Jajal Yamaha NMax "Turbo" Termahal, Performance Damper Bikin Stabil!
Fariz · 1 Jul, 2024 16:30
0
0
Performance Damper bikin NMax lebih stabil saat menikung
Menyerap guncangan pada rangka.
Terasa lebih stabil saat pengereman keras.
Gelaran test ride yang diadakan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pada line up terbaru Yamaha NMax dilakukan secara tertutup di Sentul International Karting Circuit, Bogor, Jabar.
Pada kegiatan ini PT YIMM membawa beberapa line up yang bisa langsung dicicipi oleh para awak media yang diundang, salah satunya adalah Yamaha NMax “Turbo” Tech Max Ultimate.
Ini merupakan varian paling tinggi dari NMax “Turbo” dengan harga jual mencapai Rp 45,250 juta on the road Jakarta, untuk pilihan warnanya hanya Magma Black.
Varian ini paling mahal atau lebih mahal Rp 2 juta kalau dibandingkan dengan NMax “Turbo” Tech Max biasa yang dibanderol Rp 43,250 juta on the road Jakarta.
Performance Damper sebelumnya hadir di XMax, kini tersedia untuk NMax
Dari segi fisik dan juga kelengkapan fitur pada varian Tech MAX Ultimate sebenarnya sama saja.
Seperti lampu full LED, spidometer TFT, YECVT, ABS dual channel, navigation system, dan juga special Tech MAX seat.
Yang membuatnya lebih mahal Rp 2 juta karena tipe ini sudah disematkan dengan aksesoris Performance Damper.
Part ini berfungsi untuk mendukung handling agar lebih stabil selama perjalanan juga ketika cornering.
Cara Kerja Performance Damper
Tim AutoFun Indonesia turut mencicipi langsung NMax “Turbo” Tech Max Ultimate, sebelum diberi kesempatan untuk menjajal NMax “Turbo” Tech Max agar dapat merasakan perbedaannya.
Performance Damper sendiri terpasang pada rangka tengah sisi kiri, kalau dilihat bentuknya ini seperti steering damper karena memang tugasnya mirip yaitu untuk meredam.
Bedanya Performance Damper ini untuk meredam pergerakan dari rangka ketika motor digunakan melewati jalur tidak rata, bahkan teknologi ini juga digunakan pada beberapa mobil mewah.
Pergerakannya memang bisa dibilang kasat mata, berbeda jauh dengan pergerakan suspensi sepeda motor.
Pergerakan rangka ini meskipun sedikit tapi efeknya akan sangat terasa, ini juga yang menyebabkan pemasangan Performance Damper dapat berefek pada kestabilan motor.
Lebih Rigid
Karena fungsinya berfokus pada peningkatan handling, maka kami mencicipi NMax “Turbo” Tech Max Ultimate dengan lebih detail di sektor tersebut.
NMax semakin stabil saat digunakan untuk pengereman keras dan cornering
Dimulai dari melakukan pengereman keras ketika akan memasuki tikungan dari sirkuit Sentul Karting.
Perpindahan bobot dari tengah ke depan saat momen ini tidak sampai membuat area belakang NMax bergerak liar.
Begitu juga saat ingin memasuki tikungan, momen pergerakan motor terasa lebih minim karena rangka lebih rigid, tidak banyak gejala limbung yang dihasilkan.
Beberapa tikungan di sirkuit ini punya karakter aspal keriting, ini membuat peran Performance Damper semakin terasa karena motor tetap stabil.
Dengan kata lain, aksesoris yang dikirim langsung dari Jepang ini memang memiliki performa yang cukup baik.
Benar-benar dapat mengoreksi handling dari NMax “Turbo” menjadi lebih stabil dari guncangan jalan tidak rata atau ketika cornering.
Mulai menjadi jurnalis otomotif & test rider sejak tahun 2015, ketertarikan terhadap dunia otomotif terutama sepeda motor jadi pemicunya. Berkendara, touring, hingga balap sepeda motor menjadi hal yang melekat dan dilakukan sampai saat ini.
Facebook: Fariz Ibrahim
Instagram: @farizibrahim17