window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Toyota Innova Zenix Mobil yang Disukai Hampir Seluruh Keluarga Indonesia

Herdi · 14 Sep, 2024 14:03

Rekomendasi Mobil Keluarga 2024

Rekomendasi Mobil Keluarga 2024 kembali kami berikan kepada Toyota Kijang Innova Zenix. Rasanya tak ada alasan untuk mencoret nama Kijang dari daftar mobil yang paling banyak disukai keluarga di Indonesia.

Toyota Kijang Innova Zenix memang bukan hanya terkenal, namun juga laris di pasar otomotif Indonesia. Pasalnya, Kijang Innova generasi ketiga ini merupakan mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) yang digadang-gadang jadi standar mobil keluarga mapan di Indonesia. 

Selain itu, desain Kijang Innova Zenix juga memang tak kacangan, sehingga tampilannya cukup menarik. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Beberapa poin tadi sepertinya ikut menyumbang total penjualan Kijang Innova Zenix sepanjang Januari-Juli 2024 menjadi yang paling tertinggi, mengalahkan beberapa mobil mobil lainnya, seperti Honda Brio Satya atau Daihatsu Sigra

Baca juga: Rekomendasi Mobil Keluarga Terbaik 2024 Versi Autofun: Mulai dari Bintangnya Anak Muda Hingga SUV Trendy Masa Depan

Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Toyota Innova Zenix Mobil yang Disukai Hampir Seluruh Keluarga Indonesia 01

Tampang wajah Kijang Innova Zenix

Berdasarkan catatan Wholesales (penjualan dari pabrik ke dealer) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), selama tujuh bulan di 2024 sebagai berikut. 

  • Juli: 6.886 unit
  • Juni: 5.392 unit 
  • Mei: 5.381 unit
  • April: 2.803 unit
  • Maret: 4.438 unit
  • Februari: 3.748 unit
  • Januari: 5.279 unit

Ya, meski hanya penjualan wholesale, namun hal tersebut membuktikan pabrikan memproduksi sesuai dengan permintaan. Maka dari itu, jika dibandingkan dengan model MPV lainnya, Kijang Innova Zenix masih berada di atas angin.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Toyota Kijang Innova Zenix Jadi Mobil Andalan Keluarga Indonesia

Lantas siapa pesaing Toyota Kijang Innova Zenix?

Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Toyota Innova Zenix Mobil yang Disukai Hampir Seluruh Keluarga Indonesia 02

Tampang belakang dan samping Kijang Innova Zenix

Jika dilihat dari bentuknya, maka pesaingnya banyak dikatakan Kia Carens maupun Wuling Cortez. Tapi Ketika bicara dapur pacu, Kijang Innova Zenix tidak bisa apple to apple jika disandingkan dengan Carens atau Cortez karena keduanya kapasitas mesin tak sampai 2.0 liter.

Selain itu, jika bicara mesin, Kijang Innova Zenix memiliki varian hybrid, sedangkan kedua mobil di atas tidak. Namun apabila patokannya adalah harga, tentu saja akan bermunculan beberapa model mobil lainnya. Akan tetapi, melihat data Gaikindo Kijang Innova Zenix tetap laris manis.

Untuk pasar Indonesia, Kijang Innova Zenix hadir dengan tiga tipe seperti G, V dan Q. Tapi untuk tipe bensin hanya ada di varian G dan V, sedangkan hybrid semuanya ada.

Baca juga: Selain Kijang Innova dan Avanza, Ini Pilihan Mobil MPV Terlaris dan Update Harganya Saat ini

Alasan Toyota Kijang Innova Zenix Jadi Rekomendasi Mobil Keluarga 2024

Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Toyota Innova Zenix Mobil yang Disukai Hampir Seluruh Keluarga Indonesia 03

Tampang samping Kijang Innova Zenix

Perlu dicatat, meski ada varian hybrid, namun ternyata versi bensin seperti G dan V tetap diburu, karena mobil ini memang dianggap paling tepat. Selain itu, ada sejumlah faktor yang membuat Kijang Innova Jadi mobil keluarga, diantaranya”

1. Tampang Sudah Gagah dan Modern

Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Toyota Innova Zenix Mobil yang Disukai Hampir Seluruh Keluarga Indonesia 04

Secara dimensi, Kijang Innova Zenix memang cocok untuk keluarga, karena panjangnya 4.755 mm, lebar 1.850 mm dan tinggi 1.795 mm. Nggak heran jika mobil ini bisa menampung banyak penumpang atau barang

Dengan ukuran yang cukup besar, ini berimbas kepada bagian kabin yang jadi lebih lega dari versi sebelumnya. 

Belum lagi pada tampilan luar sudah menarik dengan adanya Stunning LED Headlamp, kemudian kaki-kaki menggunakan velg 17 inci (semua tipe V ) atau 16 inci (semua tipe G) dan Rear Combination Lamp (semua tipe V).

Baca juga: Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Honda N7X Edition Buat Keluarga Petualang yang Suka Kemewahan Serta Ketangguhan

2. Head Unit Besar dan Modern

Saat masuk ke kabin, Head Unit 10 inci yang terintegrasi Apple CarPlay dan Android Auto menggunakan Bluetooth. Tapi untuk tipe G bensin Head unitnya berukuran 9 inci.

Kelebihan Head Unit ini tidak hanya memutar audio atau video, tapi juga bisa memanfaatkan Near Field Card (NFC) untuk mengecek saldo kartu elektronik.

Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Toyota Innova Zenix Mobil yang Disukai Hampir Seluruh Keluarga Indonesia 05

Oia, pada baris kedua untuk tipe V bensin, ada juga Rear Seat Entertainment (RSE) yang posisinya tepat di belakang jok depan, dengan ukuran 10 inci. 

Dengan head unit di bari kedua ini, penumpang belakang bisa memanfaatkanya system hiburan seperti Youtube, Netflix atau yang lainnya.

3. Air Purifier

Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Toyota Innova Zenix Mobil yang Disukai Hampir Seluruh Keluarga Indonesia 06

Kijang Innova Zenix tipe V bensin ternyata  sudah dilengkapi dengan Air Purifier, yang membuat udara di dalam kabin lebih bersih, karena terbebas dari bakteri atau virus.

Air Purifier ini terpasang di dalam filter AC mobil, yang nantinya akan keluar berbarengan dengan hembus Udara. Untuk mengoperasikan AC ini sudah Digital Auto, sehingga sudah terkesan modern.

 

Beberapa fitur lainnya yang juga ada pada Kijang Innova Zenix bensin ini adalah illumination Light Instrument Panel sehingga terkesan mewah.

Selain itu ada juga Electric Parking Brake (EPB), dimana untuk mengunci dan membuka rem parkir tak perlu lagi ditarik menggunakan rem tangan (hand brake) sekuat tenaga, melainkan hanya sentuhan jari. 

4. Fitur keamanan dan keselamatan

Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Toyota Innova Zenix Mobil yang Disukai Hampir Seluruh Keluarga Indonesia 07

Semua Kijang Innova Zenix sudah dilengkapi Vehicle Stability Control

Toyota Kijang Innova Zenix punya fitur standar yaitu enam SRS airbag, Blind Spot Monitor, kamera 360, dan juga parking sensor.

Selain itu ada juga fitur lainnya, berupa ISOFIX memberikan perlindungan maksimal di berbagai situasi, terlebih saat membawa anak-anak,

Serta fitur keamanan tambahan berupa Side Impact Beam, dimana fitur ini akan meredam benturan dari samping dan Seatbelt Pretensioner Force Limiter yang bisa mengontrol beban dari seatbelt untuk mengurangi dampak terhadap dada penumpang atau pengemudi.

Yang tak kalah penting adalah Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA). Keberadaan VSC akan sangat membantu pengemudi, karena bisa mencegah resiko slip roda, sehingga laju mobil tetap stabil.

Sementara keberadaan HSA, memastikan mobil tetap berada dalam posisi diam, dan tidak mundur saat berhenti ditanjakan. 

Baca juga: Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Toyota Yaris Cross HEV Cocok untuk Berbagai Kondisi Jalan di Indonesia

5. Mesin Irit BBM

Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Toyota Innova Zenix Mobil yang Disukai Hampir Seluruh Keluarga Indonesia 08

Mesin bensin Kijang Innova Zenix bensin dengan kode mesin M20A-FKS

Toyota Kijang Innova Zenix untuk tipe mesin bensin menggunakan M20A-FKS yang mengadopsi teknologi Direct Injection, Port Injection D-4S system.

Jantung pacunya mengusung 4 silinder, DOHC, chain drive Dual VVT-i, berkapasitas 1.987 cc.

Di atas kertas, mesin tersebut mampu menghasilkan daya sebesar 174 Ps pada 6.600 rpm dengan torsi 204,9 Nm pada 4.500-4.900 rpm.

Dengan daya dan torsi tersebut, maka ketika melaju mobil ini memang memiliki akselerasi yang mumpuni, dan bisa digunakan untuk perjalanan di dalam kota maupun luar kota. 

Tenaga yang dihasilkan ini disalurkan ke roda depan, melalui transmisi CVT 10 percepatan, dimana saat melakukan perpindahan gigi jadi terasa halus, sehingga tetap memberikan rasa nyaman saat berkendara.

Disebutkan, meski masih menggunakan mesin bensin, konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) mobil ini bisa tembus 15 kilometer per liter.

Harga Toyota Kijang Innova Zenix

 

Rekomendasi Mobil Keluarga 2024: Toyota Innova Zenix Mobil yang Disukai Hampir Seluruh Keluarga Indonesia 09

Baris kedua Kijang Innova Zenix V

Untuk urusan harga, Kijang Innova Zenix bisa dikatakan cukup di atas rata-rata selera orang Indonesia yang melirik mobil Rp300 jutaan. 

Kendati demikian, dengan segala pengembangan dan nama besar Toyota Kijang, mobil ini tetap laris manis. 

Adapun harga Toyota Kijang Innova Zenix untuk mesin bensin per 2024, yaitu:

  • 2.0 G CVT: Rp 430.400.000
  • 2.0 G CVT (Premium Color): Rp 433.400.000
  • 2.0 V CVT : Rp 476.200.000
  • 2.0 V CVT (Premium Color) : Rp 479.200.000

Konsumen juga bisa mendapatkan warna Kijang Innova Zenix varian bensin dengan pilihan Platinum White Pearl, Silver Metallic, Gray Metallic, dan Attitude Black.

Herdi

Senior Writer

Mengawali karir sebagai jurnalis sejak tahun 2011 di salah satu media massa Nasional Tanah Air. Memiliki ketertarikan untuk membahas bidang otomotif, mulai dari sepeda motor, mobil, hingga bus dan truk.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil