Video: Komparasi LMPV Jepang Terbaru, Avanza vs Veloz vs Xenia vs Xpander vs Ertiga. Siapa Paling Lega dan Banyak Fitur?

Hampir semua LMPV diperbaharui dalam momen bersamaan. Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, hingga diferensiasi Veloz tentu jadi menu utama kali ini. Namun Mitsubishi pun tak mau ketinggalan membawa Xpander dengan serangkai perubahan ekstra. Dan Suzuki yang meracik Ertiga lama dalam edisi spesial plus sedikit tambahan fitur. 

Maka dari itu, kami sangat penasaran. Sebetulnya siapa paling hebat dalam akomodasi ruang. Serta dapat memberikan fitur keamanan dan hiburan secara komplet, berbanding dengan harganya. Tanpa bicara performa dulu, begini hasil pengujian komparasi LMPV terbaru yang kami lakukan.

Bicara Ruang Kaki, Avanza dan Kawan-kawan Pemenangnya

Berbekal meteran digital, kami mengukur terutama di baris kedua dan ketiga. Sebab inilah yang menjadi intisari dari sebuah LMPV. Parameternya, semua mobil kami set jok depan dengan pengemudi setinggi 170 cm. 

Baris Kedua Toyota Avanza

Toyota Avanza, Veloz, serta Daihatsu Xenia memiliki ukuran sama persis. Dan kami nobatkan jadi yang paling punya ruang kaki lega serta fleksibel. Kuncinya ada di row kedua. Relnya cukup panjang, bisa bergeser hingga 20,9 cm. Sehingga pengaturannya begitu adaptif tergantung situasi. 

Di baris kedua, ruang kaki minimal sekitar 12 cm. Sementara maksimal dapat menyentuh 32,9 cm. Dan di baris ketiga, minimal legroom juga berada di angka 12 cm serta maksimalnya hingga 34,4 cm. Lega.

Baris Ketiga Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga memenangkan urutan kedua dalam kompetisi ini. Pembagian proporsi ruang kakinya adil. Serta merta memiliki jarak geser bangku kedua cukup panjang. Yakni mencapai 13,3 cm. Alhasil, sisa di baris kedua dan tiga memiliki porsi cukup buat orang dewasa. Duduk di bangku baris dua misalnya, minimal legroom adalah 16,1 cm dan maksimal 29,4 cm. Sementara di baris terakhir sisa ruang paling sedikit adalah 15,6 cm dan maksimal 29,1 cm. Rasio yang sangat mencukupi antara keduanya.

Baris Ketiga Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander, menempati urutan ketiga. Bukan karena sempit-sempit amat. Masih cukup lega untuk diduduki orang dewasa di baris tengah dan paling belakang. Tapi, jarak pergeseran bangku baris dua hanya 9,9 cm. Bisa dilihat hasilnya dari data kami. Maksimal legroom bangku tengah sebesar 30,6 cm dan minimalnya 20,7 cm alias besar. Tapi di paling belakang sisa maksimalnya hanya 21,9 cm dan minimal 15 cm. Tidak se-fleksibel teman-temannya. 

Komparasi Dimensi Kabin LMPV Terbaru
Dimensi Toyota Avanza, Toyota Veloz, Daihatsu Xenia Mitsubishi Xpander Suzuki Ertiga
Pergeseran Bangku Baris ke-2 20,9 cm 9,9 cm 13,3 cm
Legroom Baris ke-2 Maksimal 32,9 cm 30,9 cm 29,4 cm
Legroom Baris ke-2 Minimal 12,0 cm 20,7 cm 16,1 cm
Legroom Baris ke-3 Maksimal 34,4 cm 21,9 cm 29,1 cm
Legroom Baris ke-3 Minimal 12,0 cm 15,0 cm 15,6 cm

Ruang Kepala Baris Tiga dan Visibilitas Masih Dimenangkan Ertiga

Sesungguhnya, selisih angka tinggi dari jok ke plafon antara tiga mobil tidak begitu signifikan. Hanya berbeda 1-2 cm. Bahkan beberapa bagian diferensiasinya ada di angka desimal. Namun hal ini bisa kita nilai dan rasakan langsung ketika mendudukinya. 

Ruang Kabin Ertiga

Terutama di baris ketiga. Kami rasa soal ini Ertiga pemenangnya. Dan secara angka pun memang dia yang paling tinggi. Namun bukan karena ketersediaan ruangnya saja. Kaca sampingnya cukup besar untuk memberi visibilitas penumpang kasta terakhir. Sehingga tak memberikan kesan terkurung. Bangku belakang dan lantainya pun, sangat suportif bagi kaki orang dewasa. 

Nah, setelah itu baru disusul oleh Xpander. Ruangnya terbilang cukup meski ada cembungan dari plafon. Sayangnya ia memiliki kaca kecil sehingga visibilitas tak senikmat Ertiga. Meski bangkunya juga sama nyaman.

Ruang Kabin Xpander

Terakhir, suka tidak suka soal ruang kepala Avanza dan geng-nya memang paling rendah. Secara angka pun kami ukur memang begitu. Ditambah lagi desain mobil zaman sekarang yang mengejar estetika, membuat jendela paling belakang mengecil. Jadi meski ketersediaan ruang kaki dan bangkunya lega, kalau dibandingkan dengan yang lain bukan paling hebat. Meski ya enak-enak saja diduduki orang dewasa.

Kabin Avanza

Fitur Terbanyak Ada di Toyota Veloz

Berhubung ubahan total hanya terjadi di LMPV grup Astra, dengan mudah kami bisa menilai dalam komparasi LMPV terbaru ini, memang fitur paling komplet, atraktif, sekaligus fungsional memang ada di salah satu dari mereka. Tak lain adalah Toyota Veloz. Segala fitur yang bersifat penjamin keselamatan dan hiburan tertera di sini. 

Baris Depan Toyota Veloz

Coba saja Anda periksa sendiri. Mana lagi LMPV yang bisa memberi paket asisten mengemudi canggih (Toyota Safety Sense), kokpit full digital, wireless charger, electronic parking brake dan auto hold, kamera 360, AC digital dengan auto climate, serta sistem hiburan terlengkap dalam satu paket. Hanya ia yang punya. Perlengkapan dasarnya pun sudah bagus. Dari mulai smart key, enam buah airbag yang tersebar di sekeliling mobil, sampai pengaturan tilt dan telescopic steering. 

Yang kedua, tentunya Avanza. Kurang lebih ia mewariskan perengkapan dasar dari Veloz. Hanya saja tanpa electronic parking brake dan auto hold, kokpit digital, auto climate, kamera 360 dan wireless charger plus roof monitor. Tapi rasanya tanpa itupun sudah cukup bukan?

Urutan ketiga, Xenia. Perlu Anda ketahui ia memiliki diferensiasi signifikan. Makanya harga jual cukup terjaga. Tak satupun varian memiliki enam airbag atau pengaturan steer telescopic. Fitur pembeda dari Avanza sekadar kamera 360, serta ionizer di trim khusus. Sisanya kurang lebih sama, seperti paket ASA atau nama lain dari TSS. 

Kabin Depan Avanza

Mitsubishi Xpander, ada di urutan empat. Versi faceliftnya tak sekadar ganti muka. Selain nuansa interiornya berubah, pengaturan AC kini sudah memakai model digital. Belum lagi ada electronic parking brake serta auto hold. Serta fasilitas terbarunya yakni idling stop system untuk mengefisiensi bahan bakar. Sistem hiburannya kurang lebih sama seperti kawan-kawan Astra, mampu mengoperasikan koneksi Android Auto dan Apple CarPlay. Tapi tak punya safety aktif secanggih Avanza and the gang.

Konsol dan Head Unit Baru Xpander

Perihal ini, Ertiga paling konvensional. Tambahan di trim teratas – Suzuki Sport FF – perihal pernak-pernik semata. Adapun tambahan itu berupa spion tengah model layar, yang bisa jadi dashcam dan dapat diatur sudut pandangnya antara depan-belakang. Persis seperti punya XL7. Sisanya masih barang lama. Meski kami akui kualitas buatan mobil ini terasa paling solid dibanding yang lain. 

Setelah Dikalkulasi dengan Harga, Siapa Paling Menarik?

Kalau bicara paling murah (Setelah Diskon PPnBM), sudah tentu Daihatsu Xenia memenangkan kompetisi ini. Trim tertingginya bahkan hanya dibanderol Rp243,9 juta OTR Jakarta. Tapi agak disayangkan fiturnya tak selengkap sang sepupu. Belum ada pengaturan steer teleskopik dan airbagnya hanya dua buah. 

Sementara Veloz, nilainya cukup tinggi karena varian teratas dijual Rp291,5 juta. Agak berlebihan rasanya kalau masih mengejar sisi value for money. Dan kami rasa, yang bisa menjadi tolak ukur rasional – bayar tak mahal dapatnya banyak – adalah Toyota Avanza trim tinggi yang dilego Rp264,4 juta OTR Jakarta. Rasanya wajar ketika ia kembali merajai jalanan di kemudian hari. 

Tapi tenang, jika Anda tak peduli dengan fitur-fitur keamanan aktif, Ertiga Suzuki Sport FF versi AT (Rp268,15 juta) dan Xpander Ultimate facelift (Rp272,58 juta) sebetulnya punya nilai tersendiri juga. Mereka berdua masih menang dari segi kualitas buatan di dalam kabin serta keergonomisan ruang kepala di baris tiga. 

Komparasi Harga LMPV Terbaru
Model Harga
Toyota Avanza 1.5 G CVT TSS Rp264,4 Juta
Toyota Veloz Q CVT TSS Rp291,5 Juta
Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ASA SC Rp243,9 Juta
Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Rp272,58 Juta
Suzuki Ertiga Suzuki Sport FF AT Rp268,15 Juta

Baca juga: Duet SUV Korea Hyundai Creta dan Kia Seltos Siap Lengserkan Honda HR-V Dari Tahta SUV Kompak


 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Avanza

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota AVANZA G 1.5

Rp 219,00 Juta
Rp 4,46 Juta/bln

7.835 km

1,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2020 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 214,00 Juta
Rp 4,36 Juta/bln

15.086 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 222,00 Juta
Rp 4,52 Juta/bln

17.091 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Suzuki ERTIGA GX 1.5

Rp 187,00 Juta
Rp 3,81 Juta/bln

17.509 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Avanza, Xpander, Ertiga, Siapa yang Paling Lega dan Banyak Fitur? | Mobil Baru di GIIAS 2021

Kali Ini Kami Tes Xpander dan Veloz dari Segala Aspek!

Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Toyota Veloz

Ini Bedanya BR-V dengan Veloz dan Xpander Cross | First Drive

Memperkenalkan All New Toyota Veloz 2022

All-new Daihatsu Xenia 2022, Ini Pilihan LMPV Paling Masuk Akal First Drive

Daihatsu Xenia Baru Jadi Canggih, Paling Mahal Gak Sampai Rp 250 juta

Kali Ini Kami Tes Xpander dan Veloz dari Segala Aspek!

Avanza, Xpander, Ertiga, Siapa yang Paling Lega dan Banyak Fitur? | Mobil Baru di GIIAS 2021

2021 Mitsubishi Xpander Black Edition: Adventure in Black

Sekilas beda Xpander ultimate dan sport

Cara menggunakan transmisi atau gigi manual pada xpander

Avanza, Xpander, Ertiga, Siapa yang Paling Lega dan Banyak Fitur? | Mobil Baru di GIIAS 2021

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Avanza
Lihat