Adapun trim variannya ada dua, yakni tipe G dan tipe S. Kemudian dibagi lagi dalam dua pilihan mesin dan dua tipe transmisi. Serta ada opsi GR Packaged yaitu aksesoris dari Gazoo Racing.
Nah kalau dibandingkan dengan Creta, maka saat ini Hyundai membagi dalam empat varian, yaitu Active, Trend, Style, dan Prime. Serta ada satu tipe khusus yakni Dynamic Black Edition.
Pilihan mesinnya cuma satu tapi ada opsi transmisi manual 6 percepatan atau otomatis IVT.
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Toyota menyodorkan dua tipe mesin untuk Yaris Cross yang dipasarkan di Indonesia.
Mesin pertama berkode 2NR-VE dengan kapasitas 1.496 cc 4 silinder DOHC Dual VVT-i yang sama persis digunakan Avanza.
Jantung pacu ini sanggup meletupkan tenaga sebesar 78 kW (106 PS) dan torsi 138 Nm serta disediakan opsi transmisi manual 5 percepatan atau otomatis CVT.
Mesin kedua tetap sama 1.5L 4 silinder DOHC Dual VVT-i namun berjenis hybrid dengan kode 2NR-VEX. Keluaran tenaganya 67 kW (91 PS) dengan torsi 121 Nm.
Kemudian mesin ini juga dikombinasikan motor listrik dengan tenaga 59 kW (80 PS) serta torsi sebesar 141 Nm.
Cuma ada dengan mode transmisi CVT, yang lantas dikawinkan teknologi Toyota Hybrid System (THS) serta baterai Lithium-ion, mesinnya jauh lebih efisien namun tidak mengorbankan performa.
Sementara itu untuk semua tipe Creta, Hyundai memasang mesin 1.5L MPI yang sama dengan kubikasi 1.497 cc.
Mesin jenis Naturally Aspirated (N/A) 4 silinder tersebut diklaim bisa menghasilkan tenaga 115 PS dengan torsi 144 Nm.
Itu berarti dari segi mesin, Hyundai harus mengakui kalau Yaris Cross lebih variatif.
Perbandingan Dimensinya Toyota Yaris Cross vs Hyundai Creta
Walau sama-sama masuk ke segmen SUV crossover medium namun beda desain dan platform yang digunakan tentu beda pula ukuran tubuhnya.
Di atas kertas, ternyata dimensi Creta sedikit lebih besar daripada Yaris Cross.
Tapi uniknya, Toyota mendesain wheelbase yang lebih panjang dibanding Hyundai untuk kedua mobil ini.
Perbandingan Dimensi
Toyota Yaris Cross
Hyundai Creta
Panjang
4.310 mm
4.315 mm
Lebar
1.770 mm
1.790 mm
Tinggi
1.615 mm
1.630 mm
Jarak sumbu roda
2.620 mm
2.610 mm
Kalau memang jarak sumbu roda Yaris Cross lebih panjang dari Creta, seharusnya ia menyajikan ruang kabin terutama di bagian belakang yang lebih lapang.
Saat kami duduk di jok baris kedua mobil ini, kelapangan kabin memang terasa. Tapi apakah itu akan lebih nyaman daripada ruang belakang Creta, tentu harus diuji lebih mendalam.
Nah perbandingan di segmen ini juga cukup menarik. Pasalnya kedua mobil dilengkapi sistem Advanced Driver Assistance System (ADAS).
Namun pada Yaris Cross dinamakan Toyota Safety Sense (TSS) sementara di Hyundai pakai istilah Hyundai SmartSense.
Tapi Toyota belum membeberkan, fitur TSS apa saja yang sudah disematkan pada mobil barunya itu.
Meski demikian, fitur keselamatan lain seperti 6 Airbags, ABS, EBD, Brake Assist, Electric Parking Brake (EPB) with Auto Brake Hold, Emergency Stop Signal (ESS), Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), dan Blind Spot Monitor (BSM) ada di Yaris Cross.
Fitur kebanggan lain dari mobil ini adalah keberadaan headunit 10,1 inci, panoramic glassroof, wireless charger, dan electric seat untuk jok pengemudi.
Adapun di Creta ada Forward Collision-avoidance Assist (FCA), Lane Following Assist (LFA), Lane Keeping Assist (LKA), Blind-spot Collision-avoidance Assist (BCA), dan Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist (RCCA).
Fitur lain seperti 6 Airbags, Hill Start Assist, lectric Parking Brake with Auto Hold dan Rear View Monitor juga ada di SUV jenama Korea itu.
Kemudian Creta juga bisa jumawa lantaran selain wirelesss charger, atapnya selain panormaic juga bisa dibuka tutup (sunroof).
Lantas jok baris depan sudah dilengkapi ventilasi, arm rest jok belakang dilengkapi cup holder, laci bagasi depan dengan sistem cooling, dan juga ada TPMS (Tire Pressure Monitoring System).
Kalau dari rincian fitur-fitur yang sudah disebutkan oleh Toyota, sepertinya Hyundai Creta masih sedikit lebih unggul.
Kecuali kalau nantinya sistem TSS di Yaris Cross ternyata jauh lebih lengkap dibanding Hyundai SmartSense milik Creta
Kesimpulan
Toyota memang sudah mengumumkan tentang Yaris Cross. Tapi harganya belum diketok.
Rincian fitur dan cara kerja sistem hybridnya juga belum dirinci, bisa mengagumkan, bisa pula bikin illfeel kalau ternyata hargnya terlalu over price.
Gimana? Udah ngebet pengen inden Toyota Yaris Cross apa pilih Hyundai Creta saja?
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.