Pilihan Motor Sport Rp 40 Jutaan, Ada Honda CBR150R dan Yamaha R15
Fariz · 21 Nov, 2024 12:30
0
0
Yamaha R15 unggul dengan fitur-fitur elektronik canggihnya.
Honda CBR150R punya posisi berkendara nyaman.
Punya budget atau uang Rp 40 jutaan dan sedang mencari motor tipe sport? Tenang saja, karena ada beberapa pilihannya nih!
Tentu saja bisa melirik motor sport dari brand besar yang ada di Indonesia, ada Yamaha dengan R15 dan Honda dengan CBR150R.
Di antara keduanya, Yamaha R15 jadi motor sport di kelas 150-155 cc dengan harga paling tinggi karena dijual mulai dari Rp 40,330 juta untuk R15 Connected dan Rp 44,980 juta on the road Jakarta pada R15M Connected/ABS.
Pasalnya memang motor ini mendapatkan update paling baru dan segar, seperti tampilannya yang kini kian sporty dan memiliki fascia seperti motor sport terbaru Yamaha seperti YZF-R7.
Sedangkan Honda CBR150R di kelas Rp 40 jutaan ada tipe Victory Matte Black ABS seharga Rp 42,590 juta OTR Jakarta dan tipe Honda Tricolor ABS seharga Rp 43,300 juta OTR Jakarta.
Hal Menarik Yamaha R15
Sport 155 cc dari Yamaha ini memiliki fitur paling terkini, seperti fitur Y-Connect yang membuat smartphone pengguna bisa terkoneksi dengan motor.
Nantinya spidometer bisa menampilkan notifikasi pesan, notifikasi panggilan, dan juga kapasitas baterai smartphone.
Penggunanya juga bisa melihat informasi lebih detail mengenai motor pada aplikasi Y-Connect yang bisa diunduh di iOS dan Android.
Kemudian spidometer pada varan R15M lebih mewah, karena sudah full digital dengan tampilan Track Mode dan Street Mode.
Isi informasinya seperti spidometer, takometer, odometer, indikator VVA, fuel meter, konsumsi BBM rata-rata dan aktual, suhu mesin, posisi gigi, trip meter, shift light dan lainnya.
Jika menggunakan Track Mode, maka informasinya hanya pada takometer yang mulai dari 6.000 rpm, lalu spidometer, lap time dan fastest lap dan posisi gigi.
Tak ketinggalan shift light dengan model LED membuat aroma balap cukup kental seperti spidometer yang digunakan pada YZF-R1 membuatnya terkesan premium juga racy.
Seperti tipe-tipe lainnya, R15 kini juga sudah dilengkapi dengan fitur konektivitas atau Y-Connect.
Fitur ini memberikan banyak informasi seperti konsumsi bahan bakar, lokasi parkir, telepon masuk, pesan masuk, jadwal perawatan berkala hingga ranking.
Masih di sisi elektronik, Yamaha R15M jadi motor sport 155 cc pertama yang memiliki fitur Traction Control System (TCS).
Jika sensor membaca kecepatan roda belakang dan roda depan tidak seragam, maka akan memerintahkan ECU untuk memutus tenaga agar roda bisa kembali dapat traksi, dengan begitu lebih aman saat melibas jalanan minim traksi.
Bahkan R15M juga sudah dibekali dengan fitur quick shifter untuk mempersingkat waktu perpindahan gigi, meskipun baru bisa berfungsi untuk menaikan gigi saja.
Dengan begitu tiap menaikan gigi pengendaranya tidak perlu menekan kopling ataupun menurunkan gas, maka akselerasi akan semakin responsif tanpa jeda.
Untuk jantung penggeraknya motor sport ini dibekali dengan mesin 155 cc, SOHC 4 katup dengan VVA (Variable Valve Actuator), pendingin cairan, dan 6 percepatan.
Klaim tenaga maksimalnya ada di angka 19,3 PS di 10.000 rpm dengan torsi maksimal 14,7 Nm di 8.500 rpm.
Penggunaan VVA membuat karakter tenaga R15 terasa merata, punya tenaga kuat di putaran rendah dan tengah khas mesin square tapi tenaga di putaran atas juga tidak keteteran.
Jadi tidak heran kalau kecepatan tertinggi yang bisa dicapai hingga 140 km/jam, tentunya mesin ini menjadi nyaman digunakan sehari-hari dengan karakter jalan beragam.
Hal Menarik Honda CBR150R
Desain CBR150R generasi ini jadi lebih identik dengan sang kakak, yaitu CBR250RR baik dari desain depan maupun belakang.
Seluruh lampunya sudah LED, sisi depan menerapkan model sein yang terintegrasi dengan DRL, sedangkan belakang pakai stoplamp model 2 sirip dengan sein terpisah.
Disamping desainnya yang cukup sporty, CBR150R ini menawarkan posisi berkendara yang cukup nyaman.
Karena memang generasi ini mendapatkan revisi posisi jok dari 787 mm menjadi 782 mm, dikombinasi dengan setang jepit yang punya posisi cukup tinggi.
Hasilnya posisi badan terasa tegap dan rileks, ini karena pundak juga lengah tidak terlalu terbebani selama berkendara.
Apalagi dikombinasi dengan posisi footstep yang rendah dan tidak terlalu mundur, ini membuat posisi kaki tidak terlalu menekuk sehingga dengkul tidak mudah pegal.
Karakter suspensi depan dan belakangnya juga cukup memanjakan pengendaranya, mampu meredam jalur tidak rata dengan baik namun di sisi lain tetap memberikan kestabilan ketika melahap tikungan di kecepatan tinggi.
Yang depan pakai suspensi upside down Showa SFF-BP dengan diameter as 37 mm sedangkan belakang pakai monoshock dengan pro-link.
Mesinnya tetap andalkan kode K56 dengan spesifikasi 150 cc DOHC 4 katup berpendingin cairan, klaimnya punya tenaga maksimal 17,1 PS di9.000 rpm dan torsi puncak 14,4 Nm pada 7.000 rpm.
Sama seperti R15, menggunakan transmisi 6 percepatan yang dilengkapi assist & slipper clutch yang membuat kopling ringan dan momen engine brake lebih halus sehingga bisa mengurangi gejala roda belakang mengunci.
Spidometernya full digital dengan negative display, spidometer yang punya desain memanjang ini memang fiturnya tidak sebanyak R15.
Tapi tetap ada informasi takometer, speedmeter, trip meter, trip meter, average dan real time fuel consumption, fuel meter, juga gear position.
Di varian ABS terdapat fitur ESS (Emergency Stop Signal) yang akan menyalakan lampu hazard ketika mendeteksi penggunanya melakukan pengereman mendadak, dengan begitu pengendara di belakang bisa mengantisipasi dan menghindar dari kecelakaan.
Selebihnya terdapat fitur ABS dual channel, cakram wavy depan dan belakang, dan tangki bensin 12 liter.
Spesifikasi
Honda CBR150R
Yamaha R15
1.983 x 700 x 1.080 mm
P x L x T
1.990 x 725 x 1.135 mm
782 mm
Tinggi tempat duduk
815 mm
1.310 mm
Jarak sumbu roda
1.325 mm
160 mm
Jarak terendah ke tanah
170m
137 kg (Non ABS)
Berat
137 kg (R15)
139 kg (ABS)
140 kg (R15M)
12 liter
Kapasitas tangki bensin
11 liter
Cakram wavy, kaliper 2 piston
Rem depan
Cakram, kaliper 2 piston
Cakram wavy, kaliper 1 piston
Rem belakang
Cakram, kaliper 2 piston
Upside down Showa SFF-BP
Suspensi depan
Upside down KYB
Monoshock dengan pro-link
Suspensi belakang
Monoshock dengan link
4-tak, DOHC 4 katup, pendingin cairan, PGM-FI
Tipe mesin
4-tak, SOHC 4 katup dengan VVA, pendingin cairan, fuel injection
Mulai menjadi jurnalis otomotif & test rider sejak tahun 2015, ketertarikan terhadap dunia otomotif terutama sepeda motor jadi pemicunya. Berkendara, touring, hingga balap sepeda motor menjadi hal yang melekat dan dilakukan sampai saat ini.
Facebook: Fariz Ibrahim
Instagram: @farizibrahim17