lebih mahal Rp100 ribu dari WR-V E MT, Raize G 1.0 turbo menggunakan transmisi CVT dengan fitur paddle shift yang diletakan di balik lingkar kemudi.
Kesimpulan
Memiliki selisih harga baru cuma Rp100 ribu, apabila kalian mengincar kenyaman berkendara, transmisi matic, serta fitur lebih lengkap, Toyota Raize 1.0 G turbo CVT adalah pilihan yang tepat. Namun jika mengutamakan performa serta ground clearance lebih tinggi yang cocok diajak berpetulang, menjatuhkan pilihan pada Honda WR-V E MT merupakan keputusan yang bijak.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.