Intip Spesifikasi Toyota RAV4 GR Sport PHEV, Sekelas CR-V yang Lebih Mahal Rp350 Juta
Enda · 5 Sep, 2023 08:30
0
0
Toyota RAV4 (Spesifikasi | Berita) GR Sport PHEV secara resmi dijual di Tanah Air. Disebutkan Anton Jimmy, selaku Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) perhelatan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 kemarin, mobil yang didatangkan secara utuh dari Thailand tersebut sampai dengan akhir tahun kuota impor-nya hanya sebanyak 10 unit.
Hanya memiliki satu varian, RAV4 GR Sport PHEV dibandrol Rp1.150.000.000. Harga yang ditawarkan tersebut lebih mahal Rp350 juta dari All New Honda CR-V (Spesifikasi | Berita) 2.0L RS e:HEV yang saat ini diniagakan Rp799.900.000 OTR Jakarta.
Penasaran ingin mengetahui lebih dekat RAV4 GR Sport PHEV, simak spesifikasinya di bawah ini.
Menempati segmen Medium SUV yang berhadapan secara langsung dengan CR-V generasi keenam, Toyota RAV4 GR Sport PHEV memiliki panjang hingga 4.600 mm, lebar 1.855,tinggi 1.690 mm, serta wheelbase 2.690 mm.
Untuk overhang bagian depan mencapai 1.600 mm dan 1.630 mm untuk overhang belakang.Oh iya, untuk ground clearance atau jarak kabin dengan permukaan tanah-nya 190 mm.
Toyota RAV4 GR Sport PHEV Punya Fitur Jempolan
Memiliki harga baru di atas Rp1 miliar, fitur Toyota RAV4 GR Sport PHEV sudah dilengkapi head unit layar sentuh 10,5 inci kepunyaan JBL berikut dengan speakernya. Untuk panel instrument atau pusat informasi berkendara menggunakan layar TFT MID 12,3 inci.
Diaplikasikan fitur tilt & telescopic, setirnya memiliki tombol pengaturan yang terhubung dengan sistem hiburan serta panel instrument. Menariknya, di balik lingkar kemudi terdapat paddle shift yang bisa digunakan untuk menambah atau mengurangi gigi sesuai dnegan kebutuhan berkendara.
Melihat daripada center cluster, tepat di bawah sistem hiburan terdapat tombol pengaturan AC digital dengan dual zone. Dengan begitu pengaturan AC sebelah kiri maupun kanan dapat diatur secara terpisah untuk menyesuaikan kebutuhan.
Oh iya, mobil ini juga dilengkapi wirless charger yang diletakan di bawah tombol pengaturan AC, kemudian power outlet, tombol Electric Parking Brake (EPB), Auto Hold, tombol penggunaan sistem hybrid, serta knob pengaturan mode berkendara Eco, Normal dan Sport tepat di samping shift knop.
Sedikit ke belakang dari console tengah, terdapat arm rest dengan port pengisian daya 12 volt type-C. Untuk jok pengmudi dan penumpang depan dilengkapi pengaturan elektrik beberapa arah yang terasa ergonomis.
Pada baris kedua, RAV4 GR Sport PHEV terdapat fitur heater seat, air circulator serta port pengisian type-C. Guna memberikan rasa rileks sekaligus rasa nyaman selama berkendara, mobil ini disematkan ambient lighting.
Di belakang, mobil ini diaplikasikan Power outlet bertegangan 220 V/150 W di belakang yang bisa digunakan untuk menghidupkan perangkat elektronik. Pada pintu bagasinya menganut fitur power back door yang memudahkan pengguna ketika ingin membuka atau menutup pintu hanya dengan menekan tombol.
Bicara keselamatan berkendara, RAV4 GR Sport PHEV dibekali dengan kamera 360 derajat, Electric Parking Brake dengan Brake Hold, ABS, Electronic Brake Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC), Traction Control, Back Guide Monitor, Parking Support Brake (PKSB), Hill Start Assist (HSA), serta 6 airbags yang mampu mengurangi cedera ketika mengalami benturan cukup keras.
Lainnya juga terdapat Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Cruise Control, Anti Theft System, dan tire Pressure Warning System (TPWS). Oh iya, mobil ini turut disematkan fitur keselamatan ADAS Toyota Safety Sense (TSS) 2 seperti; Pre- Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruisine Control (DRCC), Lane Tracing Assist (LTA), Automatic High Beam (AHB).
Gunakan Mesin 2.5L dengan Baterai 18,1 KWh
Toyota RAV4 GR Sport PHEV disematkan mesin A25A-FXS 4-silinder segaris 16 valve DOHC VVT-iE 2.487 cc plug-in hybrid, dengan menghasilkan tenaga sebesar 136 kW (185 PS) di 6.000 rpm dengan torsi 227 Nm pada putaran 3.200-3.700 rpm yang dipadukan transmisi CVT.
Jantung pacunya dikombinasikan teknologi elektrifikasi Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dengan baterai hybrid Lithium-ion berkapasitas 18,1 kWh, yang mana dalam kondisi motor listrik berkerja dapat menggerakan mobil sejauh 65 kilometer dengan kecepatan maksimal 180 km/jam.
Menggunakan sistem penggerak yang dinamakan Toyota sebagai Intelligent All Wheel Drive (AWD-i) E-Four, mobil ini dibekali dua motor listrik di bagian depan sanggup meletupkan tenaga 134 kW (182 PS) serta menghasilkan torsi 270 Nm. Sedangkan motor listrik yang diletakan di belakang dapat menghasilkan tenaga 40 kW (54 PS) dan torsi puncak 121 Nm.
Mengusung teknologi PHEV, untuk melakukan pengisian daya listriknya mobil ini bukan cuma mengandalkan mesin, namun bisa memanfaatkan pengisian daya rumah (wall charger) atau SPKLU.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.