Komparasi Daihatsu Rocky 1.0 Turbo vs Honda Brio RS, Jadi Senjakala Hatchback di Indonesia?
Prasetyo · 2 Mei, 2021 08:00
0
0
Kehadiran Daihatsu Rocky 1.0 Turbo cukup menggemparkan peta otomotif roda empat di Tanah Air. Bagaimana tidak, dengan harga Rp 200 jutaan, cukup banyak segmen mobil penumpang yang "tersinggung" oleh kehadiran Rocky. Satu diantaranya Honda Brio RS.
Antara Daihatsu Rocky 1.0 Turbo vs Honda Brio RS memang berbeda segmentasi. Yang satu datang di kelas low SUV compact, satu lagi jadi andalan Honda untuk segmen compact hatchback. Namun keduanya menurut kami punya satu benang merah yang senada, yakni dimensi mungil, penggunaan yang akan lebih banyak di perkotaan, dan segmentasi pasar untuk para generasi milenial atau mereka yang first buyer.
Mungkin Anda juga tengah mempertimbangkan, mana antara Daihatsu Rocky 1.0 Turbo atau Honda Brio RS yang terbaik? Nih kita kasih sedikit gambaran komparasi diantara keduanya.
Dimensi Daihatsu Rocky Lebih Besar dari Honda Brio RS
Daihatsu Rocky punya panjang 4.033 mm (milimeter), lebar 1.710 mm, tinggi 1.635 mm, dan jarak sumbu roda 2.525 mm. Sementara untuk Honda Brio RS panjangnya 3.800 mm, lebar 1.680 mm, tinggi 1.485 mm, dan punya wheelbase 2.405 mm.
Dari data ini terlihat jika Daihatsu Rocky lebih panjang 233mm, lebih lebar 30 mm, lebih tinggi 150 mm, dan juga jarak sumbu rodanya lebih panjang 120 mm dari Brio.
Satu hal lagi yang membuat Daihatsu Rocky lebih unggul, yakni mobil tersebut memiliki jarak ke aspal 200 mm, jauh lebih tinggi dibanding Honda Brio yang cenderung rendah. Tentunya ini membuat Rocky lebih fleksibel untuk menghadapi berbagai medan jalan yang kurang bersahabat.
Berkat Mesin Turbo, Daihatsu Rocky Lebih Bertenaga dari Honda Brio
Perbandingan selanjutnya bisa kita lihat dari mesin yang digunakan kedua mobil ini. Untuk Daihatsu Rocky 1.0 Turbo menggunakan mesin 998 cc 3 silinder turbocharger bertenaga 98 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 150 Nm di 2.400 - 4.000 rpm.
Sementara itu, Honda membekali Brio dengan mesin 1.199 cc SOHC 4 silinder berteknologi i-VTEC dengan Drive by Wire. Mesin ini mampu meletupkan tenaga 90 PS di 6.000 rpm dengan torsi 110 Nm di 4.800 rpm.
Dari data ini terlihat jika meskipun Rocky hanya dibekali mesin dengan kapasitas lebih kecil, tapi tenaganya lebih besar dari Honda Brio yang pakai mesin dengan kapasitas isi silinder lebih besar. Selain itu torsi dari Rocky juga jauh lebih besar dari Brio. Ini berkat ditambahkannya sistem turbo pada Rocky. Namun kedua mobil ini menggunakan jenis transmisi yang serupa, yaitu manual 5 percepatan dan otomatis CVT.
Keduanya Pakai Tipe Suspensi Serupa
Jika dari jantung mekanis kedua mobil ini punya perbedaan yang cukup signifikan, maka tidak dengan sistem suspensinya. Baik Rocky ataupun Brio, sama-sama menggunakan sistem suspensi depan jenis MacPherson Strut dan suspensi belakang Torsion Beam.
Kemudian sistem pengereman dari keduanya juga serupa, yakni menggunakan disk brake untuk roda depan, dan drum brake di roda belakang. Baik Daihatsu Rocky maupun Honda Brio juga sudah dilengkapi fitur Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Distribution (EBD).
Untuk sistem kemudinya pun serupa yakni masing-masing menggunakan rack and pinion dengan Electric Power Steering (EPS).
Komparasi Daihatsu Rocky 1.0 Turbo vs Honda Brio RS yang terakhir adalah masalah kelengkapan fitur. Kita asumsikan keduanya adalah varian teratas, maka Daihatsu Rocky sudah menggunakan fitur Advanced Safety Assist (A.S.A).
Ini merupakan paket fitur keselamatan canggih dari Daihatsu yang terdiri dari Pre Collision Warning, Pre Collision Braking, Pedal Misoperation Control. Front Departure Alert, Lande Departure Warning, dan Lane Departure Prevention. Selain itu ada juga fitur dual SRS Airbags, Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA). serta AC digital.
Untuk Brio RS, Honda membekali pula dengan sejumlah fitur keselamatan aktif dan pasif. Antara lain struktur rangka bodi G-CON + ACE, Dual SRS Airbags, Side Impact Beam, parking sensor, Keyless Entry, Alarm dan Immobilizer. Sayangnya belum ada paket fitur seperti A.S.A di Honda Brio RS.
Kesimpulan
Selama ini menguasai pangsa pasar compact hatchback atau city car, kehadiran Honda Brio kini terganggu dengan Daihatsu Rocky. Meskipun berbeda segmentasi, tapi rentang harganya sedikit beririsan. Apalagi Daihatsu juga menawarkan Rocky dengan fitur cukup lengkap serta mesin turbo yang lebih bertenaga dari Brio.
Namun kalau Anda masih tetap setia dengan teknologi i-VTEC Honda yang terkenal gesit sekaligus irit bahan bakar, maka rasanya Brio masih amat layak dipertimbangkan. Apalagi Honda juga punya varian Brio Satya yang harganya di bawah Rp 200 juta.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.