Yaris Bakpao Pernah Dijual dengan Nama Daihatsu Charade, Intip Spesifikasinya
Enda · 3 Jan, 2023 09:00
0
0
Jika generasi penerus Daihatsu Charade adalah Sirion, maka suksesor Toyota Starlet di Indonesia diteruskan oleh Yaris. Namun tahukah kalian, beberapa negara di Eropa pada medio 2011 hingga Januari 2013 pernah menjual Toyota Yaris dengan nama Daihatsu Charade.
Generasi kelima Daihatsu Charade yang dijual merupakan rebadge dari Toyota Yaris gen 1 di Indonesia yang kental akan sebutan Yaris bakpao. Usia yang terbilang singkat, eksistensi Yaris bakpao di pasar benua biru tak lain menguatnya yen terhadap euro saat itu. Mengingat Charade berkodekan body XP90 saat itu didatangkan dari Negeri Matahari Terbit melalui Daihatsu Japan.
Secara penampilan fasad, generasi kelima Daihatsu Charade global ini tampak persis dengan Toyota Yaris generasi pertama yang dijual di Tanah Air hingga 2014. Yang membedakan hanya logo D di wajah dan buritan, emblem Charade di belakang, stoplamp, dan lingkar roda yang masih menggunakan velg besi dengan ditutupi dop.
Di bagian dalam bedanya Charade Eropa dengan Yaris bakpao di Indonesia ada pada setirnya yang berlogokan D. Kendati demikian, tombol pengaturan AC, head unit, serta panel instrumentnya terlihat sama.
Berbeda dengan Yaris bakpao di Indonesia yang dibenamkan mesin 1.500 cc berkode 1NZ-FE, rebadge nya di Eropa, Daihatsu Charade dibekali jantung pacu 1.300 cc 1NR-FE. Mesin berkombusi injeksi 4-silinder segaris DOHC 16 valve VVT-i Euro 5 tersebut mampu meletupkan tenaga sebesar 99 PS di 6.000 rpm dengan torsi puncak 128 Nm pada 3.800 rpm, yang disandingkan transmisi manual 6-percepatan dan otomatis 6-percepatan multi-mode.
Untuk kecepatan maksimalnya, Daihatsu Charade gen 5 di Eropa bisa dapat melaju hingga 175 km/jam. Sedangkan 0-100 km/jam nya membutuhkan 11,7 detik dengan konsumsi bahan bakar rata-rata di angka 18 km/liter.
Tidak seperti Yaris bakpao untuk pasar Tanah Air, Daihatsu Charade Eropa dibekali dengan airbags lebih banyak. Selain bagian depan penumpang dan pengemudi, kantung udara juga bisa ditemukan di lutut pengendara, serta samping. Sebagai fitur keselamatan standar, adapun mobil ini berhasil dilengkapi ABS, EBD dan cruise control.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.