Kia Grand Carnival telah resmi meluncur di Indonesia pada ajang GIIAS 2021, penghujung tahun lalu. PT Kreta Indo Artha menjualnya dengan harga mulai dari Rp786.800.000 untuk tipe Dynamic, dan Rp886.600.000 untuk tipe Premiere. Dengan range harga segitu, kita bisa membeli Toyota Alphard bekas lansiran 2016-2017.
Melihat tahunnya, Toyota Alphard tersebut masih tergolong baru dalam versi pre facelift. Secara penampilan, masih mengesankan sebagai mobil papan atas walau statusnya mobil bekas. Sementara untuk Kia Carnival, unggul dari sisi kapasitas muatan yang lebih besar, yaitu 11 penumpang.
Kia Carnival juga tak kalah keren karena baris kedua dan ketiga memakai layout captain seat. Hanya saja, layout kursi tersebut fiturnya kalah mewah, tidak memiliki legrest. Jadi terkesan agak sempit seperti mobil travel premium.
Lantas, apakah Kia Carnival sebagai pendatang baru ini bisa mengungguli Toyota Alphard dari kelengkapan fitur? Mari kita bandingkan keduanya.
Kia Carnival 2022 Punya Fitur Premium dan ADAS
Sebagai MPV full size, tak cuma ukuran jumbo yang jadi nilai jual utama dari Kia Carnival ini. Fitur dan styling interiornya harus berkelas dan mewah untuk memanjakan penggunanya. Interior Kia Carnival Premiere ini serba digital pada panel instrumennya.
Konfigurasi layar metercluster TFT LCD 12.3 inci dengan layar AV 12.3 inci memberi penampilan yang inovatif dan futuristik. Baik panel multimedia dan panel instrumen cluster Panoramic dashboard display memiliki ukuran yang sama besar, didukung tema/animasi saat mode berkendara.
Fitur menarik yang ada di Kia Carnival dan tak dimiliki MPV sejenis ialah smart power sliding doors dan tailgate. Fitur ini akan membuka pintu tengah atau bagasi secara otomatis hanya bila pemegang kunci berdiri tepat didepannya selama 3 detik. Kalau tidak memegang kunci, bakal jadi power sliding doors biasa yang tinggal tarik handle pintu.
Fitur hiburannya juga jempolan, karena didukung oleh 12 speaker high performance berikut subwoofer dari BOSE yang sudah terkenal membahana kualitasnya. Power outlet untuk pengisian daya juga tersebar di hampir setiap baris, sehingga tidak perlu bingung bila ingin mengisi daya ponsel.
Harga Under Rp1 Miliar, Kia Carnival Sudah Punya ADAS
MPV asal Korea Selatan ini sudah dilengkapi dengan cukup banyak fitur keselamatan aktif. Fitur pertama yaitu Surround View Monitor (SVM). Terdapat 4 buah kamera, yaitu depan, belakang, kanan dan kiri yang beresolusi 1 Mega Pixel untuk memantau kondisi sekitar saat parkir atau melewati jalan sempit.
Fitur berikutnya yaitu Smart Cruise Control (SCC), yang didukung kamera dan radar. Komputer akan mengatur perubahan kecepatan dan menjaga jarak aman saat kondisi mobil di depan melambat. Jika mobil di depan berhenti lebih dari 3 detik, maka cruise control akan non aktif secara otomatis.
Kemudian ada juga Forward Collision Avoidance Assist (FCA) yang kerjanya didukung oleh kamera. Lane Keeping Assist, Blind Spot Collision Avoidance Assist, hingga Blind Spot View Monitor. Untuk fitur terakhir ini menampilkan secara visual pada panel instrumen pengemudi, kondisi lalu lintas di sisi samping belakang kendaraan. Fitur tadi melengkapi fitur keselamatan pasif berupa 7 airbags, serta peningkatan kekuatan rangka bodi.
Mesin Diesel Kia Carnival Punya Torsi yang Jumawa
Kia Carnival dibekali mesin diesel D 2.2 TCI New R dengan output 202 ps/3.800 rpm dan torsi 441 Nm/1.750-2.750 rpm. Torsi yang besar sejak putaran bawah ini membuat Kia Carnival tarikan awalnya tetap gesit dan responsif.
Transmisi yang digunakan pada Carnival yaitu otomatis 8-speed, dengan perpindahan melalui dial type shift by wire. Jadi, kita tinggal putar knob seperti di mobil Eropa untuk berpindah mode transmisi dari N ke D atau R dan P.
Toyota Alphard Bekas, Masih Kuat Cita Rasa Kemewahan MPV Premium Jepang
Untuk kisaran harga yang serupa, kita bisa membeli Toyota Alphard bekas generasi ketiga, yang diproduksi antara 2016-2017. Sebagai informasi, Toyota Alphard generasi ketiga atau AH30 pertama kali diluncurkan pada 2015, yang sering disebut juga Alphard Trasformer.
Ciri khas Alphard generasi ketiga ini adalah gril yang lebih membesar memanjang ke bawah yang terlihat lebih elegan. Penampilannya makin premium dengan penggunaan pelek berukuran 18 ini dengan desain baru.
Fitur Toyota Alphard Cukup Lengkap, Manjakan Penumpang
Adapun varian yang dijual oleh PT TAM yaitu 2.5 X, 2.5 G, 3.5 Q dan 2.5 G Hybrid. Sementara untuk fiturnya, Alphard genersasi ketiga ini sudah dilengkapi dengan 7 SRS airbags, 7 seatbelt warning, kamera 360, Blind spot monitoring, parking camera + sensor, ABS, EBD, BA dan Hill Start Assist (HSA).
Bicara soal fitur, Toyota Alphard generasi ketiga ini sudah lengkap walaupun di trim G. Sebagai gambaran, untuk tipe G ini sudah dilengkapi kamera 360 derajat yang memudahkan pengemudi ketika parkir, mengingat dimensinya yang bongsor.
Toyota Alphard. Setia Pakai Mesin Bensin Berkapasitas Besar
Untuk sektor dapur pacu, Alphard dan Vellfire pun bisa dibilang mirip. Keduanya dibekali mesin yang mengalami peningkatan kapasitas dari 2.400 cc menjadi 2.500 cc. Namun khusus Alphard, tersedia juga opsi 3.500 cc yang lebih bertenaga.
Mesin 2AR-FE 2.5L 4-silinder 16 katup DOHC Chain Drive dengan dual VVT-i. berkapasitas silinder 2.494 cc, memproduksi daya maksimum sebesar 180 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 234 Nm pada putaran 4.100 rpm. Adapun tipe teratas didukung mesin 2GR FE 3.5 liter, menghasilkan daya hingga 275 ps pada 6200 rpm dengan torsi maksimal 340 Nm pada 4700 rpm.
Alphard Gen 3 Pre Facelift Belum Punya ADAS
Perlu kamu ketahui, Toyota Alphard generasi ketiga pre facelift antara 2015-2020 fitur keselamatannya tak selengkap versi facelift yang meluncur pada 2020 hingga sekarang. Pada generasi pre facelift belum memiliki ADAS seperti Pre-Collision System (PCS).
Namun demikian, Toyota telah membekali Alphard pre facelift dengan Intelligent Clearance Sonar (ICS) 6 titik, yaitu 2 di depan dan 4 di belakang.
Fitur ICS akan mendeteksi objek di sekitar kendaraan dan memberikan alarm suara ketika terlalu dekat. Fitur ini akan sangat membantu pengemudi saat parkir di ruang yang sempit.
Kesimpulan
Toyota Alphard bekas generasi ketiga ini masih tetap unggul dari sisi kenyamanan penumpang, walau belum memiliki fitur keselamatan aktif. Kursinya eksklusif dengan captain seat yang memiliki legrest di tipe 3.5. Kalau ingin bersantai atau beristirahat selama perjalanan, tinggal rebahkan sandaran dan pasang legrest untuk menopang kaki.
Faktor kenyamanan tadi belum bisa disamai oleh Kia Carnival, karena layout MPV bongsor ini hanya berupa captain seat biasa. Alhasil, penampilan interiornya malah jadi mirip mobil travel kelas eksekutif karena banyak kursi.
Walaupun demikian, Kia Carnival membayarnya dengan fitur keselamatan yang lebih lengkap dan canggih. Sebab, fitur keselamatan di masa sekarang jadi hal yang tak kalah penting dari fitur kenyamanan.