Untuk dapat menggerakan Crankshaft dengan Camshaft secara selaras di mesin mobil, maka dibutuhkan alat penghubung yang biasa disebut Timming Belt atau Timming Chain.
Sebelum adanya Timming Belt, mesin mobil bensin dengan kombusi karburator, maupun injeksi serta diesel, menggunakan Timming Chain untuk mendapatkan pola waktu siklus 4 langkah, yakni langkah hisap, langkah kompresi, langkah tenaga dan langkah buang yang sejalan.
Baik Timming Belt maupun Timming Chain bertugas menyesuaikan waktu pergerakan antara piston, intake valve dan exhaust valve guna didapat proses pembakaran yang sempurna pada mesin.
Mobil dengan Timming Belt ini sempat populer di era 90-an hingga 2000-an. Namun pada akhirnya, seiring dengan berkembangnya teknologi, mesin mobil kembali menggunakan Timming Chain untuk menggerakan Crankshaft dengan Camshaft.
Beberapa produsen otomotif ternama menyebutkan bahwa penggunaan Timming Chain lebih mudah dalam hal perawatan dan memiliki umur yang panjang panjang. Alasan tersebut yang membuat banyak produsen kendaraan bermotor kembali menggunakan Timming Chain dan melupakan Timming Belt.
Sebagai contoh mobil sekarang ini yang menggunakan Timming Chain adalah Toyota Avanza, Toyota Rush, Toyota Kijang Innova bensin, Suzuki Ertiga, Mitsubishi Xpander, Honda Brio, dan masih banyak lagi.
Bicara soal Timming Chain, alat penghubung antara Crankshaft dengan Camshaft ini menggunakan material dasar besi dan baja. Bentuknya seperti rantai pada sepeda motor namun memiliki dimensi yang lebih kecil.
Penggunaan Timming Chain pada mesin mobil ini sempat digantikan oleh Timming Belt dan kemudian digunakan kembali pada mobil sekarang ini. Berikut kelebihan penggunaan Timming Chain.
Bicara mengapa Timming Belt yang mulai ditinggalkan oleh beberapa produsen tenama, sebenarnya terdapat beberapa faktor. Hal tersebut diantaranya:
Secara kerja, Timming Chain maupun Timming Belt memiliki fungsi yang sama yakni, bertugas menyesuaikan waktu pergerakan antara piston, intake valve dan exhaust valve guna didapat proses pembakaran yang sempurna pada mesin.
Namun, Timming Chain untuk beberapa tahun terakhir kembali digunakan kembali pada mobil sekarang ini karena dianggap lebih simpel, kuat, dan mudah dalam perawatan.
Akan tetapi kalian harus waspada apabila ditemui kerusakan pada Timing Chain pada mesin mobil. Sebab, ketika komponen tersebut rusak, maka ada beberapa bagian kendaraan yang bakal rusak parah.
Sama seperti Timming Belt putus, bagian pergerakan naik turunnya klep yang menjadi tidak sinkron akibat rusaknya Timming Chain. Klep masuk (valve in) bisa saja bertabrakan dengan klep keluar (exhaust valve).
Rusaknya atau putusnya Timming Chain juga bisa mengakibatkan komponen tersebut masuk ke bagian gir antara crankshaft dan balancer, gearbox, ataupun bagian lain. Akibatnya, komponen yang berbenturan bisa rusak karena masing-masing terbuat dari bahan baja atau besi.
Namun begitu, tampaknya kejadian tersebut jarang sekali terjadi. Mengingat terdapat tensioner yang berfungsi menjaga ketegangan rantai keteng agar rantai keteng tetap stabil.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2022 Toyota AVANZA G 1.5
7.835 km
1,5 tahun
Java East
2020 Toyota AVANZA VELOZ 1.5
15.086 km
3,5 tahun
Jawa Barat
2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5
17.091 km
2,5 tahun
Jawa Barat
2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5
8.996 km
2,5 tahun
Jawa Barat
2021 Honda MOBILIO RS 1.5
12.090 km
2,5 tahun
Java East