Generasi terbaru Toyota Land Cruiser akhirnya melakoni debutnya pada 2 Agustus 2021 setelah penantian panjang selama 14 tahun. Toyota Land Cruiser 300 series demikian namanya, yang jadi pembaharuan model sebelumnya, Land Cruiser 200 yang lahir pada 2007 lalu.
Mobil penjelajah tersebut menjadi SUV pertama Toyota yang mengadopsi platform Toyota New Global Architecture atau TNGA-F, berupa sasis ladder frame baru yang konstruksinya telah disempurnakan untuk pengendalian dan performa yang lebih baik.
Secara keseluruhan bobotnya dipangkas 200 kilogram, kemudian penurunan level center of gravity juga dilakukan desainer Toyota, kemudian revisi kerja suspensi berupa penyematan Electronic Kinetic Dynamic Suspension System, supaya menjanjikan kendali di berbagai medan jalan yang lebih rigid dan lincah.
Baca juga: Sejarah 70 Tahun Toyota Land Cruiser, Jadi Tunggangan Para 'Sultan' Sejak Era Hardtop
Urusan tampilan Toyota Land Cruiser 300 tetap mengotak seperti pendahulunya, namun dibuat lebih modern. Tampangnya pakai lampu utama yang tampak lebih pipih mengecil serta mendukung pendaran cahaya LED.
Selain itu beberapa desain lainnya coba tetap dipertahankan, yakni grille yang tetap pakai empat bilah horizontal. Hanya saja dibuat lebih tebal dan melebar, sehingga menyiratkan penampilan yang lebih berwibawa.
Menyusul area buritan yang ternyata mendapat ubahan drastis. Desain lampunya jadi minimalis dan mengapit emblem Land Cruiser di tengah pintu bagasi. Tapi perlu dicatat, ubahan tadi khusus Toyota Land Cruiser 300 tipe reguler. Ada satu varian lagi yaitu Land Cruiser GR Sport yang tampil lebih sporty.
Baca juga: Review Toyota Land Cruiser 2020: DNA Off-Road Toyota Dibuat Mewah
Jadi seperti Toyota Raize GR Sport di Indonesia, yang berkutat pada estetika eksterior agar punya tampilan beda. Khusus tipe ini punya over fender, bumper hitam dengan under guard, dilanjut perbedaan desain grille dan velg berwarna gelap.
Kemudian jantung mekanisnya terbagi atas dua pilihan. Pertama berupa mesin bensin 3.500 cc (V351-FTS) berkonfigurasi V6 twin turbo, yang menjanjikan tenaga 413 dk dan torsi maksimum 650 Nm. Tak ada opsi mesin V8 naturally aspirated lagi supaya kualitas emisi dan efisiensi bahan bakarnya ikut lebih baik.
Kedua, berupa mesin diesel 3.300 cc (F33A-FTV) V6 twin turbo yang menghasilkan tenaga 306 dk dan torsi puncak 700 Nm. Dua pilihan mesin tadi menggunakan transmisi otomatis 10-percepatan.
Harga Toyota Land Cruiser 300
Di Jepang, Toyota Land Cruiser 300 dijual dengan harga mulai dari Rp 671 hingga 960 jutaan untuk versi bensin. Sementara versi dieselnya Rp 1 miliar dan GR Sport diesel Rp 1,05 mliar.
Kapan Toyota Land Cruiser 300 masuk Indonesia?
PT Toyota Astra Motor, APM Toyota di Indonesia memang masih menutup rapat soal kehadiran Land Cruiser terbaru itu. Namun salah seorang tenaga penjual Toyota di Jakarta menyebut, mobil baru itu paling cepat meluncur akhir tahun ini.
"Informasinya November meluncur estimasinya, karena distribusinya ke Indonesia akhir tahun sampai awal tahun depan," ujarnya.
Soal harga belum ada bocoran lain yang bisa disampaikan sumber. Tapi menariknya meskipun belum meluncur, konsumen yang sudah berencana membeli Toyota Land Cruiser 300 sudah bisa memberikan tanda jadi atau booking fee sebesar Rp 100 juta ke jaringan diler Toyota.
Saat ini Toyota-Astra Motor dalam laman resminya masih meniagakan Land Cruiser 200 seharga Rp 2,219 miliar tipe reguler dan Rp 2,557 miliar tipe full spek. Keduanya pakai mesin 4.500 cc berkonfigurasi V8 bertenaga 230 dk dan torsi 615 Nm.
Baca juga: Suku Cadang Toyota Land Cruiser FJ40 Diproduksi Lagi Untuk Rayakan Ulang Tahun Ke-70