Kilas Balik Sejarah Toyota Vios di Indonesia, Sedan Bermesin Bandel yang Berubah Jadi Mewah
Herdi · 13 Okt, 2022 17:04
0
0
All New Toyota Vios yang baru diluncukan adalah Vios generasi keempat.
Toyota Vios sudah masuk Indonesia sejak 2003.
Sejarah Toyota Vios juga mencatat sedan ini dipakai sebagai armada taksi.
Toyota Vios generasi keempat kini sudah meluncur di Indonesia. Berbagai perubahan dilakukan guna menggaet banyak konsumen di Tanah Air.
Bicara soal Toyota Vios, sejatinya sedan yang satu ini sangat menarik. Maklum, meski dianggap sebagai sedan entry level atau termurah, namun peminat sedan masih tak selaris mobil MPV atau SUV.
Kendati begitu, Toyota Vios yang sudah muncul sejak 2003 nyatanya masih tetap eksis dan dijual PT Toyota Astra Motor selaku agen pemegang merek untuk pasar Indonesia.
Toyota Vios generasi pertama meluncur pada tahun 2003. Awal kehadiran Vios sendiri merupakan penerus Toyota Soluna yang lahir pada tahun 2000-2003.
Kala itu, Toyota Vios masuk sebagai sedan kompak dan mengisi pasar sedan subcompact atau B-segment Class. Segmen ini ternyata memiliki market terbesar sedan di Indonesia.
Toyota Vios Generasi pertama
Ya, saat Vios dipasarkan di Tanah Air, segmen sedan entry level nyatanya sudah terlebih dahulu dihuni sang rival, yaitu Honda City. Bahkan jauh sebelum Soluna lahir, Honda City sudah banyak digemari konsumen. Khususnya kalangan anak muda.
Kendati demikian, keberadaan Vios lambat laun semakin dilirik. Disebutkan, resep pada jantung pacu jadi penyebab semakin diminati, yaitu mesin 1NZ-FE berkapasitas 1.496 cc 4 silinder DOHC dengan teknologi VVT-i.
Dengan mesin tersebut, mobil ini memiliki tenaga 109 hp pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm di 4.200 rpm, yang disalurkan melalui penggerak roda depan dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.
Mesin 1.5L 1NZ-FE yang terkenal mudah perawatan
Oia, tak sedikit yang menyebut mesin Vios bandel. Selain itu konsumsi bensin Vios tergolong irit. Bahkan Vios disebut Fuelsaver, Speedmaker.
Tak hanya soal mesin, Vios generasi pertama juga sudah dilengkapi fitur keamanan loh, mulai dari rem ABS+EBD+BA, hingga airbags di bagian depan pada pengemudi.
Karena mesin bandel dan durability inilah Vios dikloning untuk dibuat kembaran, dan lahirlah Toyota Limo yang didapuk untuk mobil taksi pada tahun 2004.
Toyota Limo
Selain jadi mobil taksi, pada tahun 2004, Toyota Team Indonesia (TTI) juga mengandalkan Toyota Vios pada kejuaraan motorsport nasional.
Keikutsertaannya langsung menuai hasil positif, yakni juara nasional tim di grup N (ISP). Dalam perjalanan selanjutnya, Vios mengikuti balap touring nasional, baik lewat TTI maupun tim privateer sehingga semakin memikat kaum muda yang menyukai motorsport.
Nah, pada tahun 2005, Vios generasi pertama mengalami facelift, berupa perubahan minor pada desain gril (kontur V), lampu sein di spakbor dan interior warna ivory.
Pada tahun 2008, Toyota Vios generasi kedua akhirnya meluncur dengan berbagai ubahan. Mobil ini menganut paham Higher Class Sedan untuk menunjukkan kemampuannya dalam memberikan value lebih kepada pelanggan.
Toyota Vios generasi kedua
Perubahan pada Vios generasi kedua sudah menggunakan platform baru, bodinya lebih panjang dan wheelbase bertambah. Selain itu, berbagai penyempurnaan juga dilakukan, mulai dari eksterior, interior, hingga kaki-kaki.
Vios generasi kedua juga mengusung konsep desain Vibrant Clarity, dimana tampilan bodi dari depan ke belakang diklaim menunjukkan kedinamisan dan keindahan eksterior Vios.
Adapun ubahan Vios generasi kedua terlihat pada bagian grille dengan bilah melintang dipertegas oleh lekukan seperti huruf V sebagai perlambang Vios.
Toyota Limo bekas taksi yang siap dijual
Tak sampai disitu, fitur keamanan lebih ditingkatkan, seperti disematkannya sepasang airbag, kemudian dilengkapi ABS, EBD dan BA, serta collapsible steering column di semua varian. Hanya saja khusus varian E, untuk roda belakang tetap mengenakan rem tromol.
Oia, Vios generasi kedua memiliki mesin berkode 1NZ-FE yang sama digunakan pada Toyota Yaris, dengan kapasitas 1.500 cc VVT-i dan dilengkapi Intelligent Drive by Wire ETCS- i.
Sistem kerja ETCS-i tanpa hubungan mekanis di pedal gas, sehingga diklaim semakin hemat BBM dan ramah lingkungan. Selain itu, mobil ini dilengkapi Catalytic Converter (CC), yang membuat sedan Vios jadi standar emisi Euro 3.
Toyota Vios TRD Sportivo
Pada tahun 2010, Toyota Vios generasi ke-2 mengalami facelift. Saat itu Toyota mengklaim Vios semakin berkesan elegan. Hal ini divisualisasikan dengan gril dua yang dibalut aksen chrome, fog lamp depan, serta desain lampu belakang juga dibalut list chrome dan redesain cluster lampu belakang dengan mika bening.
Pada generasi ini, Toyota Vios dengan embel-embel flagship TRD Sportivo. Tentu karena beraura balap, Vios jadi tampilan lebih sporty, dinamis, dan berkelas.
Desain Vios TRD dipasang body kit berlabel TRD Sportivo, sedangkan pada bagian interior terkesan lebih mewah, berkat penggunaan sistem audio double DIN yang sudah dijejali GPS.
Pada tahun 2013, Toyota Vios generasi ke-3 akhirnya dirakit di pabrik kedua PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat.
Toyota Vios generasi ketiga
Toyota menyebutkan, bahwa platform Vios generasi ketiga memiliki platform yang sama dengan generasi sebelumnya, namun desainnya diubah agar lebih segar, dan sporty. Selain itu, juga mobil ini jadi terlihat mewah.
Yang menarik pada Toyota Vios generasi ketiga, yaitu ubahan pada tampang depan seperti grille jadi lebih elegan, kemudian dan fascia depan memberikan kesan yang lebih elegan.
Pada tahun 2014 tepat di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014, Toyota Vios generasi ketiga hadir dengan wujud TRD Sportivo. Tentu tampilannya jadi lebih sporty lagi.
Toyota Vios TRD Sportivo generasi ketiga
Kemudian pada 1 November 2016, Vios generasi ketiga diperbaharui, khususnya pada jantung pacu yang sudah menggunakan mesin tipe 2NR-FE, 4 silinder, Dual VVT-i, berkapasitas 1,5 liter yang menghasilkan tenaga 107 PS dan torsi 14,3 Kgm.
Diketahui, mesin ini sama juga digunakan oleh Toyota Sienta generasi kedua. Dimana tenaga yang dihasilkan distribusi melalui pilihan transmisi manual 5-speed atau 7-speed Continuously Variable Transmissions (CVT) with Sport Sequential Shiftmatic Mode.
Khusus Vios tipe G CVT, tipe mobil ini mengadopsi fitur Eco/Sport Drive Mode dan dilengkapi paddle shift. Adapun penyegaran Vios terasa berbeda berkat konsep aerokit yang membuat sporty dan elegant.
Interior Toyota Vios generasi ketiga
Kemudian desain front grille lebih tajam dan menyambung dengan lampu depan. Lalu bumper dengan lubang udara ekstra besar.
Vios juga sudah dilengkapi Headlamp projector dengan paduan teknologi LED dan Daytime Running Lights (DRL), kemudian velg alloy berukuran 16 inch pada tipe G. Untuk bagian belakang, sudah dilengkapi Rear combination lamps LED yang dipadukan dengan lampu rem dan lampu sein.
Pada tahun 2018, Vios generasi ketiga mengalami facelift dengan tampilan berubah dan fitur keselamatan ditingkatkan seperti airbag sebanyak 7 titik, yaitu SRS Driver Passenger, SRS Side Airbags, SRS Curtain Shield Airbags (CSA), dan SRS Knee Airbags.
Disamping itu, sedan ini mendapatkan tambahan fitur baru seperti Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA) dan Emergency Brake Signal (EBS), serta 3 point seatbelt pada semua kursi penumpang.
Toyota Vios generasi ke-4, resmi meluncur pada 12 November 2022. Kendati demikian, Vios terlebih dahulu diluncurkan di Thailand pada Agustus 2022 dengan nama Yaris Ativ. Selain itu, pabrik produksi Vios tak lagi di Karawang, Jawa Barat, tapi dilakukan di negeri Gajah Putih.
Untuk pasar Indonesia, Toyota Vios generasi keempat, diimpor secara utuh atau Completely Build Up (CBU) dari Thailand sebagai pusat produksi sedan Toyota di Asia Tenggara.
Setidaknya ada tiga pilihan yang ditawarkan konsumen di Tanah Air, yaitu E M/T, G CVT, dan G CVT TSS sebagai model paling canggih.
Dimensinya membesar
Toyota Vios generasi keempat juga sudah menggunakan platform DNGA-B sama seperti Veloz, yang diklaim jadi lebih canggih dan membuat kabin lebih lapang, sehingga memberikan kenyamanan ekstra kepada penumpang.
Maka dari itu, Toyota Vios generasi keempat memiliki dimensi panjang 4.410 mm, lebar 1.740 mm, dan tinggi 1.480 mm, serta jarak sumbu roda (wheelbase) mencapai 2.620 mm. Artinya, Vios terbaru ini jadi lebih lebar 10 mm dan lebih rendah 20 mm, dengan wheelbase ekstra melar hingga 70 mm, jika dibandingkan dengan model sebelumnya.
Toyota Vios terbaru juga sudah bergaya Keen Look, dengan tampang depan dilengkapi grille trapezoidal besar dan pada bagian atas grille tipis melintang yang tampak serasi dengan lampu depan L-shape LED.
Pada bagian samping, Toyota Vios generasi keempat dilengkapi dengan velg alloy berukuran 17 inch, kemudian jendela ketiga di belakang pintu samping (6-light window) sebagai penegas. Desain buritan mobil ini dilengkapi sentuhan lampu belakang LED L-shape, aksen diffuser, antena shark fin, dan lubang udara mungil di ujung bumper belakang.
Interior Toyota Vios Generasi keempat
Untuk interior sudah lebih elegan dan mewah berkat Interior didominasi warna hitam dan dashboard bermaterial soft touch yang selaras dengan desain door trim. Penggunaan bahan serupa berlanjut pada panel instrumen, knee pads, serta arm rest di pintu dan konsol tengah pada tipe G.
Toyota Vios generasi keempat hadir dengan lima pilihan warna yaitu Platinum White Pearl (Hero Color), Attitude Black, Metal Stream Metallic, Grey Metallic, dan Red Mica Metallic.
Belum lagi Vios terbaru dilengkapi fitur memikat seperti panel instrumen berukuran 7-inch TFT dan Digital LED Speedometer, Electric Parking Brake dengan Auto Brake Hold, sistem audio menggunakan layar sentuh 9 inch, ditambah entertainment system bisa tersambung dengan smartphone connection melalui pengaplikasian Apple CarPlay dan Android Auto Support (AACP).
Tak sampai disitu, untuk tipe tertinggi Vios generasi keempat sudah dilengkapi teknologi keselamatan Toyota Safety Sense (TSS). Fitur ini terdiri Pre-Collision Warning and Braking Assist (PCWBA), Pedal Misoperation Control (PMC), Lane Departure Warning (LDW), Lane Departure Prevention (LDP), Auto High Beam (AHB), Blind Spot Monitoring (BSM), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Adaptive Cruise Control (ACC), serta Front Departure Alert (FDA).
Selain TSS, mobil ini juga memiliki fitur lainnya, mulai dari ABS, EBD, BA yang dimaksimalkan oleh piringan cakram di seluruh roda. Tak hanya itu, ada juga Dual Airbags, Parking Sensors, Rear Parking Camera, Hill Start Assist (HSA), dan Vehicle Stability Control (VSC) pada semua grade All New Vios. Khusus untuk flagship All New Vios CVT TSS masih ditambahkan dengan Traction Control (TC).
All New Vios juga didukung oleh fitur advance berbasis teknologi telematik, yaitu T Intouch. T Intouch menghadirkan pengalaman konektivitas digital dalam kehidupan sehari-hari, dengan menghubungkan pengguna All New Vios ke seluruh layanan Toyota, untuk mendapatkan solusi dan manfaat terintegrasi.
Mesin Toyota Vios generasi keempat
Untuk jantung pacu, All New Toyota Vios sudah dijejali mesin berkode 2NR-VE, ditambah teknologi Dual VVT-i yang memiliki kapasitas 1.496 cc, 4-silinder, sehingga menghasilkan daya 106 PS pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.200 rpm.
Tenaga yang dihasilkan tersebut, didistribusi ke roda depan yang kemudian disalurkan melalui opsi transmisi manual 5-speed atau CVT.
Mengawali karir sebagai jurnalis sejak tahun 2011 di salah satu media massa Nasional Tanah Air. Memiliki ketertarikan untuk membahas bidang otomotif, mulai dari sepeda motor, mobil, hingga bus dan truk.