Model |
Harga |
Nissan March 1.2L MT |
Rp185.800.000 |
Nissan March 1.2L AT |
Rp196.600.000 |
Nissan March 1.2L XS AT |
Rp207.400.000 |
Nissan March 1.5L MT |
Rp214.900.000 |
Nissan March 1.5L AT |
Rp225.600.000 |
Spesifikasi Nissan March
Mengetahui detail spesifikasi dari Nissan March 2020.
Mesin |
1.2L |
1.5L |
Tipe Mesin |
HR12DE, 3-silinder berpendingin air |
HR15DE, 4-silinder berpendingin air |
Kapasitas Silinder |
1.198 cc |
1.498 cc |
Tenaga Maksimal |
76 PS @6.000 Rpm |
102 PS @6.000 Rpm |
Torsi Maksimal |
10.6 Kgm @4.000 Rpm |
10.4 Kgm @4.400 Rpm |
Transmisi |
Manual 5-percepatan dan otomatik CVT 4-percepatan |
Manual 5-percepatan dan otomatik CVT 4-percepatan |
Sistem Penggerak |
Front Wheel Drive |
Front Wheel Drive |
Sistem Bahan Bakar |
Bensin |
Bensin |
DIMENSI |
Panjang x Lebar x Tinggi |
3.780 mm X 1.665 mm X 1.525 mm |
Jarak Sumbu Roda |
2.440 mm |
Jarak pijak roda depan/belakang |
925 mm X 935 mm |
Ground Clearance |
141 mm |
Struktur Body |
Monocoque |
SUSPENSI DAN KAKI-KAKI |
Suspensi Depan |
MacPherson Strut |
Suspensi Belakang |
Torsion Beam |
Rem Depan |
Ventilated Disc |
Rem Belakang |
Drum |
Ukuran Ban |
175/60 R15 |
Tipe Velg |
Alloy |
![Review Nissan March: Hatchback-nya Para Wanita 01]()
Pertama kali hadir pada 1982, dan mempunyai nama lain Nissan Micra, Nissan March saat itu dipasarkan khusus untuk pasar Eropa. Pada generasi awal, Nissan March dihadirkan dalam versi sporty, yaitu March R, March Turbo, dan March Super Turbo. Bertahan kurang lebih selama 10 tahun, akhirnya Nissan Jepang memberikan penyegaran terhadap March, dengan bentuk yang lebih membulat.
![Review Nissan March: Hatchback-nya Para Wanita 02]()
Tahun 1992, generasi kedua Nissan March diluncurkan di Jepang, yang kemudian dirilis di Eropa pada kuartal keempat tahun yang sama. Menggunakan mesin baru berbahan aluminium 1.0 L (CG10DE) dan 1.3 L (CG13DE) DOHC 16-valve, dengan tenaga 55 PS dan 75 PS.
Kedua mesin dilengkapi dengan injeksi ECCS (Electronic Concentrated Control System). Mesin dieselnya menggunakan mesin 1.5 L PSA TUD dan dijual di Eropa dengan nama Micra 1.5D. Nisan March generasi kedua juga sempat menyabet penghargaan Car Of The Year di Eropa, sebagai mobil Jepang pertama yang mendapatkan penghargaan ini.
![Review Nissan March: Hatchback-nya Para Wanita 03]()
Berselang 10 tahun kemudian, Nissan March kembali mendapatkan penyegaraan. Tepatnya pada 2002, generasi ketiga dari March, tipe K12, muncul di Paris Motor Show 2002 sebagai mobil konsep Nissan mm. Mobil March ini diperkenalkan ke pasar Jepang awal tahun 2002 dan di Eropa akhir tahun 2002. March baru ini mengalami pendesainan ulang, diantaranya penambahan jarak sumbu roda 70 mm (dikembangkan bersama Renault) dam dengan eksterior yang lebih melekuk, lebih tinggi, dan lebih lebar.
Kursi belakang juga dapat diselonjorkan (Sliding Seat) dan ada fitur Keyless Ignition pada tipe tertinggi. Mesin yang tersedia antara lain mesin bensin 1.2L (CR12DE) dan 1.4L (CR14DE), ditambah mesin diesel Renault 1.5L (K9K). Transmisi CVT yang sebelumnya ada di model sebelumnya, sekarang dihilangkan dan diganti dengan transmisi otomatis biasa.
Selain berbentuk Hatchback kompak, Nissan March ternyata juga dibuat dalam bentuk Coupe Convertible bernama C+C yang mana atapnya bisa dibuka. Tidak seperti generasi-generasi sebelumnya yang mampu bertahan hingga 10 tahun, pada generasi ketiganya, March hanya bertahan tujuh tahun saja.
![Review Nissan March: Hatchback-nya Para Wanita 04]()
Pada November 2010, generasi keempat March hadir dan dijual secara resmi oleh PT. Nissan Motor Indonesia, selaku Agen Pemegang Merek mobil Nissan di Tanah Air. Memiliki kode bodi K13, serta kode mesin HR12DE (Indonesia), Nissan March dijual lebih dari 160 negara. Termasuk Thailand, India, dan beberapa negara di Benua Eropa.
![Review Nissan March: Hatchback-nya Para Wanita 05]()
Demi mendongkrak angka penjualan, Nissan Indonesia memberikan penyegaran terhadap March pada 2014. Nissan March terbaru, kini memiliki tampilan depan fascia yang terlihat lebih futuristik. Di mana lampu dan bumper dibuat lebih membulat, serta ubahan grill yang menjadi ciri khas Nissan dengan bentuk V-motion.
Tidak hanya memberikan penyegaran terhadap tampilan luar, Nissan juga menambahkan varian mesin berkodekan HR15DE 1.500 cc. Dan untuk kalian yang belum tahu, varian mesin ini, juga bisa kalian jumpai sama persis pada Nissan Grand Livina.
Ingin tahu lebih mengenai Nissan March terbaru? Simak pembahasannya mulai dari tampilan eksterior.
Eksterior
Nissan March generasi teranyar memiliki wajah lebih segar, dengan diaplikasikannya grill baru berbentuk V-motion, sebagai ikonik Nissan saat ini.
1. Tampilan depan
![Review Nissan March: Hatchback-nya Para Wanita 06]()
Setelah mendapatkan penyegaran, Nissan March kini terlihat lebih menawan, futuristik, dinamis dan sporty. Di mana lampu dan bumper dibuat lebih membulat, serta ubahan grill yang menjadi ciri khas Nissan dengan bentuk V-motion.
2. Tampilan samping
![Review Nissan March: Hatchback-nya Para Wanita 07]()
Sosok Nissan March masih terlihat sama ketika dilihat dari sisi bagian samping. Mengingat ubahan luar pada generasi facelift hanya dilakukan pada bagian fascia serta buritan saja.
3. Tampilan belakang
![Review Nissan March: Hatchback-nya Para Wanita 08]()
Bergeser ke sisi bagian belakang buritan, seperti dengan generasi sebelum facelift, Nissan March masih terlihat sama. Hanya saja generasi teranyarnya kini mendapatkan Stop Lamp dengan inovasi LED yang mampu memberikan sinyal pencahayaan lebih terang dan mudah terlihat dari kejahuan.
Interior
Masuk ke sektor interior, Nissan March mendapat tampilan lebih ergonomis sehinga berkendara akan terasa lebih aman dan nyaman.
1. Dashboard
![Review Nissan March: Hatchback-nya Para Wanita 09]()
Sebagian besar didominasi dengan kelir hitam, secara tampilan Dashboard Nissan March terkesan sporty. Terlebih dipadukannya material Premium Piano Black pada Center Cluster di bibir Head Unit, membuatnya terkesan mewah.
Untuk menambah kesan kemewahan, pada Center Cluster terdapat pengaturan suhu kabin yang mana informasinya ditampilkan secara digital. Selain itu juga terdapat Steering Switch Audio Control untuk memudahkan kalian dalam memindahkan channel entertainment.
2. Jok terkesan empuk
![Review Nissan March: Hatchback-nya Para Wanita 10]()
Menggunakan jok dengan busa tebal yang dilapisi bahan jenis fabric, membuat pengendara maupun penumpang merasa nyaman dalam berkendara. Terlebih jok baris keduanya dilengkapi Adjustable Rear Headrest, yang bisa diatur menyesuaikan keinginan.
3. Bagasi
![Review Nissan March: Hatchback-nya Para Wanita 11]()
Meski terlihat kecil, nyatanya Nissan March mampu dimuati barang dengan volume mencapai 251 liter, ketika jok belakang dilipat 60:40.
Fitur keselamatan
Dibekali dengan fitur keselamatan yang terbilang lengkap, Nissan March Lulus dalam tahap uji coba keselamatan pengemudi dan penumpang versi standar kendaraan Eropa (Bersertifikat EURO NCAP – New Car Assessment Program berbintang 4). Dan berikut fitur keselamatan aktif dan pasif yang disematkan pada City Car ini.
1. Fitur keselamatan aktif
Untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan, Nissan March sudah dilengkapi dua buah Airbag di depan dan fitur keselamatan lainnya berupa sistem pengereman yang menganut teknologi ABS+EBD+BA khusus varian tertinggi. Dalam hal ini, pengemudi tetap bisa mengendalikan mobil saat melakukan pengereman secara mendadak saat menghindari objek yang ada di depannya.
![Review Nissan March: Hatchback-nya Para Wanita 12]()
Selain itu juga Nissan March terdapat Vehicle Dynamic Control (VDC) yang mana memiliki fungsi utama mengurangi efek Understeer maupun Oversteer saat melakukan manuver secara ekstrim. Sistem ini secara otomatis mampu mengurangi suplai bahan bakar yang masuk ke dalam mesin, menurunkan transmisi dan juga memberi perintah untuk mengurangi putaran pada roda tertentu.
2. Fitur keselamatan pasif
Bicara fitur keselamatan pasif, City Car ini menggunakan struktur rangka kabin yang kokoh dalam memberi perlindungan bagi penumpang dan pengemudi saat terjadinya benturan keras (Safety Zone). Selain itu, ada juga Crushable Zone yang mana mampu meredam guncangan dan mengurangi resiko faral akibat benturan dari depan.
Spesifikasi mesin
![Review Nissan March: Hatchback-nya Para Wanita 13]()
Nissan March generasi teranyar ini ditawarkan dengan dua varian mesin, 1.2L dan 1.5L. Varian 1.2L, menggunakan mesin dengan kode HR12DE, 1.198 cc 3-silinder yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 76 PS @6.000 Rpm di angka torsi 10.6 Kgm @4.000 Rpm.
Sedangkan Nissan March varian 1.5L ditanami mesin HR15DE dengan kapasitas mencapai 1.498 cc. Menyoal tenaga, mesin ini mampu memuntahkan tenaga maksimal hingga 102 PS @6.000 Rpm, yang torsinya maksimalnya tembus hingga 10.4 Kgm @4.400 Rpm. Keduanya ditawarkan dengan dua pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatik 4-percepatan.
Performa dan Handling
![Review Nissan March: Hatchback-nya Para Wanita 14]()
Memiliki performa mesin yang mumpuni, mobil dengan bobot keseluruahan 1.012 Kg ini, sangat mudah dibawa untuk berlari. Saat bicara Handling, mobil ini juga bisa dikatakan baik. Terlebih adanya Vehicle Dynamic Control (VDC).
Namun ada yang sedikit disayangkan. Dengan karakter suspensinya yang empuk, Body Roll masih dapat dirasakan ketika mobil menikung dikecepatan tinggi.
Konsumsi BBM
Mengusung teknologi ECCS (Electronic Concentrated-engine Control System) pada kedua mesinnya, konsumsi bahan bakar Nissan March terbilang irit.
Video
Memiliki aura yang lebih segar dan modern dengan konsep Fashionable Smart, mobil ini sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, khususnya untuk kaum hawa.
Kesimpulan
Membutuhkan sebuah mobil lincah di bawah Rp250 jutaan untuk digunakan sehari-hari dalam menembus kemacetan di kota-kota besar, Nissan March bisa menjadi pilihan. Mengusung konsep Fashionable Smart, mobil ini tidak hanya cocok digunakan kaum adam. Kaum hawa juga pantas menggunakannya, karena memiliki tampilan yang begitu Fashionable.
Tidak hanya itu, fitur pendukung keselamatan Nisan March juga terbilang lengkap. Dalam hal ini, kenyaman dalam berkendara mobil March semakin terjaga. Selain memilki fitur unggulan, Nissan March memiliki catatan penggunaan konsumsi yang terbilang irit, karena kedua mesinnya sudah disematkan teknologi (Electronic Concentrated-engine Control System).