Toyota Kijang Innova Zenix 2023 Gunakan FWD dan Transmisi CVT, Cuma Biar Hemat BBM?
Enda · 22 Nov, 2022 09:30
0
0
Generasi ketujuh Kijang yang dinamai Toyota Kijang Innova Zenix 2023 berhasil diluncurkan di Indonesia secara World Premiere, Senin (21/11). Tidak seperti model sebelumnya yang menggunakan sasis tangga dengan platform Innovative International Multi-purpose Vehicle (IMV), kini Innova terbaru mengandalkan struktur rangka TNGA: GA-C bejeniskan monokok.
Sasis TNGA yang dipakai Innova Zenix menghasilkan wheelbase lebih panjang sehingga terasa semakin luas dan nyaman digunakan. Menggunakan struktur rangka baru, untuk membuatnya berjalan Innova Zenix kini mengandalkan sistem penggerak roda depan, dengan mesin yang diletakan secara melintang.
Toyota Kijang Innova Zenix 2023 andalkan sistem penggerak FWD
Penggunaan sistem penggerak Front-Wheel Drive (FWD) pada Toyota Kijang Innova Zenix 2023 bukan tanpa alasan. Marketing Director Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimny menyampaikan bahwa Innova Zenix dengan FWD mampu meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar namun tetap bisa diandalkan di seluruh pelosok negeri.
“Dari pertama kali muncul 1977 hingga model terakhir (Innova Reborn), Kijang menggunakan sistem penggerak roda belakang (RWD). Pada Kijang Innova Zenix, kita hadirkan penggerak FWD. Tentu sebelum hadirkan penggerak FWD pada mobil ini, kita melakukan berbagai macam pengujian dan pengetesan yang hasilnya sangat cocok tanpa meninggalkan DNA Kijang,” ujarnya kepada wartawan.
Konsumsi BBM Toyota Kijang Innova Zenix 2023 Tembus 21 Km/Liter
Mesin M20A-FXS Toyota Kijang Innova zenix 2023
Sebagai informasi, Toyota Kijang Innova zenix 2023 ditawarkan dalam lima varian, yakni G, G HV, V, V HV dan Q HV. Untuk varian non hybridnya, mobil ini dibekali mesin bensin berkodekan M20A-FKS Dynamic Force Engine yang sama persis digunakan Voxy terbaru.
Meski memakai mesin yang sama, Anton menyampaikan untuk jantung pacu yang dipakai di Innova Zenix telah dituning ulang guna menghasilkan performa yang sesuai dengan kebutuhan.
Menurut spesifikasi, mesin berkapasitas 1.987 cc 4 silinder segaris Dual VVT-i nya mampu menghasilkan tenaga 174 PS pada 6.600 rpm dan torsi 204 Nm pada 4.500-4.900 rpm. Untuk tingkat percepatannya dikawinkan dengan transmisi CVT berkode K120 yang halus dan responsif.
Pada varian hybridnya, mobil ini disematkan jantung pacu berkode M20A-FXS 4 silinder segaris Dual VVT-i berkubikasi 1.987 cc yang mampu merilis tenaga hingga 152 PS pada 6.000 rpm dan torsi 187 Nm pada 4.400-5.200 rpm. Mesinnya konvensional berkombusi Electronic Full Injection tersebut dikawinkan dengan motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 205 Nm sehingga menghasilkan tenaga gabungan sebesar 186 PS.
Toyota Kijang Innova zenix 2023 tembus 21 km/liter
Untuk membuatnya berjalan, mesinnya dikawinkan transmisi e-CVT dengan Mode Sequential Shiftmatic 10-speed yang menghasilkan perpindahan gigi seperti transmisi manual untuk meningkatkan kenikmatan berkendara.
“Alasan Innova Zenix dengan sasis, mesin dan transmisi baru selain nyaman, reponsif dan tentunya hemat BBM. Berkat bobot berkurang 170 kilo dari model sebelumnya, akselerasi 0-100 km/jam mobil ini lebih cepat. Varian non hybrid, fuel consumption nya tembus 15 km/liter atau lebih hemat dari Innova Reborn diesel yang ada di angka 14 km/liter. Kemudian model hybrid bisa menempuh jarak 21 km/liter,” tutupnya.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.