Perbandingan Spesifikasi Toyota Agya 2023 vs Generasi Sebelumnya, Ganti Mesin Jadi Lebih Baik?
Prasetyo · 13 Feb, 2023 18:07
0
0
Toyota Agya 2023 sudah resmi diperkenalkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Muncul sebagai generasi baru, Agya kini menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) seperti yang sudah dipakai pada Toyota Raize, Toyota Avanza-Veloz, serta Toyota Vios.
Tentu saja perubahannya terjadi diseluruh lini. Menurut TAM, All New Agya menawarkan styling eksterior yang "powerful and aggressive". Ini untuk memperkuat imej sporty dari mobil kategori LCGC tersebut.
Rilis di Jakarta, Senin (13/02/2023)
"Bagi yang mencari mobil pertama yang exciting dan memberikan peace of mind, kami siapkan All-New Agya. Dan bagi para sporty seekers, kami siapkan All-New Agya GR Sport, yang kami bekali juga dengan special tuning di beberapa bagian untuk menghadirkan performa dan handling yang superior," kata Henry Tanoto, Vice President Director TAM dalam sambutannya, Senin (13/02/2023).
Perubahan pada Agya generasi kedua ini tampak pada bagian depan, samping hingga belakang. Fasad yang berubah seperti lampu utama uang kini berbentuk pipih.
Agya tipe G
Desainnya mirip kepunyaan Raize atau Avanza, lengkap dengan DRL LED model plasma. Kap mesinnya juga terlihat lebih kekar.
Siluet bodi dari samping juga menunjukkan postur tubuh yang lebih besar. Ini lantaran panjang tubuhnya bertambah 610 mm. Kesan agresif juga ditampilkan oleh garis desain belakang yang tampak tajam dan berkarakter.
Agya GR Sport
Pada varian G disematkan velg alloy 14 inci berkelir silver dengan ban 175/65/R14. Sedangkan tipe GR Sport diaplikasikan velg alloy 15 inci two-tone yang diselimuti ban 185/55/R15.
Selain desainnya yang berbeda dengan Agya terdahulu, begitu juga ukurannya serupa. Untuk Agya tipe G sama-sama pakai ring 14, sementara di Agya GR Sport sebelumnya tetap pakai ban ring 14 sama seperti tipe G.
Sekarang kita bandingkan dari sisi spesifikasi teknis. Toyota Agya 2023 ternyata disematkan mesin dengan kode WA-VE 3 silinder 12 valve berteknologi DOHC dan Dual VVT-i. Mesin kubikasi 1.198 cc ini juga digunakan pada Raize.
Mesin Toyota Raize
Tenaga puncaknya 88 PS di 6.000 rpm serta torsi maksimal 113 Nm pada putaran 4.500 rpm. Ini beda dengan Agya sebelumnya yang pakai mesin 1.2L dengan kode 3NR-VE. Mesin 4 silinder itu memiliki daya maksimum 88 PS dengan torsi 108 Nm.
Alami perubahan desain, ternyata Toyota Agya 2023 juga dirombak total dari segi spesifikasi teknisnya. Sekarang tinggal tunggu harga, kalau kenaikan harga Toyota Agya 2023 tidak terlalu signifikan, tentu bakal jadi sangat menarik.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.