Berbekal Fitur Lebih Lengkap, Toyota Innova Hybrid Lebih Menarik dari Corolla Cross
Prasetyo · 23 Nov, 2022 08:04
0
0
Toyota Innova Hybrid kini menjadi mobil elektrifikasi dari Toyota Indonesia yang termurah. Sebelumnya, mobil hybrid Toyota paling murah ada di Corolla Cross Hybrid. Apakah ini akan membuat konsumen Corolla Cross beralih ke Innova?
Peluncuran Toyota Kijang Innova Zenix di Jakarta
Sebenarnya bisa saja demikian mengingat dari sisi harga Toyota menawarkan Innova Hybrid dengan banderol lebih terjangkau. Di tipe paling murah harga Toyota Innova Zenix Hybrid Vehicle (HV) ada di angka Rp458 juta. Ini lebih murah Rp82 jutaan dibanding Corolla Cross Hybrid.
Perbandingan Harga
Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid
Toyota Corolla Cross Hybrid
Tipe
Harga
Harga
2.0 G HV CVT
Rp458.000.000
Rp540.900.000
2.0 V HV CVT
Rp522.150.000
2.0 V HV CVT Modellista
Rp532.000.000
2.0 Q HV CVT TSS
Rp601.150.000
2.0 Q HV CVT TSS Modellista
Rp611.000.000
Selisih harganya memang cukup jauh antara Innova Hybrid dengan Corolla Cross Hybrid. Jadi manakah diantara kedua mobil ini yang pantas untuk dimiliki?
Kedua mobil ini mengisi ceruk pasar yang berbeda. Innova ada di segmen MPV medium dengan kapasitas penumpang sampai 7 orang. Sebagai catatan, khusus tipe Q Hybrid, jok penumpang baris tengah sudah menggunakan sistem captain seat, sehingga kapasitas total penumpang jadi 6 orang.
Innova Zenix pakai platform TNGA
Sementara itu untuk Corolla Cross menempati kelas SUV 5 seater. Meskipun pada kenyataannya, jumlah jok di kabin mobil ini lebih layak diiisi hanya 4 penumpang termasuk sopir. Akibat perbedaan kapasitas penumpang ini pula dimensi dari kedua kendaraan hybrid tersebut berbeda.
Innova hybrid memakai generasi terbaru Hybrid Engine Gen-5 yang pertama di Indonesia. Mesinnya berkode M20A-FXS 4 silinder DOHC chain drive Dual VVT-i berkapasitas 1.987 cc. Mesin bensin ini mampu menghasilkan daya 152 PS di 6.000 rpm dengan torsi 187 Nm di 4.400 rpm-5.200 rpm.
Innova Zenix berpenggerak roda depan
Innova Zenix menggunakan sistem full hybrid yang ditambahkan motor listrik berdaya 113 PS dengan torsi 205 Nm. Kemudian ada juga baterai berkapasitas 1,3 kWh jenis Ni-MH (nickel–metal hydride) yang ditempatkan di kolong jok baris depan.
Corolla Cross juga gunakan sistem full hybrid
Kemudian untuk Corolla Cross menggunakan mesin berkode 2ZR-FXE berkapasitas 1.798 cc 4 silinder DOHC chain drive VVT-i. Mesin ini mampu menghasilkan daya puncak 98 PS di 5.200 rpm dan torsi 142 Nm di 3.600 rpm.
Corolla Cross pakai mesin hybrid 1.8L
Corolla Cross Hybrid juga menggunakan motor listrik dengan tenaga puncak 72 PS dan torsi 162 Nm. Adapun kapasitas baterai di Corolla Cross Hybrid sama-sama 1,3 kWh juga berjenis Ni-MH.
Sekarang kita bandingkan dari segi fitur. Sebagai mobil baru, tentunya Toyota Innova Hybrid datang dengan segenap pembaruan dibanding model terdahulunya.
Innova Hybrid punya panoramic view monitor
Diseluruh tipe Innova Zenix Hybrid telah dilengkapi Electric Parking Brake, Brake Hold, meter cluster LCD 7, Vehicle Stabiluty Control, Hill Start Assist, dan Drive Mode (EV, Eco, Power)
Adapun untuk Corolla Cross sudah punya sunroof, LED Projector headlamp, LED foglamp, dan Power Back Door. Kemudian juga ada headunit 9 inci, dan Drive Mode (Eco, Sport, dan EV). Dari sisi fitur keselamatan ada Emergency Brake Signal, Hill Start Assist, dan Vehicle Stability Control. Syaangnya Corolla Cross belum diperkuat fitur Toyota Safety Sense (TSS).
Innova hybrid tipe tertinggi ada TSS dan panoramic sunroof
Nah kalau Anda mencari mobil hybrid dengan fitur lebih lengkap, maka Innova punya tipe Q yang sudah dibekali fitur TSS. Fitur ini terdiri atas Pre Collision System, Lane Tracing Assist, Lane Departure Alert, Dynamic Radar Cruise Control, dan Automatic High Beam yang didukung oleh Blind Spot Monitor.
Dari segi kelengkapan fitur, Toyota Innova Hybrid memang lebih lengkap berkat keberadaan TSS. Kekurangannya cuma di sisi harga mengingat banderolnya jauh lebih mahal dari Corolla Cross. Tapi kalau cari harga yang terjangkau dan sama-sama non-TSS, Innova Hybrid lebih menarik dibanding Corolla Cross.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.