Tembus 500 Hp, Toyota GR Yaris Gunakan Sistem Pengereman Nissan GT-R
Enda · 21 Mar, 2022 18:00
0
0
Toyota GR Yaris 500 Hp
Sebagai hot-hatch bagian dari anggota keluarga Gazoo Racing (GR), Toyota GR Yaris begitu spesial di mata para pecinta otomotif internasional. Bagaimana tidak, mobil yang diproduksi secara terbatas sejumlah 25 ribu unit untuk pasokan global ini memiliki aura positif yang sangat kental.
Secara spesifikasi, mobil ini membawa DNA reli dunia untuk berkendara sehari-hari. Hal tersebut karena GR Yaris dibekali mesin 1.618 cc 3-silinder DOHC Turbocharged berkodekan G16E-GTS yang dapat memeras tenaga sebesar 261 PS @6.500 rpm dengan torsi maksimal mencapai 360 Nm @3.000-4.600 rpm. Daya yang dihasilkan kemudian dikawinkan menggunakan transmisi manual 6-percepatan dengan IMT (Intelegent Manual Transmission) yang ditranslasi ke penggerak roda empat (AWD).
Baru-baru ini dunia otomotif dihebohkan akan sebuah Toyota GR Yaris yang dapat menghasilkan tenaga hingga 500 Hp. Modifikator asal Inggris, Severn Valley Motosport melakukan modifikasi secara mekanis yang terbilang cukup signifikan. Upgrade dimulai dari dapur pacunya dengan merubah sistem turbocharger-nya.
Tak hanya sistem pasokan udara yang diperbesar, sejumlah modifikasi lainnya juga dilakukan pada bagian tersebut. Seperti pemasangan intake udara serat karbon. Tuner asal Inggris itu juga telah memasang sistem pembuangan baru dengan catalytic converter 100-sel yang tentunya juga dapat menghasilkan tenaga lebih besar.
Daya Cengkram Lebih Pakem, Toyota GR Yaris Pakai Kaliper Milik Nissan GT-R
Sistem pengereman Nissan GT-R disematkan pada Toyota GR Yaris
Hal yang membuat sebagian orang takjub terhadap modifikator asal Inggris tersebut adalah penggunaan kaliper rem karbon-keramik aftermarket dan cakram yang dihadrikan khusus untuk Nissan GT-R. Pada bagian depannya kaliper yang digunakan berukuran 400 mm (15,7 inci) yang tersematkan di balik velg OZ Racing.
Sebagai informasi, kondisi standar sistem pengereman Toyota GR Yaris menggunakan 2-piece Ventilated & Slotted Disc with 4-piston Monoblock Calipers di kedua roda depan, dan Ventilated & Slotted Disc with 2-piston Monoblock Calipers di kedua roda belakangnya.
Oh iya, guna memberikan gaya berkendara lebih sporty, mobil ini juga dilengkapi satu set jok kulit Recaro CS Sportster untuk menggantikan jok bucket bawaan pabrik, serta ban Michelin Pilot Sport Cup 2 dengan tingkatan daya rigid ke aspal yang cukup baik.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.