window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Dua Knalpot ROB1 Bikin Yamaha Aerox Alpha Tampil Racy dan Bertenaga

Fariz · 6 Mar, 2025 16:00

Dua Knalpot ROB1 Bikin Yamaha Aerox Alpha Tampil Racy dan Bertenaga 01

Yamaha Aerox Alpha dengan knalpot ROB1 Racing.
  • Suara di bawah 80 dB.
  • Menaikan tenaga mesin hingga 1 hp.
  • Ada dua model ditawarkan.

Mendongkrak tampilan sekaligus tenaga dari Yamaha Aerox Alpha bisa dilakukan dengan mengganti knalpot full system.

Karena memang bentuk serta dimensi dari knalpot Aerox Alpha ini bisa dibilang cukup gambot, sama seperti generasi sebelumnya yang bikin tampilan kurang proporsional dengan bodinya.

Untuk itu produsen knalpot ROB1 Racing turut membuat knalpot untuk Aerox Alpha dengan dua pilihan model.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Selain model yang kece knalpot ini juga punya tingkat kebisingan rendah menyesuaikan regulasi yang berlaku.

Hadir Dua Pilihan Model

ROB1 Racing beri 2 pilihan model silencer yang bisa dipilih sesuai dengan selera dari masing-masing pemilik Yamaha Aerox Alpha.

Baca juga: SKR Racing Rilis Knalpot Desibel Rendah, Tampilan Kece!

aerox alpha

Punya pilihan model silencer Oval (kiri) dan STD Cap V (kanan).

“Aerox Alpha ini sama kaya NMax Neo dan Turbo. Pertama tipe STD Cap V model silencer bulat dan ada tipe Oval, beda di model aja,” ujar Mochammad Alvian Hadiputra CEO ROB1 Racing.

Dikatakan di awal kalau knalpot ini punya ambang batas suara yang masih bersahabat, karena pihak ROB1 Racing sendiri sudah menguji soal tingkat kebisingannya menggunakan alat sound level meter.

Dan hasilnya dari pengukuran tersebut, angka desibel knalpot ini hanya bermain di rentang 66-68 dB saja, artinya masih aman dan jauh dari batas yang ada di 80 dB untuk motor 80-175 cc.

Salah satu ciri dari knalpot produki ROB1 Racing adalah adanya powerbomb pada leher knalpot, ini berfungsi untuk mengantisipasi tendangan balik dari gas buang.

Baca juga: Honda Stylo 160 Makin Bertenaga, Modal Filter Udara Sama Knalpot Ini!

Dua Knalpot ROB1 Bikin Yamaha Aerox Alpha Tampil Racy dan Bertenaga 02

Punya karakter suara ngebas senyap.

Efeknya ketika gas buang masuk ke ruang tersebut akan mengembang dan suhu gas buang yang awalnya panas bisa jadi lebih dingin akibat dari kontraksi udara.

Ini lah yang akan membuat pelepasan gas buang dari header akan lebih cepat, efeknya pada rpm rendah respon tenaga mesin akan lebih terasa galak.

Kenaikan Tenaga

Meski suaranya terbilang senyap, namun knalpot full system berbahan stainless steel ini juga mampu menaikan tenaga mesin.

Knalpot ini juga sanggup melayani mesin standar maupun yang sudah melakukan racikan pada area CVT, porting & polish port kepala silinder, hingga penggantian noken as.

Baca juga: Kawasaki Ninja ZX-4RR Makin Enak Untuk Harian, Ganti Knalpot Ini Tembus 68,13 Hp!

aerox alpha

Dilengkapi powerbomb pada leher knalpotnya.

Buat yang bore up juga masih bisa pakai asal klepnya masih standar. Hasil dyno tenaga bisa naik 1 hp, buat yang tipe oval grafik tenaganya pindah ke rpm atas.

"Mungkin karena diameter silencer lebih besar. Tipe STD Cap V harga Rp 1,550 juta dan tipe Oval Rp 2,350 juta,” tutupnya.

Mantab! 

ROB1 Racing : 0813-2056-8004

Fariz

Senior Writer

Mulai menjadi jurnalis otomotif & test rider sejak tahun 2015, ketertarikan terhadap dunia otomotif terutama sepeda motor jadi pemicunya. Berkendara, touring, hingga balap sepeda motor menjadi hal yang melekat dan dilakukan sampai saat ini. Facebook: Fariz Ibrahim Instagram: @farizibrahim17

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });