Komparasi Impresi Berkendara Toyota Calya vs Datsun GO+: Siapakah yang Paling Menyenangkan Dikendarai?
Kurnia · 28 Mei, 2020 10:00
0
0
Untuk sebuah MPV LCGC, baik Toyota Calya 2020 dan Datsun Go+ 2020 mampu memberikan impresi mengemudi yang tak kalah menyenangkan
Baik Toyota Calya terbaru 2020 dan Datsun Go+ 2020 ditawarkan dengan mesin berkapasitas 1.2 liter yang kompak dan efisien. Namun sejatinya, kedua MPV LCGC ini memiliki spesifikasi dan karakter yang berbeda.
Tipe mobil Toyota Calya terbaru berjumlah 3 macam. Harga Toyota Calya terbaru 2020 berkisar dari Rp 147 juta hinga Rp 166 jutaan. Ini merupakan harga Calya terbaru 2020. Sedangkan Datsun GO+ memiliki total 7 tipe. Harga Datsun GO+ terbaru berkisar dari Rp 120 juta hingga Rp 137 jutaan. Ini merupakan harga Datsun GO+ 2020.
Salah satu contohnya adalah jumlah silinder. Mesin 3NR-VE bawaan Toyota Calya terbaru 2020 menggunakan mesin empat silinder, sementara mesin HR12DE milik Datsun Go+ 2020 mengaplikasi 3 silinder. Dengan menggunakan mesin tiga silinder, Datsun ingin mengoptimalkan efisien volumetrik dan jumlah silinder.
Karakter penyaluran tenaga dari MPV LCGC andalan Datsun juga sudah terasa pada putaran mesin lebih rendah (lihat tabel). Sehingga menawarkan respon yang lebih sigap ketika berkendara di padatnya lalu lintas perkotaan. Namun di lain sisi, mesin 4 silinder yang dianut mesin 3NR-VE bawaan mobil Calya terbaru 2020 juga memiliki sejumlah kelebihan, yakni memiliki karakter lebih halus dan minim getaran.
Perbedaan kedua adalah penggunaan transmisi otomatis. Toyota Calya terbaru mengaplikasi otomatis dengan 4 percepatan, sementara Datsun Go+ 2020 meneruskan tradisi Nissan yang terlebih dulu sukses dengan transmisi CVT yang mereka namakan X-TRONIC. Transmisi CVT memang terkenal mampu memberikan perpindahan gigi lebih halus dan minim entakan. Sementara transmisi otomatis 4 percepatan memiliki respon perpindahan gigi dan penyaluran daya yang tak kalah optimal dan terasa lebih responsif ketika berkendara baik ketika sendirian atau dengan penumpang penuh.
Pengendalian
Dari sisi pengendalian, keduanya memang identik dengan MPV kompak perkotaan, yakni cukup lincah. Namun dari sisi handling, mobil Cayla Toyota terbaru 2020 sedikit terasa lebih stabil. Sementara untuk Datsun GO+ 2020, dengan karakter penyaluran tenaga yang lebih halus, menjanjikan pengendalian yang cukup menyenangkan dan juga nyaman untuk digunakan pada lalu lintas perkotaan. Namun untuk feedback setir, mobil Calya terbaru terasa lebih natural dan sigap. Hal yang sama dalam hal posisi duduk saat mengemudi, MPV LCGC Toyota ini lebih nyaman dengan visibilitas lebih baik.
Karakter redaman suspensi juga terasa sangat mempengaruhi karakter berkendara dengan kedua MPV LCGC ini. Dari spesifikasi, keduanya memang menganut tipe suspensi yang mirip layaknya sebuah MPV. Meski memiliki dimensi lebih bongsor dan tinggi, namun gejala limbung atau body roll pada Toyota Calya terbaru 2020 terasa lebih minim ketimbang Datsun GO+. Ketika berkendara dengan penumpang penuh, suspensi Toyota Calya masih mampu memberikan peredaman dan pengendalian lebih baik.
Spesifikasi Toyota Calya 2020 A/T dan Datsun Go+ 2020 X-TRONIC
Toyota Calya 2020 A/T
Datsun Go+ 2020 X-TRONIC
Mesin
3NR-VE, 4 Silinder Segaris, DOHC, Dual VVT-i
HR12DE, 1.2 Liter 3 Silinder Segaris DOHC
Jumlah Silinder
4 Silinder
1.200 cc 3 silinder
Pasokan Bahan Bakar
Injeksi elektronik
Injeksi elektronik
Tenaga Maksimum
87 hp @ 6.000 rpm
80 hp @ 5.000 Rpm
Torsi Maksimum
107.9 Nm @ 4.200 rpm
110 Nm @ 4.000 Rpm
Kapasitas Silinder
1.498 cc
1.496 cc
Tipe Transmisi
Otomatis 4 percepatan dengan mode manual, penggerak roda depan
Otomatis CVT X-TRONIC, penggerak roda depan
Dimensi
P x L x T
4.070 mm X 1.655 mm X 1.600 mm
3.995 mm x 1.636 mm x 1.507 mm
Jarak Sumbu Roda
2.525 mm
2.450 mm
Jumlah Tempat Duduk
7 Penumpang
7 Penumpang
Kapasitas Tangki BBM
36 Liter
35 Liter
Kaki-Kaki dan Suspensi
Suspensi Depan/Belakang
Independent MacPherson Strut with Stabilizer Bar & Axle Beam
MacPherson Strut & Torsion Beam
Sistem Kemudi
Electronic Power Steering
Electronic Power Steering
Rem Depan & Belakang
Ventilated Disc & Drum
Ventilated Disc Brake & Drum
Pelek
Alloy, 14 Inci
Alloy, 14 Inci
Jenis Ban
175/65 R14
175/65 R14
Kesimpulan
Toyota Calya terbaru 2020 terbukti mampu memberikan impresi berkendara lebih baik. Dengan performa yang lebih responsif, handling lebih sigap dan posisi duduk lebih nyaman, membuat MPV 7 penumpang bermesin 3NR-VE terasa lebih menyenangkan. Sementara untuk Datsun GO+, dengan karakter penyaluran tenaga lebih halus dengan transmisi CVT, juga mampu memberikan impresi yang baik. Namun harus diakui, dengan facelift yang dilakukan pada mobil Calya terbaru pada tahun 2019 lalu, sukses membuatnya menjadi lebih baik dan kompetitif.