Intip Detail Toyota Hilux Rangga 2024 Diesel MT di IIMS 2024
Enda · 16 Feb, 2024 14:01
0
0
Toyota Hilux Rangga 2024 memang belum diluncurkan secara resmi oleh PT Toyota Astra Motor (TAM).
Namun begitu sosok pick up single cab muatan ringan suksesor Toyota Kijang pick up tersebut bisa kalian jumpai di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS), yang berlangsung pada 15-25 Februari 2024, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.
Diposisikan tepat di bawah Toyota Hilux single cab, Hilux Rangga 2024 tidak seperti pick up pada umumnya.
Sebab mobil lossbak ini tidak hanya menawarkan durabilitas, namun juga kenyamanan berkendara.
Dibangun di atas platform IMV (Innovative International Multi-Purpose Vehicle), terlihat bahwa Hilux Rangga yang ditampilkan di booth Toyota pada ajang IIMS kali ini merupakan varian diesel MT.
Toyota Hilux Rangga 2024 Diesel MT di IIMS 2024
Tampilan luar Hilux Rangga yang menghiasi booth Toyota di IIMS 2024 merupakan varian diesel MT standard.
Fascianya untuk lampu utama menggunakan bohlamp halogen.
Grillnya full hitam termasuk tulisan TOYOTA di tengah, selanjutnya untuk lampu sein diletakan tepat di samping lampu utama dan fender di atas roda depan.
Pada fender sebelah kanan terdapat antenna pole yang dapat dinaikan ataupun diturunkan secara fleksibel.
Untuk lingkar rodanya diaplikasikan velg kaleng 14 inci berwarna hitam yang dibungkus menggunakan ban berukuran 205/75.
Pada spionnya mobil ini memiliki bentuk modern dengan cover hitam doff, namun untuk pengaturannya dilakukan secara manual.
Sebagai identitas di bagian pintu sampingnya terdapat tulisan HILUX RANGGA tepat di samping handle pintu.
Mengenai baknya, model yang ditampilkan mengusung bukaan 3-way.
Bak dengan bukaan 3-way ini memudahkan pengguna ketika ingin menaikan atau menurunkan barang, karena selain belakang juga bisa dilakukan dari samping.
Pada buritan, mobil ini terlihat seperti pick up pada umumnya, dan terdapat ban cadangan yang diletakan menggantung di bawah.
Oh iya, untuk lubang pengisian bahan bakar mobil ini terdapat di bagian kiri tengah dengan stiker penanda mobil diesen serta penggunaan bahan bakar yang direkomendasikan.
Melihat ke bagian kabin, pertama-tama untuk door trimnya Hilux Rangga varian ini sudah dilengkapi laci penyimpanan terbuka dengan bentuk pipih memanjang.
Jika dilihat laci penyimpanannya bisa digunakan untuk menaruh dokumen atau invoice serta handphone maupun benda kecil lainnya.
Untuk menaikan dan menurunkan kacanya dilakukan secara manual menggunakan tuas model engkol.
Area kemudi Hilux Rangga tipe ini tidak memiliki tachometer pada meter cluster.
Pusat informasi berkendaranya hanya menampilkan odometer dan fuel meter dengan tampilan analog, serta terdapat MID kecil di bagian tengah bawah yang merupakan trip meter.
Melihat bagian center cluster, tipe ini berhasil disematkan sistem hiburan single din dengan laci penyimpanan terbuka tepat dibawahnya.
Tepat di bawah sistem hiburannya terdapat tombol hazard dan tombol kipas blower tanpa adanya suhu pengaturan AC.
Di area console tengah tepat di depan tuas transmisi mobil ini disematkan dua buah cup holder yang bisa dimanfaatkan untuk menaruh botol minum atau benda kecil lainnya.
Sedangkan di bagian penumpang mobil ini memiliki laci penyimpanan terbuka model tingkat pada dasboardnya yang terasa ergonomis.
Tepat di samping laci penyimpanan terbuka bagian bawahnya terdapa lighter yang bisa digunakan untuk menambahkan daya pada gawai dengan menggunakan adapter.
Untuk joknya mobil ini tidak dilengkapi headrest, dan dibuat terpisah antara pengemudi dan penumpang.
Dilengkapi Power Steering
Hilux Rangga diesel MT standard sudah dibekali power steering pada sistem kemudinya.
Seperti diketahui kehadiran power steering dapat memudahkan penggunanya ketika sedang bermanuver dan parkir.
Tidak seperti varian teratas yang spesifikasinya sudah bocor, menyoal keselamatan berkendara untuk tipe ini pabrikan tidak melengkapinya dengan ABS dan airbags.
Andalkan Mesin Diesel 2.400 Cc Kepunyaan Kijang Innova Reborn dan Fortuner
Hilux Rangga diesel MT standard dibenamkan mesin 2.393 cc dengan kode mesin 2GD-FTV 4-silinder segaris, 16 valve DOHC with VNT Intercooler.
Di atas kertas mesin yang turut digunakan Kijang Innova Reborn dan Fortuner 2.4 ini mampu memeras tenaga hingga 150 PS di 3.400 rpm dan torsi mencapai 343 Nm pada putaran 1.200 – 2.600 rpm.
Guna membuatnya berjalan, mesinnya dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan yang selanjutnya ditranslasi ke roda belakang.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.