Ngebet Pengen Inden? Ketahui Dulu Beda Toyota Veloz 2022 dan Generasi Sebelumnya
Prasetyo · 19 Okt, 2021 08:08
0
0
Bocornya foto-foto Toyota Velos 2022 memang cukup menggemparkan. Memang isu Toyota akan merilis Avanza terbaru dalam waktu dekat sudah cukup lama terdengar. Tapi tidak pernah ada yang menyangka kalau perubahnnya benar-benar radikal.
Meskipun penampakan yang tersebar di lini media sosial adalah untuk varian Toyota Veloz, namun ini setidaknya mewakili banyak orang yang begitu dibuat penasaran dengan wujud baru mobil sejuta umat tersebut.
Avanza Veloz yang saat ini masih dijual Toyota
Nah untuk kembali meyakinkan Anda kalau memang sudah ngebet mau inden Veloz terbaru, di artikel kali ini kita akan ulas secara utuh apa saja perbedaan antara Toyota Veloz 2022 dengan Veloz sebelumnya.
Kalau melihat secara fisik, jelas sekali terlihat kalau Veloz 2022 punya penampilan berubah total. Fascia menunjukkan paras sangat berbeda dibanding Veloz generasi kedua yang saat ini masih dipasarkan PT Toyota Astra Motor (TAM).
Paling menyita perhatian adalah bentuk grilnya yang kini pakai model trapezoidal dengan motif diamond cut. Bentuk gril ini tentu mengingatkan kita pada paras Toyota Raize atau Corolla Cross yang sudah lebih dulu mengadopsinya. Kemudian lampu utamanya juga kini dibuat pipih dan persegi. Di lampu ini juga telah terintegrasi dengan LED DRL.
Kondisi tersebut beda dengan bentuk muka Veloz yang saat ini masih beredar. Grilnya hanya berupa bilah horizontal dengan aksen krom atau black chrome ketika diaplikasikan pada Veloz GR Limited. Sedangkan lampu utamanya tersusun bertumpuk tanpa ada DRL. Bentuk bempernya juga terlihat ada perbedaan.
Dimensi Toyota Veloz 2022 Lebih Besar
Desain samping beda dan lebih panjang
Beranjak ke bagian samping, siluet bodi Veloz 2022 terlihat lebih panjang dibanding generasi sebelumnya. Memang sih belum ada data resmi berapa dimensi dari mobil ini. Namun panampakannya mengingatkan kita pada bagian sisi dari Toyota Rush.
Toyota membuat satu garis lurus mulai dari ujung lampu depan hingga ke atas lampu belakang. Kemudian lekuk fendernya juga terlihat lebih tegas dibanding sebelumnya. Menariknya jendela baris ketiga dibuat lebih kecil dengan pilar D yang landai. Mirip dengan karakter dari Rush.
Kaca penumpang baris ketiga Veloz mirip Rush
Sementara untuk Veloz sebelumnya bentuk bodinya masih terlihat membulat. Lengkung fender juga dibuat rata bodi, serta jendela jok paling belakang masih cukup besar.
Ciri Khas Toyota Avanza Veloz di Belakang Hilang
Veloz 2022 dan Veloz sebelumnya tampak belakang
Kini kita bahas soal tampilan belakangnya. Veloz 2022 terlihat punya bokong lebih lebar dengan atap yang sedikit rendah. Akibatnya ukuran kaca belakang juga terlihat sedikit lebih kecil. Namun Toyota mengaplikasikan bentuk spoiler baru di bagian belakang yang membuat kesan agresifnya lebih kuat.
Sementara itu pada lampu belakang sudah menggunakan teknologi LED yang bentuknya sekelias lagi-lagi mirip dengan Rush. Kemudian lampu ini juga terhubung di kedua sisinya berkat adanya garnish memanjang. Pada backdoor, terlihat tulisan "VELOZ" sebagai identitasnya bukan lagi emblem kecil seperti model sebelumnya.
Tak ada lagi reflektor bulat di bemper ciri khas Veloz
Lantas pada bemper, lekukannya juga jauh berbeda dibanding Veloz saat ini. Di kedua sisinya juga terdapat reflektor, sayangnya ciri khas reflektor bundar di bemper belakang yang sudah ada sejak Veloz generasi pertama harus dihilangkan.
Bagaimana dengan interiornya? Kalau kita lihat bagian depan kabin Toyota Veloz 2022, maka mengingatkan desain kokpit dari Raize. Lihat saja bentuk lingkar kemudinya, lekuk desain dasbor dan bagian meter cluster serta bentuk kisi-kisi AC-nya. Hingga keberadaan monitor 9 inci yang berdiri tegak.
Sementara di Veloz lama, bentuk dasbor cenderung lebih landai. Kisi-kisi AC juga lebih besar dan tidak ada aksen silver seperti di Veloz 2022. Demikian pula dengan desain setirnya yang bereda, serta headunit yang tertanam ada dasbor.
Kabin Veloz generasi kedua
Perubahan juga terjadi pada bentuk tuas transmisi ketika Veloz 2022 punay desain transmisi yang terlihat lebih modern. Sementara pada generasi sebelumnya masih sama dengan yang ada sejak Veloz generasi awal.
Penumpang Belakang Toyota Veloz 2022 Lebih Dimanjakan
Ada monitor tambahan buat penumpang belakang
Banyak hal perubahan yang juga terjadi pada ruang kabin penumpang belakang. Mulai dari yang mudah terlihat dulu ya, Veloz terbaru kini ditambahkan monitor yang terpasang di bagian atap. Sementara kisi-kisi AC double blowernya terlihat berpindah ke bagian sisi, mirip yang ada di Kijang Innova.
Jok baris kedua juga bisa dimajumundurkan namun dengan pengaturan manual. Kemudian jok penumpang tengah ini juga sekarang sudah ditambah arm rest. Sementara itu pada bagian belakang jok pengemudi dan penumpang depan sudah ditambahkan seat back pocket. Lantas pda konsol tengah juga sudah ada soket lighter dan USB charging tambahan.
Pada Toyota Avanza Vloz sebelunya beberapa kelebihan ini belum ada. Tentunya ini jadi daya tarik tersendiri, mengingat Avanza dan Veloz didesain sebagai mobil keluarga. Pastinya dengan perbaikan di sektor kabin belakang, kenyamanan penumpang pun semakin meningkat.
Toyota Veloz Berubah Jadi FWD dan Pakai CVT
Pakai mesin baru, CVT, dan FWD
Terakhir kita akan memprediksi mesin seperti apa yang akan ada di bonet Toyota Veloz 2022. Isu yang beredar, mobil ini sekarang akan dilesakkan mesin 1.5-liter berkode 2NR-VE dengan teknologi Dual VVT-i. Mesin ini kemudian dikombinasikan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis CVT.
Selain itu, dibangun menggunakan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture) milik Daihatsu, Veloz juga akan berubah menggunakan sistem penggerak roda depan (FWD). Itu berarti Avanza dan Veloz yang selama ini pakai penggerak roda belakang (RWD) akan berakhir. Veloz pun bergabung dengan LMPV lainnya yang sudah lebih dulu pakai FWD seperti Honda Mobilio dan Mitsubishi Xpander.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.