Generasi pertama Honda CR-V dengan kode body RD1 masuk ke Indonesia pertama kali pada 1998. Sebagai SUV pertama Honda yang masuk secara resmi, mobil ini membawa kesan tangguh dan macho.
Berdasarkan review pemilik kali ini, CR-V RD1 yang dimilikinya merupakan lansiran tahun 2001. Mobil yang dibeli 3 tahun lalu ini, saat itu ditebusnya dengan harga Rp65 juta. Saat pembelian, jarak tempuh mobil ini berada di 135 ribuaan kilometer.
Memiliki jumlah anggota keluarga 4 orang, menurut penuturan pemilik, dirinya bersama kelurga cukup puas menggunakan mobil ini. Sesuai dengan kebutuhan, mobil ini dapat menemani beragam aktifitas mulai dari berpergian di akhir pekan baik ke rumah orang tua, maupun wisata ke luar kota.
Meski usianya terhitung tua, berdasarkan cerita bantingan suspensinya cukup embut dibanding LMPV. Tak hanya itu, perawatan mobil ini juga mudah. Selama ini pemilik hanya secara rutin mengganti oli mesin dan oli transmisi. Untuk kendalanya saat itu pernah sekali mogok yang disebabkan aki drop.
Disampaikan juga bahwa dari segi berkendara CR-V RD1 cukup fun to drive, nyaman, irit bahan bakar ketika digunakan ke luar kota dengan menghasilkan tenaga cukup besar saat berakselerasi. Dan yang terpenting, bagasinya besar sehingga bisa membawa barang dengan jumlah banyak.
Memiliki budget di angka Rp60 jutaan, cerita dari pemilik saat itu pilihan lain selain Honda CR-V adalah Toyota Avanza (Spesifikasi | Berita) dan Toyota Kijang kapsul. Namun setelah melakukan banyak pertimbangan serta melakukan beberapa pengecekan terhadap tiga model, pemilik menjatuhkan pilihan pada CR-V gen1.
Alasan Menjatuhkan Pilihan Pada Honda CR-V RD1 2001
Diceritakan kepada Autofun Indonesia, alasan pemilik memilih Honda CR-V RD1 sebagai mobil keluarga yakni sesuai budget, bagasi belakang luas, perawatan tidak terlalu sulit, serta memiliki ground clearance tinggi sehingga tidak khawatir ketika diajak berpetualang.
Dari segi kenyamanan, jok baris keduanya mendapatkan arm rest dan terasa lega berkat legroom serta headroom yang dibuat berjarak. Pada baris pertamanya mobil ini terdapat meja lipat di konsol tengah, yang terasa ergonomis ketika digunakan untuk meletakkan botol dan makanan saat perjalanan.
Untuk penampilan, mobil ini juga gampang dibuat ganteng. Cukup mengganti velg dengan model rally look atau kaleng milik SUV lain serta penggunaan ban pacul, sontak tampilannya jadi tambah perkasa. Oh iya, inspirasi modifikasi CR-V RD1 juga banyak. Pemilik bisa mengikuti aliran JDM, USDM, ESDM, dan AUDM. Aksesoris modifikasi di Indonesia pun banyak, hanya saja untuk harga partsnya terbilang mahal.
Sebagai informasi, CR-V generasi pertama dibekali mesin F20A yang sama persis dipakai oleh Accord Cielo dengan perolehan tenaga sebesar 135 PS di 6.000 rpm serta torsi maksimal 159 Nm pada 3.700 rpm. Untuk transmisi, mesinnya hadir dengan pilihan manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan yang selanjutnya diarahkan ke penggerak roda depan (FWD).
Kelebihan Honda CR-V RD1
Suspensi terasa empuk untuk sebuah mobil SUV
Tampilan gagah
Kabin lega
Tenaga responsif
Spare part mudah dijumpai di pasaran
Kekurangan Hoda CR-V RD1
Konsumsi BBM penggunaan dalam kota boros
Part body atau aksesoris sulit didapat dan mahal
Jok baris ketiga sempit ketika diisi penumpang
Kaki-kaki perlu perhatian khusus
Kesimpulan
Honda CR-V RD1 bisa menjadi pilihan menarik bagi kalian yang menginginkan mobil keluarga sekaligus hobi dengan budget Rp60 jutaan. Memiliki tampilan tangguh dan gampang dimodifikasi, untuk perawatannya mobil ini terbilang mudah. Bicara spare part, CR-V generasi pertama ini juga melimpah di pasaran. Namun yang menjadi perhatian ialah parts body yang mulai jarang dan mahal.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.