Belum Ada Model Barunya, Toyota Rush Masih Digilai di Indonesia
Prasetyo · 19 Okt, 2022 18:04
0
0
Toyota Rush kembali kuasai segmen LSUV 7 penumpang di September 2022.
Secara total, penjualan Honda BR-V mengekor diurutan kedua.
Penjualan Mitsubishi Xpander Cross dan Suzuki XL7 belum masuk tiga besar.
Toyota Rush mungkin saat ini jadi LSUV 7 penumpang satu-satunya di Indonesia yang belum dapat penyegaran. Walau demikian ternyata hal itu tak membuat penjualan Toyota Rush jeblok. Justru sebaliknya Rush merupakan unit paling laris diantara rival-rivalnya.
Perlu diketahui, Rush yang saat ini dijual di dealer resmi Toyota Indonesia adalah Rush generasi kedua. Mobil ini sudah muncul sejak November 2017 namun masih berbagi dengan Daihatsu Terios. Tetapi dibanding kembarannya itu, ada cukup banyak perbedaan.
Ketika pertama kali muncul, Rush tersedia dalam dua pilihan tipe, yaitu G dan S TRD Sportivo. Namun sejak Agustus 2021, tipe GR Sport muncul untuk menggantikan varian TRD Sportivo. Sehingga saat ini PT Toyota Astra Motor (TAM) memasarkan Rush dalam dua varian yakni tipe G dan GR Sport.
Bukti jika Toyota Rush selalu menguasai segmen LSUV 7 penumpang setidaknya terlihat dari data GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia). Wholesales (pengiriman dari pabrik ke dealer) untuk model ini hampir selalu menempati urutan teratas.
Untuk data per September 2022 misalnya, Toyota Rush berhasil terdistribusi 3.358 unit. Angka ini naik cukup signifikan dibanding pencapaian di Agustus 2022 yaitu sebesar 2.929 unit. Bahkan Rush penjualannya sempat nyaris menyentuh 5.000 unit per bulan yaitu di bulan Juni.
Namun pada Maret 2022, Rush tersalip oleh Honda BR-V. Padahal saat itu penjualannya juga cukup tinggi yakni 4.591 unit, tetapi BR-V sedikit lebih tinggi dengan 4.865 unit. Adapun total wholesales Toyota Rush periode Januari - September 2022 tercatat 32.023 unit.
Disegmen ini, lawan terberat dari Toyota Rush ternyata bukan kembarannya, Daihatsu Terios. Penjualan Honda BR-V adalah yang sanggup menempel ketat LSUV Toyota itu. Masih dari data GAIKINDO, wholesales BR-V beberapa kali ada di urutan kedua setelah Rush.
Meski demikian, pada data September 2022, terlihat posisi BR-V merosot ke urutan ketiga. Adapun yang menempel Rush adalah Daihatsu Terios. LSUV berlogo "D" itu terdistribusi 2.235 unit, sementara Honda mengirim 2.005 unit BR-V.
Secara total wholesales Honda BR-V sudah 21.780 unit. Itu artinya ada selisih lebih dari 10.200 unit dari penjualan Toyota Rush.
Mitsubishi Xpander Cross dan Suzuki XL7 Masih Diposisi Bawah
Bagaimana dengan LSUV dari merek lainnya? Dari data GAIKINDO per September 2022 saja, Mitsubishi Xpander Cross dan Suzuki XL7 masih belum mampu masuk keurutan tiga besar.
XL7 misalnya, hanya bisa didistribusikan oleh Suzuki sebanyak 928 unit, sementara Mitsubishi Xpander Cross cuma 101 unit. Adapun urutan terakhir dihuni DFSK Glory 560 yang terdistribusi 20 unit.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.