Brio Satya 2023 vs Toyota All New Agya, Honda Cuma Menang Mesin?
Prasetyo · 10 Mei, 2023 10:02
0
0
Honda Brio Satya 2023 diperkenalkan bersama dengan model Brio RS. Tak seperti tipe RS, Brio Satya facelift ini mengalami ubahan yang minor. Baik untuk estetika di sisi luar maupun ruang kabin. Tetapi untuk spesifikasi teknis, dimensi, hingga mesin, semuanya masih setara model terdahulu.
Kalau membahas soal Honda Brio Satya 2023, pastilah akan dihadapkan pada beberapa pertanyaan. Misalnya, apa saja yang berubah, berapa harganya sekarang, sampai apakah lebih baik dari Toyota Agya 2023. Yup, mengingat sebelum Honda, Toyota sudah lebih dulu merilis All New Agya. Bahkan Agya terbaru kini berganti generasi sehingga ubahannya menyeluruh.
Lantas antara Honda Brio Satya 2023 vs Toyota Agya 2023 manakah yang lebih layak dipilih? Mengingat keduanya sama-sama berjenis LCGC dengan rentang harga yang amat mirip.
Seperti yang sudah kami sebutkan tadi, Honda Brio 2023 hanyalah merupakan versi facelift pertama dari Brio generasi kedua yang sudah muncul sejak tahun 2018. Tak heran kalau perubahannya memang tidak banyak. Apalagi untuk model Brio Satya.
Dari bagian luar, kini Brio Satya pakai gril depan dengan model sarang lebah yang ditambah aksen chrome. Kemudian lampu depan juga sekarang terintegrasi dengan LED Daytime Running Light (DRL). Namun lampu utama ini tetap pakai model halogen belum diubah jadi LED.
Perubahan lain juga terlihat pada bagian bemper depan, kombinasi warna velg, serta nuansa kabin yang sekarang jadi gelap. Sementara tata letak dasbor, instrument panel, sampai headunit masih setara Brio Satya pre-facelift.
Ini tentu beda dengan Toyota Agya 2023. Mengusung generasi baru, semua eleman pada mobil ini didesain ulang. Mulai dari fascia depan, desain velg, bagian belakang, bentuk jok yang sudah pakai headrest terpisah bukan lagi model pocongan, sampai penggunaan platform baru Daihatsu New Global Architecture (DNGA).
Jadi dari sisi desain, All New Agya membawa ambience yang benar-benar beda. Sementara Brio Satya masih terasa sama saja dengan model sebelumnya. 0-1 untuk Toyota Agya 2023.
Sekarang kita bandingkan dari segi spesifikasi teknis. Lagi-lagi, lantaran cuma facelift, Honda masih mempertahankan detil spesifikasi pada Brio Satya 2023. Mulai dari dimensi bodi hingga mesin yang terpasang di bonet.
LCGC berlogo kuncup bunga melati itu tetap betah dengan mesin 1.199 cc SOHC 4 silinder i-VETC + Drive By Wire. Alhasil cakupan tenaga puncaknya juga masih sama, yakni di 90 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 110 Nm di 4.800 rpm. Konsumen pun masih mendapatkan opsi transmisi manual 5 percepatan atau otomatis CVT.
Untuk Toyota sudah membenamkan mesin baru pada All New Agya 2023. Mesin berkode WA-VE 1.198 cc 3 silinder itu sudah menggunakan teknologi DOHC dan Dual VVT-i. Di atas kertas, mesin yang juga dipakai kembarannya Daihatsu Ayla 2023 itu mampu menghasilkan daya puncak 88 PS di 6,000 rpm dengan torsi maksimum 113 Nm pada 4.500 rpm.
Kalau melihat perbedaan spesifikasi ini, Agya memang kalah dalam urusan power mesin daripada Brio Satya. Tapi torsinya unggul tipis. Apalagi Agya juga tersedia opsi transmisi manual 5 percepatan serta otomatis CVT. Untuk segi mekanikal, kami beri nilai seimbang, sehingga skor sekarang jadi 1-2 buat Toyota Agya.
Kalau dari segi tenaga mesin lebih unggul, bagaimana dengan kenyamanan berkendara sekaligus untuk penumpang belakang? Mari kita lihat perbandingan dimensi kedua mobil ini.
Perbandingan Dimensi
Honda Brio Satya
Toyota Agya
Panjang
3.795 mm
3.760 mm
Lebar
1.680 mm
1.665 mm
Tinggi
1.485 mm
1.505 mm
Jarak sumbu roda
2.405 mm
2.525 mm
Jarak ke tanah
165 mm
160 mm
Ukuran roda
175/65/R14
175/65/R14
Karena tak ada perubahan desain eksterior yang signifikan, maka ukuran tubuh Brio Satya 2023 masih tetap sama. Yaitu panjangnya 3.795 mm, lebar 1.680 mm, tinggi 1.485 mm, dan punya jarak sumbu roda 2.405 mm.
Ternyata Brio lebih panjang 35 mm, lebih lebar 15 mm, tapi lebih pipih 20 mm dari All New Agya. Menariknya, wheelbase Agya lebih panjang 120 mm dari Honda Brio Satya 2023.
Dilihat dari data ini, Agya memiliki jarak rumbu roda yang jauh lebih panjang dari Brio. Tentunya membuat ruang jok baris kedua juga jadi lebih lapang. Namun berdasarkan pengalaman Autofun yang sudah mencoba Honda Brio model sebelumnya dan juga All New Agya, rasa nyaman untuk penumpang belakang masih dipegang oleh Brio.
Tapi konsekuensi dari wheelbase yang pendek adalah legroom yang lebih terbatas dibanding Agya. Apalagi getaran mesin 3 silinder Agya cukup mereduksi kenyamanan ruang kabin. Jadi untuk sisi kenyamanan kembali kami beri nilai imbang. Sehingga hasil skornya menjadi 2-3.
Terakhir soal kelengkapan fiturnya. Perubahan minor pada sisi tampilan luar Honda Brio Staya 2023 ternyata tak diimbangi penambahan fitur. Kecuali tema kabin yang kini kombinasi grey dan hitam, semuanya nyaris sama, termasuk fitur-fitur keselamatannya.
Itu berarti Brio Satya terbaru ini tetap pakai headunit 2DIN lengkap dengan audio steering switch. Namun kini tombol-tombol di setir itu sudah diberi lampu sehingga memudahkan pengorepasian saat malam hari. Lalu ada Dual SRS Airbags, Side Impact Beam, seatbelt reminder untuk pengemudi, parkir sensor, dan yang terbaru ada fitur Anti Pinch untuk kaca jendela sisi pengemudi.
Bagaimana dengan Toyota Agya? Meski tak selengkap tipe GR Sport, Agya tipe E dan G tetap punya beberapa fitur unggulan. Speerti headunit 7 inci, keberadaan meter cluster 7 inci, Audio Steering Swicth, Tilt Steering, AC Digital, Smart Entry, serta Paddle Shift untuk varian transmisi CVT.
Fitur keamana dan keselamatannya gak kalah banyak. Ada Dual SRS Airbags, ABS, EBD, Brake Assist (BA), Rear Parking Sensor, Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), sampai seatbelt warning untuk pengemudi dan penumpang depan.
Dengan ketersediaan fitur yang lebih banyak ini membuat skor akhir antara Honda Brio Satya 2023 vs Toyota Agya 2023 menjadi 2-4. Gimana, kalian setuju dengan penilaian ini?
Jika Anda tertarik untuk membeli Toyota Agya ini dengan dukungan konsultasi keuangan, sehingga proses beli mobil baru menjadi yang lebih mudah, nyaman, dan aman, Anda bisa cek ke SEVA pada https://www.seva.id/ atau mengunduh aplikasi SEVA di PlayStore atau App Store.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.