Kilas Balik Perjalanan Daihatsu Ayla dan Toyota Agya, LCGC yang Harganya Sempat Rp80 Jutaan
Prasetyo · 11 Jan, 2023 17:06
0
0
Daihatsu Ayla dan Toyota Agya 2023 kabarnya akan berganti generasi di tahun ini. Memang belum ada pernyataan resmi baik dari pihak PT Astra Daihatsu Motor (ADM) maupun PT Toyota Astra Motor (TAM). Tetapi sejumlah sumber menuturkan kalau kedua mobil mungil itu akan mendapat pembenahan dari pihak pabrikan.
Jika melihat sepak terjang Ayla dan agya di Indonesia, usia kedua mobil ini memang sudah layak untuk berganti generasi. Pasalnya sejak pertama kali hadir di 2012, baik Daihatsu maupun Toyota kompak cuma melakukan facelift meskipun perubahan ekasterior dan interiornya lumayan signifikan.
Daihatsu Ayla sata pertama kali diperkenalkan di IIMS 2012
Nah sambil menunggu infromasi paling valid tentang Daihatsu Ayla 2023 dan Toyota Agya 2023, mari kita kilas balik seperti apa perjalanan dua mobil yang masuk kategori LCGC (Low Cost Green car) itu.
Ayla dan Agya pertama kali diumumkan dan ditampilkan pada pameran Indonesia International Motor Show ke-20 pada September 2012. Keduanya merupakan respon dari Toyota dan Daihatsu terhadap rencana pemerintah Indonesia untuk program LCGC.
Toyota Agya saat diperkenalkan 2012
Sekedar mengingatkan, pada awalnya program LCGC ini digulirkan untuk menghapus pajak barang mewah bagi kendaraan yang memenuhi syarat. Adapun kriterianya antara lain memenuhi kandungan lokal minimal 80 persen. Kemudian ada juga persyaratan konsumsi bahan bakar kendaraan paling rendah 20 kilometer per liter.
Proyek ini kemudian diikuti oleh lima agen pemegang merek (APM) kendaraan di Indonesia. Yakni Toyota dengan Agya, Daihatsu melalui Ayla, Honda menawarkan Brio Satya, Suzuki punya Karimun Wagon R, dan Datsun dengan GO.
Toyota Agya TRD S
Oh ya, syarat tambahan lainnya untuk mobil kategori LCGC yakni punya "nuansa" Indonesia di kendaraannya. Baik dari nama maupun logo yang digunakan.
Agya dan Ayla baru mulai diproduksi massal pada Agustus 2013. Kemudian menyusul di September 2013 mobil ini didistribusikan ke para pemesannya.
Daihatsu Ayla facelift 2017
Pada model awal ini, Ayla dan Agya cuma dibekali mesin 998 cc 3 silinder berkode 1KR-DE. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 65 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 88 Nm di 3.600 rpm.
Mendapat respon positif termasuk beberapa masukan dari para konsumennya, Agya dan Ayla pun alami facelift pertama di April 2017. Facelift ini mencakup desain bumper depan dan belakang yang didesain ulang. Serta mulai menyematkan lampu depan model projector dan lampu belakang LED di varian tertinggi.
Toyota Agya TRD S facelift 2017
Pada versi facelift keduanya juga hadri dengan pilihan fitur dual SRS Airbags. Lantas bagian mesin juga alami perombakan. Untuk Agya tipe 1.0 diganti pakai mesin berkode 1KR-VE meskipun sama-sama 998 cc 3 silinder. Walau begitu tenaganya naik jadi 68 PS. Sementara Ayla 1.0 tetap pakai mesin 1KR-DE sebelumnya.
Kemudian muncul pula opsi mesin 1.2-liter 4 silinder berkode 3NR-VE dengan teknologi Dual VVT-i. Mesin yang kemudian dipakai juga pada Calya serta Sigra 1.2 itu bertenaga 88 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 108 Nm di 4.200 rpm.
Berselang tiga tahun kemudian, tepatnya Maret 2020, Ayla dan Agya alami facelift kedua. Lagi-lagi perubahannya ada pada bentuk bemper depan dan belakang, lampu utama dan lampu stop di belakang, kaca spion yang didesain ulang serta kini ada fitur auto retract di varian tertinggi, serta desian velg yang dipermanis meski ukurannya tetap 14 inci.
Kemudian di bagian dalam juga mendapat peremajaan. Seperti pola kain pelapis jok dan trim pintu, serta penyematan headunit layar sentuh serta sistem AC yang lebih modern. Pada tipe tertinggi untuk yang transmisi matic juga mulai pakai sistem smart key dan Push Start/Stop Engine.
Agya GR Sport
Untuk mesin yang tersimpan dibalik bonet tetap tak berubah semenjak facelift pertama. Hanya saja pada Agustus 2021, Toyota Agya TRD S digantikan posisinya dengan tipe GR SPort. Kemudian Agya bermesin 1.0-liter juga resmi dihapus mulai November 2021. Adapun untuk Ayla 1.0 tetap ada namun cuma hadir dengan transmisi manual.
Toyota Agya dan Daihatsu Ayla facelift di 2020 inilah yang sampai sekarang masih dijual oleh Toyota maupun Daihatsu. Mungkin hingga nanti muncul Daihatsu Ayla 2023 atau Toyota Agya 2023.
Sekarang kita bandingkan dari sisi harga. Ternyata, saat pertama kali muncul, banderol dari kedua mobil ini amatlah menarik. Bagaimana tidak, harga Ayla 2013 sata itu ada yang Rp84 jutaan saja.
Berikut perbandingan harga Daihatsu Ayla dan Toyota Agya saat 2013 dan sekarang:
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.