Mobil dengan status Low Cost Green Car (LCGC) pesaing utama dari Honda Brio Satya, Toyota Agya sampai saat ini masih menjadi pilihan sebagian besar calon konsumen, yang berencana membeli mobil baru dengan harga terjangkau.
Sebagai City Car yang kini memiliki kisaran harga baru di bawah Rp170 juta, rebage dari Daihatsu Ayla ini pertama kali diperkenalkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012. Setahun berselang, Agya mulai dipasarkan pada September 2013.
Toyota menghadirkan New Agya dengan bentuk minimalis namun tetap fungsional. Demi menampilkan wajah yang atraktif, Toyota melakukan Facelift pertama pada mobil Agya di pertengahan 2017 lalu. Tidak hanya tampilan saja, Toyota menawarkan dua varian Mesin, yakni 1.0L dan 1.2L.
Dihadirkannya mesin baru, sebagai pilihan untuk mereka yang ingin merasakan New Agya dengan tenaga lebih Powerfull.
Tampilan luar baik fascia serta buritan Agya Facelift pertama terlihat lebih sporty dan dinamis. Beberapa sentuhan ubahan pada interior juga dilakukan demi mendapatkan tampilan yang lebih stylish dan modern.
Namun baru-baru ini Toyota kembali memberikan penyegaran terhadap Agya, tepatnya pada Maret tahun ini. Ubahan yang sangat mencolok terlihat pada sisi tampilan luar.
Untuk mengetahui ubahan apa saja yang dilakukan Toyota terhadap Agya 2020 dengan generasi sebelumnya, akan ada beberapa parameter yang diulas dalam pembahasan kali ini.
Tampilan luar
Toyota seolah lebih serius dalam menggarap Agya kali ini. Terlihat LCGC keluaran member Astra ini memiliki tampilan lebih berotot. Pihaknya menanggalkan desain wajah ala joker, walaupun Smoked Projector Headlamp with LED Light Guide berbentuk trapesium 6 sisi tetap menggunakan versi terdahulunya.
Fascia Toyota Agya 2020 kini bisa dibilang terinspirasi dari Yaris Hybrid yang dijual untuk pasar Jepang dan Eropa. Agya 2020 memiliki bentuk gril sedikit melebar, serta penggunaan Housing Fog Lamp yang menyudut.
Tidak ada yang spesial jika melihat tampilan samping Toyota Agya 2020. Hanya saja Toyota memberikan Side Skirt dengan desain baru pada varian teratasnya, TRD. Sedikit tambahan, mobil Agya 2020 sudah dilengkapi spion menggunakan sistem Retractable yang dapat dibuka dan dilipat secara otomatis.
Buritan pada Toyota Agya 2020 juga tidak mengalami ubahan besar. Stop Lamp masih menggunakan desain yang sama “reverse L-shape” dengan tampilan yang modern dan stylish. Namun hanya pada desainya reflektornya saja yang sedikit berubah.
Tampilan dalam
Melihat sisi tampilan dalam mobil Agya 2020 tampaknya tidak ada ubahan yang signifikan. Seperti pada varian sebelumnya, bentuk Dashboard, Door Trim, serta jok, tetap menggunakan warna serta material yang masih tetap sama.
Namun begitu New Agya 2020 tersedia paket New Advance Entertainment yang dilengkapi dengan sistem audio. Seperti, radio AM/FM, pemutar CD, dan pengontrol suara. Sistem entertainment juga dapat dikoneksikan secara langsung dengan Smartphone melalui sistem Bluetooth.
Saat melakukan perpindahan lagu serta mengatur volume suara, pengemudi tidak perlu direpotkan. Mengingat fitur Audio Steering Switch telah menempel pada setir kemudi.
Fitur
Bisa dibilang New Agya 2020 tidak mendapatkan fitur tambahan. Baik fitur keselamatan dan keamanan, masih tetap sama dengan varian Facelift pertama. Seperti Dual SRS Airbags diketahui sebagai keselamatan standar untuk mengurangi benturan keras saat terjadinya tabrakan.
Fitur Side Impact Beam juga masih sama untuk mengurangi resiko cedera jika mengalami benturan dari samping.
Pencegahan menguncinya ban saat melakukan rem secara mendadak, Toyota menyematkan fitur Anti-Lock Braking System (ABS) pada varian tertingginya, TRD. Dengan begitu kemungkinan tabrakan bisa dapat dicegah.
Dapur pacu
Sejak mendapatkan Facelift pertama pada 2017, Toyota menawarkan mesin baru varian 1.0L dan 1.2L. Kita tahu bahwa 1.0L menggunakan mesin berkodekan 1KR-VE. Namun pada New Agya, Output yang dihasilkan nyatanya lebih besar dari mesin mobil Agya saat pertama kali diluncurkan 2013 silam. Varian 1.0L bertipe VVT-i DOHC 3 Silinder 12-Valve, mampu menyemburkan tenaga hingga 67 Ps @6.000 Rpm, serta torsi maksimal 9.1 Kgm @4.400 Rpm.
Di atas kertas, mesin 1.2L berkodekan 3NR-VE ini memiliki teknologi DOHC Dual VVT-i 16-Valve yang mampu melecutkan tenaga maksimal mencapai 88 Ps @6.000 Rpm, dan torsi maksimal mencapai 11.0 Kgm @4.200 Rpm.
Mobil Agya 2020 kini memiliki wajah lebih baik dari generasi sebelumnya. Terlebih generasi sekarang yang terlihat lebih sport dan stylish, Maka dirasa kurang pantas jika Disebut-sebut sebagai LCGC.
Tambahan informasi, Toyota Agya memiliki 6 varian ini dibanderol dengan biaya termurah Rp 143.800.000 dan termahal di angka Rp 169.290.000 on the road Jakarta. Untuk vers maticnya, harga mobil Agya matic berkisar dari Rp 157 juta hingga Rp 169 jutaan. Ini merupakan harga mobil Agya di tahun 2020 ini.
Namun kalian jangan berkecil hati jika memiliki budget yang terbatas. Pasalnya mobil Agya Facelift pertama lansiran 2017-2019 bisa menjadi opsi karena harganya yang sudah mulai terjangkau.
Dibeberapa Markteplace Tanah air harga Toyota Agya Facelift pertama ini dijual mulai dari Rp90-Rp120 jutaan.